sajada bank syariah2

 

Mengenal Bank Syariah dan Perkembangannya

Keberadaan bank syariah di Indonesia merupakan dampak pengaruh dari perkembangan bank syariah di dunia internasional.

Awalnya disekitaran tahun 1980-an, terdapat lembaga keuangan berbasis syariah dengan nama Baitul Maal wit Tamwil (BMT) di Bandung yaitu BMT Salman dan di Jakarta yaitu Koperasi Ridho Gusti.

Kemudian juga hadir Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Dana Mardhatillah dan BPR Berkah Amal Sejahtera di Bandung yang digagas oleh Institute for Sharia Economic Development (ISED).

Kemudian pada tanggal 18-20 Agustus 1990, diadakanlah sebuah Lokakarya Bunga Bank dan Perbankan di Cisarua, Bogor dimana hasil lokakarya ini akhirnya dibawa sebagai materi yang dibahas dalam Musyawarah Nasional IV MUI di Jakarta pada tanggal 22-25 Agustus 1990.

Hasil munas  IV MUI tersebut merekomendasikan dibentuknya Tim Perbankan MUI untuk menjajaki berdirinya bank syariah di Indonesia. MUI juga melakukan pendekatan kepada ikatan cendekiawan muslim Indonesia(ICMI) yang saat itu juga baru berdiri dan diketuai oleh BJ Habibi. Hasil pendekatan tersebut membuahkan hasil dimana pemerintah pada akhirnya, pada tahun 1992 memberikan dukungan untuk berdirinya bank syariah di Indonesia, berdirilah bank syariah pertama , yaitu Bank Muamalat Indonesia (BMI), walaupun ketinggalan dibanding Malaysia yang telah menerapkan bank syariah pada awal tahun 1983.  

Ternyata hingga tahun 1998 , bank syariah tak terlalu menunjukan perkembangan yang signifikan disebabkan belum adanya payung hukum yang kuat yang mendukung perkembangan bank syariah. Pemerintah saat itu hanya menerbitkan UU No 7 tahun 1992 dan PP No 72 tahun 1992 yang tidak memberikan aturan jelas tentang prinsip bank syariah.

Produk jasa bank syariah juga sangat terbatas dibanding produk yang ditawarkan bank konvensional yang lebih lengkap , mudah dan menguntungkan.

Hanya ada  Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan 76 BPR Syariah di beberapa kota besar di Indonesia. Produk keuangan syariah juga mirip produk bank konvensional yang di syariahkan saja. 

Tahun 1998, akhirnya dikeluarkanlah UU No 10 yang menggantikan UU No,14 tahun 1967 tentang pokok pokok perbankan dimana landasan kelembagaan dan operasional bank syariah menjadi lebih jelas dan lebih kuat. Berdasarkan UU ini lah, akhirnya bank konvensional bisa juga mendapatkan izin dari bank Indoensia untuk membuka Unit Usaha Syariah (UUS) dan kantor cabang syariah (KCS) .

Kemudian diterbitkan pula UU No 23 tahun 1999 yang menggantikan UU No .13 tahun 1968 tentang Bank Indonesia. yang membuat Bank Indonesia mengakui bank Syariah dan bank Konvensional dan mendapatkan kewajiban untuk menyiapkan infrastruktur yang sesuai dengan sistem prinsip keuangan syariah.

Sehingga lahirlah bank syariah baru, yaitu Bank Mandiri Syariah (BMS), BNI syariah (2000) , Bank IFI syariah (2000) , BRI Syariah (2002) , BPD Aceh (2004) hingga saat ini tercatat ada 12 bank umum syariah (BUS) , ada 22 unit usaha syariah (UUS) dan 163 BPRS dengan kantor layanan sebanyak 2.950 unit yang tersebar di 34 provinsi.

Untuk memudahkan transaksi layanan perbankan syariah terdapat 60.922 unit ATM bersama dan 74.050 unit ATM Prima yang berdampak positif yaitu tak sulit lagi mencari cabang bank syariah.

