Ustadz Yusuf Mansur Menginspirasi Umat Islam Untuk Punya Peran Penting Dalam Ekonomi

 

Ustadz Yusuf Mansur melalui Paytren merupakan salah satu figur contoh tokoh islam, yang selama ini telah berjuang untuk menunjukkan bahwa Umat Islam Indonesia sebagai golongan mayoritas harus menjadi pemain pasar utama di negaranya sendiri. Jangan cuma menjadi penonton atau cuma sebagai target pasar dari para pebisnis non muslim, apalagi pihak negara asing.

Kehadiran berbagai inovasi bisnis berbasis syariah tentunya harus didukung seluruh umat muslim di Indonesia, agar syariah menjadi kata kunci penting atau syarat mutlak bagi seluruh pebisnis jika ingin diterima di pasar Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Dengan terwujudnya ekonomi syariah di Indonesia, tentunya para konsumen muslim akan mendapat ketenangan dan rasa aman dalam melakukan segala aktivitas ekonomi.

Sebaliknya, kondisi pada saat ini dimana ekonomi syariah belum menjadi tuntutan dari pasar muslim di Indonesia, maka segala praktik keuangan yang mengandung unsur riba, gharar dan sebagainya, termasuk produk makanan, minuman, kosmetik dan sebagainya yang mengandung unsur tidak halal, telah menjadi konsumsi umum yang lekat dengan kehidupan sehari-hari umat muslim di Indonesia. Padahal tentunya hal ini sangat membahayakan umat muslim di Indonesia. Maka sudah seharusnya segala bentuk inovasi bisnis berbasis syariah harus didukung agar bisa menggantikan bisnis-bisnis mapan yang tidak memperdulikan kebutuhan pasar muslim di Indonesia.

Paytren startup fintech yang didirikan Ustadz Yusuf Masur akhirnya mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Izin ini tertuang pada keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor : KEP 49/D.04/2017 yang menjelaskan bahwa OJK telah menerbitkan izin usaha manajer investasi syariah kepada Paytren Asset Management. Keputusan tersebut berlaku sejak tanggal ditetapkan pada 24 Oktober 2017.

OJK juga telah memberi persetujuan mengenai susunan pemegang saham, susunan permodalan dan susunan pengurus Paytren Asset Management, yaitu Jam'an Nurchotib Mansur (Ustad Yusuf Mansur), Hari Prabowo dan Deddi Nordiawan, dengan komposisi permodalannya, modal dasar Rp 25 miliar dan modal disetor Rp 10 miliar.

 

Mengenal Paytren 

Paytren adalah perusahaan penyedia finasial berbasis syariah dan teknologi. Melalui aplikasi Paytren, pengguna aplikasi dapat melakukan berbagai transaksi berbasis internet seperti membayar tagihan, bayar listrik dan beli pulsa dengan mudah.

Paytren memang telah melewati proses panjang, sejak tahun 2013 melalui perusahaan Veritra Sentosa Internasional (treni), Paytren menawarkan dua bentuk transaksi :

1. Mitra Pengguna

Yaitu user hanya sebagai pengguna aplikasi, dengan membayar biaya yang disyaratkan, user mendapat nomor ID kemitraan dan deposit awal. User mendapat fitur-fitur standar seperti pembelian pulsa prabayar dan voucher lainnya.

2. Mitra Pebisnis

Yaitu user selain sebagai pengguna aplikasi dengan fitur yang lebih lengkap, user juga akan mendapat cashback transaksi pribadi dan juga cashback dari perusahaan saat komunitasnya melakukan transaksi, sebagaimana halnya ploa bisnis networking atau multi level marketing (MLM).

Setelah mengantungi izin dari OJK dan sertifikat syariah dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Paytren saat ini masih menunggu izin uang elektronik dari Bank Indonesia untuk Paytren Payment Gateway.

 

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif

 


BERITA

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), Turki

Masjid Sultan Ahmed (Sultan Ahmed Camii) atau Masjid Biru (Blue Mosque) adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Istanbul, Turki. Sebuah situs wisata populer di Turki.

