sajada syariah

 

Kongres Ekonomi Umat 2017

Indonesia adalah negeri dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Potensi ini seharusnya tidak menjadikan Indonesia, hanya kembali menjadi sasaran target pasar dari negara-negara lain untuk memasarkan produk atau jasa khususnya yang bersifat Islami.

Sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, berdasarkan indeks termuat dalam Global Islamic Economy Report (GIER) 2016-2017 yang disusun oleh Dubai Islamic Economy Development Center dan Thomson Reuters yang berkolaborasi dengan DinarStandar, Indonesia hanya berada di peringkat sepuluh dengan skor 36. Posisi itu tak berubah jika dibandingkan laporan tahun periode sebelumnya (2015-2016).

Angka tiga besar, ditempati oleh Malaysia dengan skor 121, Uni Emirat Arab dengan skor 86 dan Bahrain dengan skor 66.

Laporan tersebut terdapat enam sektor yang bisa menjadi indikator perkembangan terkini ekosistem ekonomi Islam di 73 negara (diantaranya 57 anggota adalah anggota Organisasi Kerja
sama Islam-OKI), yaitu.

1. Industri makanan halal (halal food)
2. Keuangan syariah (Islamic finance)
3. Wisata halal (halal travel),
4. Busana (modest fashion).
5. Hiburan dan media halal (halal media and recreation)
6. Farmasi -kosmetik halal (halal pharmaceuticals and
cosmetics).

Dari kesemuanya, sayangnya hanya 2 sektor yang sudah terlihat pergerakkannya, yaitu keuangan syariah (Indonesia peringkat 9) dan farmasi-kosmetik (Indonesia peringkat 8).

Sementara Malaysia sudah tampak lebih maju di tiga sektor, yaitu halal food (peringkat 5), halal travel (peringkat2), dan farmasi-kosmetik (peringkat 2).

Ekonomi syariah global diprediksi bakal terus membesar seiring meningkatknya kesadaran masyarakat muslim dunia mengonsumsi produk-produk halal.

GIER 2016-2017 mengestimasi belanja muslim global mencapai di atas 1,9 triliun dolar AS dan aset keuangan syariah sekitar 2 triliun dolar AS, pada 2015. Berpotensi meningkat, masing- masing 3 triliun dolar AS dan 3,5 triliun dolar AS pada 2021.

Tentunya Indonesia diharapkan dapat menjadi pemain terdepan sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Kendalanya adalah terletak di kesadaran masyarakat Islam di Indonesia terhadap keharusan menggunakan produk-produk atau jasa syar'i dan halal.

Ekonomi syariah belum menjadi kepentingan nasional, sehingga belum ada payung dan arahan yang pasti untuk mendukung industri halal nasional.

Berbagai produk bahkan selain makanan, misalnya fashion, makeup, dan sebagainya yang mengandung unsur misalnya babi, alkohol dan sebagainya. Bahan sutera dan emas untuk laki-laki masih tetap di konsumsi atau dipakai oleh penduduk muslim di Indonesia.

Pengetahuan dan penerapan aqidah Islam yang baiklah yang diharapkan bisa menjadikan ekonomi syariah menjadi kepentingan nasional.

 

 

SAJADA Media Islam Inspiratif 


 

BERITA

Saatnya Untuk Kemandirian Ekonomi Umat Islam di Indonesia

 

Walaupun Indonesia disebut sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia tetapi justru tak berdaya dan diperdaya untuk mengkonsumsi produk-produk dan jasa yang tidak jelas status kehalalannya. 

Erdogan Mengangkat Martabat Islam di Dunia

 

 

Turki sedang menggelar pemilu saat ini (24/6/2018). Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kini rupanya sedang berjuang keras memenangi kembali pemilihan umum yang akan datang melalui Partai AK. Sebagian besar warga Turki dan umat muslim yang mengamati peran Erdogan tentunya berharap Erdogan dapat memenangi Pemilu saat ini.

Upaya Memisahkan Islam Dengan Politik

 

Snouck Hurgronje menegaskan bahwa yang berada di belakang perang dahsyat Aceh dengan Belanda adalah para Ulama, Islam harus dianggap sebagai faktor negatif.

Masjid Indonesia Pertama di London-UK

 

Kisah perjuangan pembangunan Masjid Indonesia pertama di London menemui babak baru. Upaya yang telah dirintis sejak 20 tahun tersebut, kini terancam gagal.

Mengejar Ilmu Dari Media Sosial, Amankah?

 

Ada hal yang harus kita ingat, di dalam dunia maya, siapa pun bisa menulis apa saja dan bisa membuat video apa saja. Tentunya butuh kehati-hatian dalam menerima informasi. 

TAUSIAH

PPPA Daarul Qur'an - Tangerang

 

PPPA Daarul Qur'an, Mencetak generasi Qur ani yang smart, cerdas, peka, visioner dan berwawasan luas serta menjadikan DAQU METHOD sebagai pakaian sehari-hari. Mencetak pemimpin negeri (dalam segala bidang) yang hafal Qur an dan berkarakter Qur ani. 

Muhammad Rizieq Shihab

 

Muhammad Rizieq Shihab Habib Rizieq meneruskan studinya di Universitas Raja Saud, Arab Saudi, yang diselesaikan dalam waktu empat tahun dengan predikat cum-laude.

Muhammad Syafii Antonio

 

Muhammad Syafii Antonio adalah seorang muslim keturunan Tiong Hoa yang menjadi pakar ekonomi syariah di Indonesia. 

Apa Yang Akan Kau Makan Nak, Jika Aku Wafat?

 

Bukankah untuk anak apapun akan kita lakukan? Akan sangat menyedihkan jika bukan ucapan terimakasih dan pelukan sayang yang kita terima saat berada di negeri akhirat, tetapi pemandangan buruk dari siksaan yang mereka terima dan tuntutan keadilan.

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

 

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin

Ya Allah Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh.

BELAJAR ISLAM

Berbagai Metode Menghafal Al Qur'an (Tahfiz)

 

Dengan menghafal, bukankah artinya kita terus mengulang-ulang bacaan sehingga kita banyak mendapat pahala beserta manfaat-manfaat lainnya yang didapat untuk orang yang membaca Al Qur'an. 

Silsilah Garis Keturunan 25 Nabi dan Rasul

 

Menurut pendapat para ulama, jumlah Nabi dan Rasul sangatlah banyak, dikatakan bahwa jumlah nabi mencapai hingga 124.000 orang. 

Tanda Baca (Harakat)

 

Harakat (Arab: حركات, dibaca harakaat) digunakan untuk mempermudah cara melapazkan huruf dalam tiap ayat Al Quran.  

Syarat Sah Sholat

 

Untuk melaksanakan Sholat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar sholat yang kita lakukan menjadi sah atau  diterima oleh Allah SWT. 

Rukun Islam

Rukun adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi, jadi Rukun Islam adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang muslim atau muslimat.