Pada tahun 2008 terbitlah UU No.28 tentang Perbankan syariah, UU ini mengatur tentang akuntansi perbankan syariah, yaitu penerbitan Standar Akuntansi Keuangan Syariah pada tanggal 1 Januari 2009.

 

Mengenal Bank syariah

Bank syariah adalah lembaga intermediasi dan penyedia jasa keuangan yang bekerja berdasarkan etika dan sistem nilai Islam.

 

Prinsip dasar perbankan syariah :

a. bebas dari bunga (riba) ,
b. bebas dari kegiatan spekulatif yang nonproduktif seperti perjudian (maysir)
c. bebas dari hal yang tidak jelas dan meragukan (gharar)
d. berprinsip keadilan, Bebas dari yang rusak atau tidak sah (bathil)
e. hanya membiayai kegiatan yang halal.
(sumber : PPSK BI,2005)

Selain itu bank syariah memiliki orientasi sosial yang mencakup :
a. zakat
b. infaq
c. sedekah (ZIS) baik sebagai pengumpul maupun penyalur. 

Riba

Riba adalah hal yang terlarang dalam Islam. MUI dalam fatwanya per tanggal 25 Januari 2004 yang ditanda tangani KH Ma’ruf Amin telah menyatakan bunga (riba) adalah haram.

Jadi, jelas bunga (interest) adalah haram. Untuk mengganti sistem bunga yang dilarang, sistem keuangan syariah memberikan bagi hasil sebagai jalan keluar yang diperbolehkan.

 

Masyir

Maysir adalah kegiatan spekulatif yang non produktif dan mendekati perjudian dimana ada orang yang ingin mendapatkan sesuatu (uang) tanpa mau bekerja keras. Dengan hanya berharap, bertaruh, berjudi agar mendapatkan uang/penghasilan. 

Sehingga dalam kegiatannya, bank syariah harus memberikan informasi yang setara dan jelas kepada nasabah atau pemilik modal atau peminjam dana sehingga tidak ada informasi yang tidak diketahui atau tidak dipahami.

 

Gharar

Gharar adalah adalah jual beli atau akad yang mengandung unsur penipuan karena tidak adanya kejelasan suatu barang baik dari sisi harga, kwalitas, kwantitas, maupun keberadaannya.

Transaksi yang termasuk dalam kategori Gharar adalah :

    • Penjualan barang yang belum ditangan penjual, misalnya buah/hasil tanaman yang belum matang ,ikan yang belum ditangkap atau produksi yang belum pasti.
    • Penjualan masa depan (future trading)
    • Penjualan barang yang sulit dipindah tangankan
    • Penjualan yang belum ditentukan harga, jumlah dan kualitasnya.
    • Penjualan yang hanya menguntungkan satu pihak saja.

 

 

Kegiatan Usaha yang dijalankan Bank Syariah

1. Penghimpunan dana Bank syariah menghimpun dananya dengan cara mobilisasi dan investasi tabungan.

Dalam konsep keuangan Islam tak diijinkan untuk melakukan penimbunan tabungan dan mengupayakan penggunaan sumber dana secara produktif. Dengan meniadakan sistem bunga (riba) maka bank syariah menggunakan prinsip bagi hasil (mudharabah) dan titipan (wadi’ah) . Bila ditelaah sumber dana bank syariah selain dari penghimpunan dana juga berasal dari modal disetor

 

Secara umum sumber dana bank syariah berasal dari :

a. Modal

Modal adalah bagian terbesar dari dana bank syariah. Rasio yang kecil terhadap modal sangat membahayakan kesehatan bank syariah. Untuk itu bank syariah akan menjaga rasio kecukupan modal . Modal sendiri berasal dari dana yang diserahkan para pemilik sebagai bagian keikutsertaan dalam usaha bank syariah. Untuk menandakan kepemilikan modal maka diterbitkan saham yang disesuaikan dengan besarnya porsi keikutsertaan. Setiap tahun pemegang saham akan mendapatkan bagian bagi hasil usaha yang disebut deviden. Bentuk penyertaan modal dilakukan dengan prinsip musyarakah fi sahm asy-syarikah (equity paticipation)

