sajada kiblat fashion

 

Wujudkan Indonesia Sebagai Kiblat fashion Muslim Dunia

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Potensi ini seharusnya tidak menjadikan Indonesia, hanya kembali menjadi sasaran target pasar dari negara-negara lain untuk memasarkan produk atau jasa khususnya yang bersifat Islami. Potensi ini harus menjadi sebuah modal awal untuk melangkah sebagai pemain terdepan.

Salah satu produk khas islami yang kini sedang menjadi primadona pasar dunia adalah fashion. Dan saat ini Indonesia berada di posisi ke-5 sebagai konsumen busana muslim terbesar dunia dengan nilai US$12,69 miliar.

Urutan pertama hingga keempat ditempati oleh Turki (US$24,84 miliar), Uni Emirat Arab (US $18,24 miliar), Nigeria (US$14,99 miliar), dan Arab Saudi (US$14,73 miliar). Sementara itu, eksportir terbesar pakaian muslim adalah Cina dengan nilai US$28,629 juta, diikuti India (US$3,872 juta) dan Turki (US$2,338 juta).

Pada tahun 2015, tercatat ekspor produk busana muslim berhasil menembus US$4,57 miliar dan pada Januari 2016 mengalami peningkatan 2,13 persen dibandingkan dengan Januari 2015 dari US$366,2 Juta menjadi US$374 Juta.

Di Indonesia sendiri, saat ini terdapat sekitar 20 juta penduduk Indonesia yang telah menggunakan hijab dan menurut data dari 750 ribu IKM yang di Indonesia, 30 persennya merupakan industri fashion muslim.

Jika hal ini terus meningkat, akan terangkat pula perekonomian Indonesia melalui IKM fashion muslim.

Melihat potensi tersebut, Kementerian Perdagangan pun bertekad menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia pada 2020. Predikat sebagai kiblat fashion Muslim dunia sangat pantas mengingat Indonesia negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Fashion Muslim Indonesia sangat khas dan beragam dibandingkan dengan negara lain. Hijab ala Timur Tengah yang rata-rata berwarna hitam sementara negara Malaysia, Singapura, dan Brunei yang hanya terpaku memakai baju kurung dan kerudung. Sementara di Eropa Hijab dipadukan dengan celana jins, blus lengan panjang dan scarf.

Indonesia pun memiliki banyak sumber daya kreatif, juga warisan budaya yang melimpah yang akan memperkaya ragam fashion untuk muslim. Misalnya busana khas daerah seperti di Aceh, Minang, dan daerah lain yang tertutup dan sudah sangat sekarakter dengan fashion Muslim.

Selanjutnya yang harus diperhatikan untuk bermain di kancah internasional adalah pemilihan material, detail desain, hingga kualitas produksi yang sesuai dengan standar negara-negara besar.


Bandung Pusat Industri Fashion Muslim

Saat pertemuan Forum Ekonomi Islam Dunia atau World Islamic Economic Forum (WIEF) di Jakarta beberapa hari yang lalu, Presiden Jokowi, menunjuk Kota Bandung melalui Walikotanya Ridwan Kamil untuk menjadi pusat ekonomi berbasis industri fashion muslim di Indonesia.

Ridawan kamil mengatakan “Iya kemarin di Jakarta saya diminta Pak Jokowi untuk mengembangkan industri fashion muslim dan Bandung ditunjuk sebagai centre of excelent fashion muslim Indonesia karena memang keunggulan Bandung adalah dibidang fashion.”

"Khusus untuk pengeluaran fashion negara-negara muslim sedunia per tahun kurang lebih 230 miliar dolar Amerika. Ini merupakan peluang yang sangat besar jika bisa di manfaatkan dengan baik oleh industri fashion Bandung" Lanjutnya.

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif


BERITA

Berbagai Kampus Tawarkan Kemudahan Untuk Penghafal Al Qur'an

 

Berbagai Kampus Tawarkan Kemudahan Untuk Penghafal Al Qur'an

Bagi remaja muslim penghafal Al Qur'an, yang punya keinginan melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi tapi tidak memiliki biaya, informasi ini bisa menjadi kabar baik.

Jika Dakwah Adalah Kegiatan Marketing

Seringkali kita merasa sedang mengajak (berdakwah) padahal kita malah semakin menjauhkan target audiens tersebut kepada Islam. Logika sederhananya adalah, apakah kita akan membeli produk yang dijual oleh sales yang membenci kita?

