sajada WIEF

 

WIEF Mendorong UKM Berbasis Islam Menjadi Bisnis Masa Depan

Forum Ekonomi Islam Dunia atau World Islamic Economic Forum (WIEF) ke-12 di Jakarta selama tiga hari pekan kemarin mengusung tema "Desentralisasi Ekonomi, Memberdayakan Bisnis Masa Depan".

Dengan dihadiri melebihi target 500 peserta yaitu lebih dari 4.000 peserta dari 73 negara yang terdiri dari Kepala Negara, tokoh-tokoh penting dari berbagai negara dan perusahaan multinasional, komunitas bisnis, industri kreatif hingga akademisi.

Forum tersebut berhasil menciptakan komitmen investasi di sektor UMKM senilai US$ 900 juta atau sekitar Rp 11,88 triliun dari 11 nota kesepahaman dalam bidang-bidang seperti industri perumahan, fasilitas kesehatan, industri halal, industri franchise, keuangan syariah dan pasar modal. "Merupakan sebuah angka yang besar mengingat angka tersebut ini diraih lewat sektor UMKM", kata Menteri Keuangan Sri Mulyani saat penutupan acara 12th WIEF di JCC Senayan kemarin.

Diantara para undangan, tampak hadir sejumlah kepala negara atau kepala pemerintahan dari negara-negara sahabat yaitu PM Malaysia Datuk Najib Tun Razak, Presiden Republik Guinea yaitu Alpha Conde’, PM Srilangka Ranil Wickremesinghe, dan Presiden Tajikistan Emomali Rahmon.

Tun Musa Hitam, Chairman dari WIEF mengatakan bahwa Keunikan WIEF adalah tidak menyasar pada korporasi besar, WIEF melihat kebutuhan muslim di dunia dengan pendekatan dari bawah ke atas.

Rupanya tema Forum ini, "Desentralisasi Ekonomi, Memberdayakan Bisnis Masa Depan", telah sejalan dengan kebijakan pembangunan ‘Indonesia Sentris’ yang dicanangkan Presiden Jokowi.

Satu hal yang digaungkan oleh Presiden Jokowi dalam acara tahunan ini adalah peningkatan ekonomi berbasis Islam, dimana menurutnya partisipasi ekonomi berbasis Islam masih cukup minim dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi dunia, padahal Keuangan syariah hingga saat ini menjadi industri yang bernilai jutaan dolar AS, dengan fashion Islam, kuliner halal, seni serta arsitektur berkembang pesat, semua ini akan memiliki potensi menciptakan ekonomi baru."

Pemerintah Indonesia memasukkan keuangan syariah sebagai salah satu program untuk terus dikembangkan. Alasannya, jika keuangan syariah ini terus tumbuh, Jokowi yakin, sektor ekonomi yang berbasis Islam lainnya juga akan tumbuh.

Pesan penting dari Forum ini adalah mendorong untuk membangun struktur perekonomian syariah terutama bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dapat diandalkan untuk menjadi tulang punggung perekonomian negara.

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif


BERITA

Dompet Dhuafa Kirim Dai Ambassador ke Berbagai Negara

 

Dompet Dhuafa Kirim Dai Ambassador ke Berbagai Negara

Dompet Dhuafa akan mengirimkan 25 Dai Ambassador ke berbagai negara selama bulan suci Ramadhan. Tahun ini merupakan kali keenam Dompet Dhuafa melalui Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) mengirimkan dai ke luar negeri secara berturut-turut sejak 2013 

Muslim Go Aplikasi Islami Pertama Dengan Sertifikasi Kemenag RI

 

Muslim Go Aplikasi Islami Pertama Dengan Sertifikasi Kemenag RI

Muslim Go adalah aplikasi mobile menyediakan berbagai macam layanan yang dibutuhkan oleh kalangan Muslim di Indonesia. Muslim Go hadir dengan fitur untuk penunjuk dan pengingat waktu shalat, Al-Qur’an digital, kalender islam, arah kiblat, mencari masjid terdekat serta restoran halal dan sebagainya. 

Tata Cara Pengurusan Sertifikat Halal MUI

 

Tata Cara Pengurusan Sertifikat Halal MUI

Sertifikat Halal MUI adalah fatwa tertulis Majelis Ulama Indonesia yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syari’at Islam. Sertifikat Halal MUI ini merupakan syarat untuk mendapatkan ijin pencantuman label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. 

Kongres Ekonomi Umat 2017

Kongres Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) diselenggarakan pada 22-24 April 2017 di Hotel Sahid, Jakarta.

Akankah ukhuwah Islamiah akan tetap terjaga setelah Kemenangan?


Akankah ukhuwah Islamiah akan tetap terjaga setelah Kemenangan?

Umar Bin Khattab berkata, “Sesungguhnya setelah ada kesempurnaan itu hanyalah ada kekurangan.” Jika ukhuwah islamiyah ini merupakan tanda kemenangan, maka yang pantas dikuatirkan adalah saatnya kemunduran.

TAUSIAH

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Buya Yahya 27 Mei - 14 Juni 2017

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Buya Yahya 27 Mei - 14 Juni 2017

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Khalid Basalamah 8 Juni - 11 Juni 2017

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz  Khalid Basalamah 8 Juni - 11 Juni 2017

Diskusi Kedai Kopi 1 (Tuhan?)

"Kau percaya benda-benda mati itu bisa menciptakan sesuatu tetapi sementara kau menolak setengah mati, bahwa ada “Sesuatu yang Maha Cerdas” yang kebetulan tidak kau kenal karena tak bisa kau lihat, yang telah menciptakan alam semesta dan segala isinya termasuk makhluk hidup hanya karena kita menyebutnya dengan istilah “Tuhan?

Yahya Zainul Ma'arif | Buya Yahya

Yahya Zainul Ma'arif yang lebih akrab disapa Buya Yahya, ladalah pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Cirebon.

Pesantren Daarut Tauhiid – Bandung

Inti aktivitas di Daarut Tauhiid adalah di bidang pendidikan, dakwah dan sosial. Namun sebagai sebuah pesantren, maka pesantren Daarut Tauhiid terdapat beberapa keunikan atau kekhasan dibandingkan pesantren lain pada umumnya.

BELAJAR ISLAM

Kisah Nabi Musa & Wanita Penzina

Malaikat Jibril lalu bertanya, “Mengapa engkau menolak seorang wanita yang hendak bertaubat dari dosanya? Tidakkah engkau tahu dosa yang lebih besar daripadanya?

Mengenal Jenis dan Sejarah Hadist

 

Mengenal Jenis dan Sejarah Hadist

Pada masa awal Rasulullah melarang penulisan hadits agar tidak tercampur dengan periwayatan Al Qur'an. Setelah beberapa waktu, Rasulullah memperbolehkan penulisan hadits dari beberapa orang sahabat.

Rukun Sholat

Rukun Shalat adalah setiap perkataan atau perbuatan yang akan membentuk hakikat shalat. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka shalat pun tidak sah.

Rukun Islam

Rukun adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi, jadi Rukun Islam adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang muslim atau muslimat.

Huruf Hijaiyah

Agar bisa membaca Al-Qur’an, kita perlu mengenali huruf-huruf hijaiyah, yang juga merupakan huruf dalam bahasa Arab.