 

b. Rekening Giro Nasbah bank syariah

Rekening Giro Nasbah bank syariah  bisa menitipkan dananya dalam rekening giro (current account) dengan prinsip al wadi’ah yad –dhamanah (wadi’ah:titipan).

Prinsip ini merupakan perjanjian perwakilan untuk melindungi harta seseorang . Bank boleh menggunakan dana nasabah selama tidak ditarik. Bank hanya bisa menggunakan untuk pembiayaan bagi hasil dalam jangka pendek atau untuk transaksi bank dalam menjaga likuiditas bank dan transaksi jangka pendek.

 

c. Rekening Tabungan Bank syariah

Rekening Tabungan Bank syariah  menerima simpanan dari nasabah dalam bentuk tabungan (saving account) dengan prinsip wadi’ah (titipan), Qardh (pinjaman kebajikan) dan Mudharabah (bagi hasil).

Dalam kegiatan usaha bank syariah, tabungan wadi’ah dan mudharabah akan mendapatkan bagi hasil atau bonus dari usaha kegiatan yang dijalankan bank syariah.

 

d. Rekening investasi umum/Investasi

Rekening investasi umum/Investasi tidak terikat Bank syariah menerima dana nasabah dalam bentuk simpanan deposito berjangka (biasanya lebih dari satu bulan) ke dalam rekening investasi umum (general investment account) dengan prinsip mudharabah al muthlaqah .

Nasabah yang menyimpan dalam rekening investasi memang mencari keuntungan daripada mengamankan dananya. Bila dana mendapatkan keuntungan maka bank syariah akan membagikan keuntungan sesuai kesepakatan awal.

Namun bila terjadi kerugian karena kelalaian bank maka kerugian akan ditanggung pihak bank , sebaliknya bila kerugian bukan karena kelalaian bank maka kerugian akan ditanggung pihak nasabah.

 

e. Rekening Investasi khusus/Investasi terikat

Rekening Investasi khusus/Investasi terikat (special investment account) yang biasanya dalam jumlah besar dan dilakukan investor besar atau institusi. Prisip yang digunakan mudharabah al-muqayyadah.

Investor diperbolehkan memilih proyek yang disukai. Jangka waktu dan besarnya bagi hasil disepakati bersama dan hasilnya berdasarkan keberhasilan proyek investasi yang dipilih.

f. Obligasi syariah

Obligasi syariah dalam mencari sumber dana jangka panjang (lima tahun atau lebih) bank syariah menerbitkan obligasi syariah . Dana yang didapat digunakan dalam pembiayaan dan transaksi jangka panjang. Prinsip yang digunakan mudharabah (bagi hasil) dan ijarah (sewa).

 

2. Penyaluran Dana Bank syariah sebagai lembaga intermediasi , juga menyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan.

Bentuk utama prinsip pembiayaan yang dilakukan bank syariah :

  • Mudharabah dan Musyarakah (pola ini menggunakan prinsip bagi hasil) .
  • Murabahah dan Salam (pola ini menggunakan prinsip jual beli),
  • ijarah ( pola ini menggunakan sewa operasional maupun finansial) .

Bank syariah juga memiliki produk pelengkap berbasis jasa (fee based services) seperti qardh .

 

Dalam pembiayaan, bank syariah menetapkan pembiayaan bagi hasil dan pembiayaan nonbagi hasil. Penerapan berbeda ini disebabkan perbedaan posisi bank syariah dalam setiap transaksi.

