Wujudkan Indonesia Sebagai Kiblat fashion Muslim Dunia

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Potensi ini seharusnya tidak menjadikan Indonesia, hanya kembali menjadi sasaran target pasar dari negara-negara lain untuk memasarkan produk atau jasa khususnya yang bersifat Islami. Potensi ini harus menjadi sebuah modal awal untuk melangkah sebagai pemain terdepan.

Salah satu produk khas islami yang kini sedang menjadi primadona pasar dunia adalah fashion. Dan saat ini Indonesia berada di posisi ke-5 sebagai konsumen busana muslim terbesar dunia dengan nilai US$12,69 miliar.

Urutan pertama hingga keempat ditempati oleh Turki (US$24,84 miliar), Uni Emirat Arab (US $18,24 miliar), Nigeria (US$14,99 miliar), dan Arab Saudi (US$14,73 miliar). Sementara itu, eksportir terbesar pakaian muslim adalah Cina dengan nilai US$28,629 juta, diikuti India (US$3,872 juta) dan Turki (US$2,338 juta).

Pada tahun 2015, tercatat ekspor produk busana muslim berhasil menembus US$4,57 miliar dan pada Januari 2016 mengalami peningkatan 2,13 persen dibandingkan dengan Januari 2015 dari US$366,2 Juta menjadi US$374 Juta.

Di Indonesia sendiri, saat ini terdapat sekitar 20 juta penduduk Indonesia yang telah menggunakan hijab dan menurut data dari 750 ribu IKM yang di Indonesia, 30 persennya merupakan industri fashion muslim.

Jika hal ini terus meningkat, akan terangkat pula perekonomian Indonesia melalui IKM fashion muslim.

Melihat potensi tersebut, Kementerian Perdagangan pun bertekad menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia pada 2020. Predikat sebagai kiblat fashion Muslim dunia sangat pantas mengingat Indonesia negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Fashion Muslim Indonesia sangat khas dan beragam dibandingkan dengan negara lain. Hijab ala Timur Tengah yang rata-rata berwarna hitam sementara negara Malaysia, Singapura, dan Brunei yang hanya terpaku memakai baju kurung dan kerudung. Sementara di Eropa Hijab dipadukan dengan celana jins, blus lengan panjang dan scarf.

Indonesia pun memiliki banyak sumber daya kreatif, juga warisan budaya yang melimpah yang akan memperkaya ragam fashion untuk muslim. Misalnya busana khas daerah seperti di Aceh, Minang, dan daerah lain yang tertutup dan sudah sangat sekarakter dengan fashion Muslim.

Selanjutnya yang harus diperhatikan untuk bermain di kancah internasional adalah pemilihan material, detail desain, hingga kualitas produksi yang sesuai dengan standar negara-negara besar.


Bandung Pusat Industri Fashion Muslim

Saat pertemuan Forum Ekonomi Islam Dunia atau World Islamic Economic Forum (WIEF) di Jakarta beberapa hari yang lalu, Presiden Jokowi, menunjuk Kota Bandung melalui Walikotanya Ridwan Kamil untuk menjadi pusat ekonomi berbasis industri fashion muslim di Indonesia.

Ridawan kamil mengatakan “Iya kemarin di Jakarta saya diminta Pak Jokowi untuk mengembangkan industri fashion muslim dan Bandung ditunjuk sebagai centre of excelent fashion muslim Indonesia karena memang keunggulan Bandung adalah dibidang fashion.”

"Khusus untuk pengeluaran fashion negara-negara muslim sedunia per tahun kurang lebih 230 miliar dolar Amerika. Ini merupakan peluang yang sangat besar jika bisa di manfaatkan dengan baik oleh industri fashion Bandung" Lanjutnya.

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif


 

BERITA

Akhir Dakwah Petinju Legendaris, Muhammad Ali

 

Usai bersyahadat, Petinju legendaris yang dijuluki The Greatest (terbesar), Muhammad Ali berkata, ”Aku meyakini bahwa aku sedang berada di depan sebuah kebenaran yang tak mungkin berasal dari manusia.”