KH Ma'ruf Amin : Perbedaan Ditoleransi, Penyimpangan Diamputasi

"Perbedaan dan penyimpangan adalah dua hal berbeda. Kalau perbedaan, wilayahnya menyangkut hal-hal yang bersifat furu'iyah".

Mengenal Bank Syariah dan Perkembangannya

Keberadaan Bank Syariah masih melahirkan perbedaan pendapat para ulama. Hanya saja jika dibandingkan dengan Bank konvensional tentunya pilihan menggunakan Bank Syariah menjadi pilihan yang lebih tepat.

Dompet Dhuafa Kirim Dai Ambassador ke Berbagai Negara

 

Dompet Dhuafa akan mengirimkan 25 Dai Ambassador ke berbagai negara selama bulan suci Ramadhan. Tahun ini merupakan kali keenam Dompet Dhuafa melalui Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) mengirimkan dai ke luar negeri secara berturut-turut sejak 2013 

Jika Dakwah Adalah Kegiatan Marketing

Seringkali kita merasa sedang mengajak (berdakwah) padahal kita malah semakin menjauhkan target audiens tersebut kepada Islam. Logika sederhananya adalah, apakah kita akan membeli produk yang dijual oleh sales yang membenci kita?

 

TAUSIAH

Usia 40 Tahun, Belum Ada Minat Terhadap Agama, Pertanda Buruk Sisa Umur

Kaum salaf, apabila diantara mereka ada yang sudah berumur 40 tahun, ia mulai melipat kasur, yakni tidak akan tidur lagi sepanjang malam, selalu melakukan shalat, bertasbih dan beristighfar. 

Islamic Book Fair 2017 3-7 Mei 2017

Islamic Book Fair (IBF) ke-16 tahun 2017 merupakan Pameran buku Islam terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara itu digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, 3-7 Mei 2017.

Berbeda Tetapi Tetap Sayang

Sungguh walau kami berdua berbeda faham, tetapi beliau mau hadir untuk memberi tausiyah walau tidak ikut zikir bersama. Beliau tidak berqunut, tetapi saat sholat subuh di mesjid Az Zikra disamping abang, beliau ikut berqunut.

PPPA Daarul Qur'an - Tangerang

PPPA Daarul Qur'an, Mencetak generasi Qur ani yang smart, cerdas, peka, visioner dan berwawasan luas serta menjadikan DAQU METHOD sebagai pakaian sehari-hari. Mencetak pemimpin negeri (dalam segala bidang) yang hafal Qur an dan berkarakter Qur ani.

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Khalid Basalamah 8 Juni - 11 Juni 2017

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz  Khalid Basalamah 8 Juni - 11 Juni 2017

BELAJAR ISLAM

Rukun Iman

Rukun Iman adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang dapat dikatakan beriman. Iman sering diartikan dengan percaya atau secara bahasa berarti tashdiq (membenarkan).

Mahzab Ulama Fiqih

Mazhab menurut ulama fiqih, adalah sebuah metodologi fiqih khusus yang dijalani oleh seorang ahli fiqih mujtahid, yang berbeda dengan ahli fiqih lain, yang menghantarkannya memilih sejumlah hukum dalam kawasan ilmu furu'. Ini adalah pengertian mazhab secara umum.

Berbagai Metode Menghafal Al Qur'an (Tahfiz)

 

Dengan menghafal, bukankah artinya kita terus mengulang-ulang bacaan sehingga kita banyak mendapat pahala beserta manfaat-manfaat lainnya yang didapat untuk orang yang membaca Al Qur'an.

 

Silsilah Garis Keturunan 25 Nabi dan Rasul

Menurut pendapat para ulama, jumlah Nabi dan Rasul sangatlah banyak, dikatakan bahwa jumlah nabi mencapai hingga 124.000 orang. 

Kisah Nabi Musa & Wanita Penzina

Malaikat Jibril lalu bertanya, “Mengapa engkau menolak seorang wanita yang hendak bertaubat dari dosanya? Tidakkah engkau tahu dosa yang lebih besar daripadanya?