  • Pada prinsip bagi hasil ditetapkan bahwa kerugian dan keuntungan ditanggung bersama baik bagi pemilik dana maupun pengusaha.
  • Pada pembiayaan nonbagi hasil , bank syariah tidak berperan sebagai bank investasi namun berperan sebagai perusahaan dagang (merchant bank) dan leasing company .

Dengan begitu bank syariah akan menggunakan prinsip marabahah dan salam (prinsip jual beli) dan ijarah (prinsip sewa operasional) termasuk prinsip qardh , pembiayaan pelengkap yang berbasis jasa (fee based services).

 

Pembiayaan yang tersedia di bank syariah :

  • Pembiayaan multi jasa /KTA untuk keperluan pendidikan, pernikahan, kesehatan, dll·
  • Pembiayaan kepemilikan rumah iB.
  • Pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor iB.
  • Kartu kredit iB · - Pembiayaan dana berputar iB.
  • Pembiayaan menengah dan korporasi iB·
  • Pembiayaan mikro dan kecil iB.
  • Pembiayaan sindikasi.
  • Pembiayaan dana talangan.
  • Pembiayaan ke sektor pertanian.
  • Pembiayaan rekening koran.

Pola pembiayaan bank syariah memang berdimensi universal (multi purpose bank).

Bank syariah dapat melakukan banyak jenis pembiayaan. Seperti pembiayaan dengan prinsip ijarah wa intiqna atau ijarah muntahiya bittamlik (IMB) dimana transaksi sewa beli dimana diakhir periode terjadi alih kepemilikan obyek sewa, contoh paling mudah adalah pembelian sepeda motor dengan cara mencicil dimana diakhir periode maka sepeda motor akan jadi milik di pengangsur.

 


3. Jasa Pelayanan

  • Kartu kredit syariah

Kartu kredit syariah dengan prinsip kafalah (akad penjaminan) . Nasabah bisa mengalihkan tanggung jawabnya kepada bank dengan akad qardh (utang) atau dengan akad hiwalah (pengalihan utang).

  • Transaksi valuta asing

Transaksi valuta asing untuk memudahkan transaksi internasional nasabah yang membutuhkan. Kegitan bisnis seperti transfer uang, inkaso dan kliring bisa dilakukan bank syariah.

  • Penerbitan letter of credit (L/C ) 

Penerbitan letter of credit (L/C ) syariah dengan prinsip wakalah atau kafalah untuk menjalankan transaksi ekspor impor.

  • Layanan jasa nonkeuangan 

Layanan jasa nonkeuangan seperti pelayanan titipan wadi’ahyad amanah atau safe deposit box.

Gambar Pembagian Jenis Transaksi syariah | sumber : PPSK BI,2005

 

4. Kegiatan yang berorientasi pada kesejahteraan sosial.

Bank syariah memiliki divisi yang menerima dan menyalurkan zakat, infaq dan sadaqah.

Ada tiga hal yang menjadi ciri khas yang hanya ada di bank syariah :

1. Qardhul Hasan , memungkinkan nasabah mendapat dana talangan jangka pende ketika nasabah dalam kesulitan mendesak.

2. Qardhul hasan adalah transaksi yang tidak ada didalam bank konvensional , inilah pembeda antara bank syariah dan bank konvensional

3. Misi sosial yang dilakukan bank syariah akan meningkatkan citra yang baik didalam pandangan masyarakat luas.

 

Kelebihan dan Kekurangan Bank Syariah

Kelebihan dan Kekurangan Bank Syariah menurut Karnaen Perwataatmadja dan M Syafi’I Antonio, penulis buku “Apa Dan Bagaimana Bank Islam” :

 