Ethis Crowd Mengenalkan Fintech Crowd Founding Berbasis Syariah Pertama di Dunia

 

Di tengah bangkitnya pilar-pilar ekonomi berbasis syariah, Ethis Crowd mengenalkan fintech crowd founding properti berbasis syariah pertama di dunia.

Takutnya Musuh Islam Dengan Terjalinnya Ukhuwah Islamiyah

 

Saat ini terlalu banyak kita menyaksikan hal-hal ironis dimana kita sangat mesra dengan mereka yang memusuhi Islam tetapi sangat keras terhadap sesama ahlussunnah waljamaah.

Pakta Integritas Ijtima Ulama 2

 

Imam Syafei berkata :"Ikutilah 'Ulama yang dibenci kaum kafir, kaum munafiq, dan kaum fasik. Dan jauhilah 'Ulama yang disenangi kaum kafir, kaum munafiq, dan kaum fasik, karena dia akan menyesatkan kamu, menjauhkanmu dari Keridhoan Allah."

Pada prinsipnya para ulama yang tergabung ijtima Ulama yang meimiliki grass root gerakan 212 ini, bukanlah pendukung nama calon presiden, partai politik, koalisi partai dan sebagainya. Siapa pun dari mereka yang berpihak pada perjuangan Islam serta tidak zholim terhadap pihak umat muslim tentunya akan didukung

Merayu Ulama & Membuka Deislamisasi Sejarah

 

Sejak jaman Indonesia baru merdeka hingga sekarang, Ulama dicari disaat butuh, kemudian dipinggirkan bahkan dimusuhi saat hajat politik telah terpenuhi.

Kali ini kita berharap ulama hanya membantu pihak yang benar-benar akan memperjuangkan Islam, bukan melalui 'Janji Politik' tetapi melalui 'Kontrak Politik' yang jelas dan tegas mengenai apa saja yang akan diperjuangkan beserta konsukuensi jika tidak dilakukan.

TAUSIAH

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Yusuf Mansur 2017

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Yusuf Mansur 2017 

Jadwal Khatib Sholat Ied Bachtiar Nasir

 

Jadwal Sholat Ied Bachtiar Nasir Minggu 25 Juni 2017 

Mintalah Pertolongan Allah

 

Pernahkah kita merasa berada di titik nadir, dimana kesulitan yang kita miliki seolah-olah sudah tidak ada lagi jalan keluarnya?

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

 

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin

Ya Allah Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh.

Jangan Membenci Saat "Yang Berbeda" Bertanya

 

Seseorang bertanya, : "Kenapa Allah menurunkan Agama Yahudi dan Nasrani melalui nabi-nabinya? Jika Islam turun melalui Nabi Muhammad SAW, Bagaimana nasib Nabi-Nabi yang tidak beragama Islam sebelum jaman Rasulullah SAW?"

 

BELAJAR ISLAM

Sholat Fardhu 5 Waktu

 

Sholat Fardhu (Sholat 5 Waktu) adalah kewajiban medirikan sholat sebanyak lima kali dalam satu hari diwaktu yang telah ditentukan bagi setiap muslim, baik laki laki maupun perempuan. Sholat Fardhu (Sholat 5 Waktu) merupakan rukun kedua dari 'Rukun Islam'. 

Kisah Nabi Musa & Wanita Penzina

 

Malaikat Jibril lalu bertanya, “Mengapa engkau menolak seorang wanita yang hendak bertaubat dari dosanya? Tidakkah engkau tahu dosa yang lebih besar daripadanya?

Imam Bukhari

 

Imam Bukhari adalah ahli hadits yang termasyhur diantara para ahli haditsUntuk mengumpulkan dan menyeleksi hadits shahih, Bukhari menghabiskan waktu selama 16 tahun untuk mengunjungi berbagai kota guna menemui para perawi hadits.

Huruf Hijaiyah

 

Agar bisa membaca Al-Qur’an, kita perlu mengenali huruf-huruf hijaiyah, yang juga merupakan huruf dalam bahasa Arab. 

Hukum Dalam Fiqih

Hukum Dalam Fiqih Terbagi Menjadi Lima