 

Sejumlah Ulama Mengutuk Aksi Teror Bom

 

Dompet Dhuafa Kirim Dai Ambassador ke Berbagai Negara

Kejadian teror bom di Surabaya dan tempat-tempat lainnya yang baru-bara saja terjadi cukup kembali membuat semua pihak geram. Berbagai ulama di Indonesia pun menyampaikan bahwa tindakan tersebut tidak dibenarkan dalam agama dan mengutuk siapa pun pelakunya. 

Menyelami Berisiknya "Aksi 212"

 

Menyelami Berisiknya "Aksi 212"

Apakah benar ketenangan dan kedamaian kita dalam berbangsa sedang diganggu oleh sekelompok orang yang "berisik" yang sedang memaksakan keinginan politiknya?

Aplikasi Muslim Ummah Merupakan Aplikasi Lifestyle Tentang Islam

 

Aplikasi Muslim Ummah Merupakan Aplikasi Lifestyle Tentang Islam

Aplikasi Muslim Ummah merupakan aplikasi lifestyle tentang Islam dan juga pengingat jadwal sholat serta Al Qur’an yang disertai audio untuk pembelajaran Al Quran per ayat. Saat ini Aplikasi Muslim Ummah sudah mencapai ratusan ribu download dengan lebih dari puluhan ribu pengguna aktif setiap hari. 

TAUSIAH

Bersabar Saat Dalam Kelapangan Rezeki

"Tidaklah mungkin terjadi seorang fakir menderita kelaparan dan kekurangan pakaian, kecuali oleh sebab kebakhilan kaum berpunya. Ingatlah, Allah SWT akan melakukan perhitungan yang teliti dan meminta pertanggungjawaban mereka dan selanjutnya akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih" (HR Ash-Shabuni).

Diskusi Kedai Kopi 3b (Islam?)

"Inilah yang menarik dari Islam, Allah adalah Tuhan, perintah menyembah-Nya, sifat-sifat Ketuhanan-Nya, Islam sebagai agama yang dipilih-Nya, Nabi Muhammad SAW sebagai nabi penutup, perintah sholat, puasa, haji dan sebagainya mempunyai dalil yang jelas"

Inspirasi Rezeki dari Saudi Arabia

Yang saya heran didalam kemalasan mereka tapi saat Dhuha dan adzan sholat berkumandang, mereka bergegas untuk pergi ke Masjid, tidak ada kompromi. Di balik santai nya mereka, yang kita sebut malas, ternyata mereka adalah orang2 bertaqwa.

Karena Maut Tak Menanti Kesiapan

Tidak seorang pun dari kita yang dapat menghindari kematian dan dipastikan akan meneruskan hidup setelah mati, pada episode alam-alam yang dijanjikan Allah. Siapkah kita bila saat itu datang?

Rahasia Waktu Subuh

"Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak."

BELAJAR ISLAM

Silsilah Garis Keturunan 25 Nabi dan Rasul

 

Silsilah Garis Keturunan 25 Nabi dan Rasul

Menurut pendapat para ulama, jumlah Nabi dan Rasul sangatlah banyak, dikatakan bahwa jumlah nabi mencapai hingga 124.000 orang. 

Rukun Iman

Rukun Iman adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang dapat dikatakan beriman. Iman sering diartikan dengan percaya atau secara bahasa berarti tashdiq (membenarkan).

Keistimewaan Penghafal Al-Qur’an

 

Keistimewaan Penghafal Al-Qur’an

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Subhaanahu wata’ala mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al-Qur’an ini dan merendahkann yang lain dengannya pula.” (H.R. Muslim) 

Rukun Islam

Rukun adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi, jadi Rukun Islam adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang muslim atau muslimat.

Sumber Ilmu Fiqih

Sumber fiqih adalah dalil-dalil yang dijadikan oleh syariat sebagai hujjah dalam pengambilan hukum. Dalil-dalil ini sebagian disepakati oleh ulama sebagai sumber hukum, seperti Al Qur’an, Sunnah dan Ijma’. Sebagian besar ulama juga menetapkan Qiyas sebagai sumber hukum ke empat setelah tiga sumber di atas