Kelebihan bank syariah

  • Kuatnya ikatan emosional keagamaan antara pemegang saham,pengelola bank,dan nasabahnya.Dari ikatan emosional inilah dapat dikembangkan kebersamaan dalam menghadapi risiko usaha dan membagi keuntungan secara jujur dan adil.
  • Keterikatan secara religi, maka semua pihak yang terlibat dalam bank Islam adalah berusaha sebaik-baiknya dengan pengalaman ajaran agamanya sehingga berapa pun hasil yang diperoleh diyakini membawa berkah.
  • Fasilitas pembiayaan (al=mudharabah dan al-musyarakah) yang tidak membebani nasabah sejak awal dengan kewajiban membayar biaya secara tetap.hai ini adalah memberikan kelonggaran psikologis yang diperlukan nasabah untuk dapat berusaha secara tenang dan sungguh-sungguh.
  • Sistem bagi hasil, untuk penyimpan dana setelah tersedia peringatan dini tentang keadaan banknya yang bias diketahui sewaktu-waktu dari naik turunnya jumlah bagi hasil yang diterima. Kelima, penerapan sistem bagi hasil dan ditinggalkannya sistem bunga menjadikan bank Islam lebih mandiri dari pengaruh gejolak moneter baik dari dalam maupun dari luar negeri.

 

Kelemahan Bank Syariah

  • Terlalu berprasangka baik kepada semua nasabahnya dan berasumsi bahwa semua orang yang terlibat dalam bank Islam adalah jujur. Dengan demikian bank Islam sangat rawan terhadap mereka yang beritikad tidak baik, sehingga diperlukan usaha tambahan untuk mengawasi nasabah yang menerima pembiayaan dari bank syariah.
  • Memerlukan perhitungan-perhitungan yang rumit terutama dalam menghitung bagian laba nasabah yang kecil-kecil dan yang nilai simpanannya di bank tidak tetap. Dengan demikian kemungkinan salah hitung setiap saat bisa terjadi sehingga diperlukan kecermatan yang lebih besar dari bank konvensional.
  • Karena bank ini membawa misi bagi hasil yang adil, maka bank Islam lebih memerlukan tenaga-tenaga profesional yang handal dari pada bank konvensional. Kekeliruan dalam menilaui proyek yang akan dibiayai bank dengan system bagi hasil akan membawa akibat yang lebih besar daripada yang dihadapi bank konvensional yang hasil pendapatannya sudah tetap dari bunga. (saksono)
  • Bank konvensional merupakan bank yang paling banyak beredar di Indonesia. Bank umum mempunyai kegiatan pemberian jasa yang paling lengkap dan dapat beroperasi diseluruh wilayah Indonesia.

 

Tentunya keberadaan Bank Syariah masih melahirkan perbedaan pendapat dari para ulama. Hanya saja jika dibandingkan dengan Bank konvensional atau bagi umat muslim yang belum bisa mengindar dari menggunakan Bank Konvensional, tentunya pilihan menggunakan Bank Syariah menjadi pilihan yang lebih tepat.

Berbagai kelemahan dan kekurangan tentunya pasti ada mengingat hal ini masih terus berproses atau masih terus diperjuangkan oleh pejuang-pejuang ekonomi muslim yang memimpikan sistem perekonomian yang syariah. 

 

SAJADA Media Islam Inspiratif 

NEWS

Akhir Dakwah Petinju Legendaris, Muhammad Ali

 

Usai bersyahadat, Petinju legendaris yang dijuluki The Greatest (terbesar), Muhammad Ali berkata, ”Aku meyakini bahwa aku sedang berada di depan sebuah kebenaran yang tak mungkin berasal dari manusia.”

RA. Kartini, Tafsir Al Qur'an dan KH. Saleh Darat

 

Mengenai agamaku, Islam, aku harus menceritakan apa? Bagaimana aku dapat mencintai agamaku, jika aku tidak mengerti dan tidak boleh memahaminya?"

Aksi Simpatik 55, Jalan Kaki Dari Istiqlal Ke Mahkamah Agung

 

GNPF MUI akan kembali menggelar aksi damai sebagai kelanjutan Aksi Bela Islam 212. Aksi dengan tema "Aksi Simpatik 55" akan di selenggarakan pada tanggal 5 Mei 2017 dimulai dengan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan berjalan kaki ke Mahkamah Agung (MA).

Akankah ukhuwah Islamiah akan tetap terjaga setelah Kemenangan?

 

Umar Bin Khattab berkata, “Sesungguhnya setelah ada kesempurnaan itu hanyalah ada kekurangan.” Jika ukhuwah islamiyah ini merupakan tanda kemenangan, maka yang pantas dikuatirkan adalah saatnya kemunduran.

Jika Islam adalah Sebuah Brand

 

Jika Islam adalah sebuah Brand, maka pendakwah adalah pemegang peranan fungsi Marketing dan Public Relation. Bila terjadi pergeseran persepsi, maka saatnya kita koreksi diri dan kembali kepada value dan cara memasarkan (dakwah) seperti yang diajarkan Rasulullah. 

EKONOMI SYARIAH

Ethis Crowd Mengenalkan Fintech Crowd Founding Berbasis Syariah Pertama di Dunia

 

Di tengah bangkitnya pilar-pilar ekonomi berbasis syariah, Ethis Crowd mengenalkan fintech crowd founding properti berbasis syariah pertama di dunia.

Dompet Dhuafa Kirim Dai Ambassador ke Berbagai Negara

 

Dompet Dhuafa akan mengirimkan 25 Dai Ambassador ke berbagai negara selama bulan suci Ramadhan. Tahun ini merupakan kali keenam Dompet Dhuafa melalui Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) mengirimkan dai ke luar negeri secara berturut-turut sejak 2013 

Kongres Ekonomi Umat 2017

 

Kongres Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) diselenggarakan pada 22-24 April 2017 di Hotel Sahid, Jakarta. 

Akhirnya Paytren Fintech Berbasis Syariah Mendapat Izin OJK

 

Ustadz Yusuf Mansur melalui Paytren merupakan salah satu figur contoh tokoh islam, yang selama ini telah berjuang untuk menunjukkan bahwa Umat Islam Indonesia sebagai golongan mayoritas harus menjadi pemain pasar utama di negaranya sendiri. Jangan cuma menjadi penonton atau cuma sebagai target pasar dari para pebisnis non muslim, apalagi pihak negara asing. 

WIEF Mendorong UKM Berbasis Islam Menjadi Bisnis Masa Depan

 

Forum WIEF berhasil menciptakan komitmen investasi di sektor UMKM senilai US$ 900 juta atau sekitar Rp 11,88 triliun. 

BELAJAR

Bab: Larangan bagi makmum untuk mengeraskan suara di belakang imam

5 KITAB: SHOLAT

Bab: Larangan bagi makmum untuk mengeraskan suara di belakang imam

 

Bab: Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam selalu memberi waktu yang tepat ketika memberi nasehat

KITAB: ILMU

Bab: Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam selalu memberi waktu yang tepat ketika memberi nasehat

 

Bab: Meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri setelah takbiratul ihram

5 KITAB: SHOLAT

Bab: Meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri setelah takbiratul ihram

 

Bab: Menggosokkan tangan ke tanah agar lebih bersih

KITAB: MANDI

Bab: Menggosokkan tangan ke tanah agar lebih bersih

 

Bab: Cara dicabutnya ilmu

KITAB: ILMU

Bab: Cara dicabutnya ilmu

 

TAUSIYAH

Balasan Surat Cinta Karena Allah (Berbeda Tetapi Tetap Sayang)

 

Sungguh Allah telah memuliakan kita dengan Islam dan Iman sebagaimana pernyataan sahabat mulia Umar bin Khottob Radiallahu Anhu

Jangan Membenci Saat "Yang Berbeda" Bertanya

 

Seseorang bertanya, : "Kenapa Allah menurunkan Agama Yahudi dan Nasrani melalui nabi-nabinya? Jika Islam turun melalui Nabi Muhammad SAW, Bagaimana nasib Nabi-Nabi yang tidak beragama Islam sebelum jaman Rasulullah SAW?"

 

Usia 40 Tahun, Belum Ada Minat Terhadap Agama, Pertanda Buruk Sisa Umur

 

Kaum salaf, apabila diantara mereka ada yang sudah berumur 40 tahun, ia mulai melipat kasur, yakni tidak akan tidur lagi sepanjang malam, selalu melakukan shalat, bertasbih dan beristighfar. 

Ucapan Selamat Saat Idul Fitri dan Jawabannya

 

Saat hari raya idul fitri, kita terbiasa saling mengucapkan selama untuk sesama muslim, lalu bagaimana ucapan yang dicontohkan oleh Rasulullah dan diikuti oleh sahabat Nabi? Bagaimana pula jawabannya?

Berbeda Tetapi Tetap Sayang

 

Sungguh walau kami berdua berbeda faham, tetapi beliau mau hadir untuk memberi tausiyah walau tidak ikut zikir bersama. Beliau tidak berqunut, tetapi saat sholat subuh di mesjid Az Zikra disamping abang, beliau ikut berqunut.

SEJARAH

Nabi Ayyub AS

 

Iblis mengira ketaatan Nabi Ayub AS adalah hanyalah ketaatan untuk mengamankan kondisi ideal sang nabi agar terus dapat hidup dengan segala kenyamanan tersebut.

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

KH. Hasyim Asy'ari

 

Hasyim Asy'arie kemudian memutuskan untuk kembali ke Mekkah dan menetap di sana selama kurang lebih tujuh tahun. Di Mekkah beliau banyak berguru ke ulama-ulama besar baik dari Mekkah sendiri maupun ulama Indonesia. 

KH. Ahmad Dahlan

 

Pada usia 15 tahun, beliau berhaji sekaligus menuntut ilmu ke Mekah. Selama 5 tahun berguru kepada banyak tokoh besar Islam dunia, beliau juga mulai bersentuhan dengan berbagai pemikiran Islam pembaharu. 

REFERENSI

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Habib Muhammad Rizieq Syihab

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Habib Muhammad Rizieq Syihab Rabu 17 Mei 2017 

PPPA Daarul Qur'an - Tangerang

 

PPPA Daarul Qur'an, Mencetak generasi Qur ani yang smart, cerdas, peka, visioner dan berwawasan luas serta menjadikan DAQU METHOD sebagai pakaian sehari-hari. Mencetak pemimpin negeri (dalam segala bidang) yang hafal Qur an dan berkarakter Qur ani. 

Jadwal Khatib Sholat Ied Ustadz Subhan Bawazier 25 Juni 2017

 

Jadwal Khatib Sholat Ied Ustadz Subhan Bawazier 25 Juni 2017 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Muhammad Zulkifli Ali, LC

 

Jadwal Majelis Taklim Ustadz, Ceramah, Tausiyah  Muhammad Zulkifli Ali, LC 6 - 21 Mei 2017 

Pondok Modern Gontor

 

Pondok Modern Gontor adalah pelopor pesantren modern yang membekali santrinya dengan pendidikan agama Islam ditambah ilmu-ilmu umum yang menunjang kompetensi santrinya seperti menjadikan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa sehari-hari. 

DOA

Doa Sebelum dan Sesudah Bepegian

 

BISMILLAHI TAWAKALTU 'ALALLAHI LAA HAULA WA LAA QUWATA ILLA BILLAH

Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah

Doa-Doa Para Nabi & Rasul

 

Doa Nabi Adam 

“Robbana zholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin“  

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan

 

Allahuma Baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar.


Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa muslimin.

Doa Sebelum dan Sesudah Masuk Kamar Mandi (WC)

 

ALLAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan

Doa Sebelum (Niat) dan Sesudah Wudhu

 

Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaaffi ta’aalaa

Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah semata