sajada musa laode

 

Musa, Penghafal AlQur'an Termuda Musabaqoh Hifzil Quran Internasional

Memiliki anak yang soleh merupakan dambaan dan kebanggaan setiap orang tua muslim. Musa La Ode Hanafi, tidak hanya membuat orang tuanya bangga, tetapi juga membuat warga muslim Indonesia sangat bangga.

Musa merupakan peserta termuda, yaitu berusia tujuh tahun dimana peserta lainnya berusia diatas sepuluh tahun dalam Musabaqoh Hifzil Quran Internasional kategori 30 juz untuk anak-anak di Sharm El-Sheikh, yang deselenggarakan oleh Departemen Endowment Mesir, April 2016 di Mesir.

Tidak hanya sebagai penghafal Al Qur'an termuda, Musa pun menjadi juara ke-3, setelah menjawab dengan sempurna pertanyaan-pertanyaan juri, sheikh Helmy Gamal, Wakil Ketua Mesir Quraa Union.

Bahkan walaupun menduduki rangking ke-3 tetapi Musa memenangkan simpati para juri dan penonton. Bagaimana tidak, Seorang Mentri dari Mesir, Prof. Dr. Mohammed Mochtar Gomma menyatakan keheranannya terhadap bocah tujuh tahun yang bukan berasal dari negara yang berbahasa Arab tetapi bisa menghafalkan Al Qur'an dan beliau pun menyampaikan pujian Presiden Mesir, Abdel Fattah Al Sisi kepada Musa.

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan Musa melalui akun sosial media facebook dan twitter pribadinya. "Kita bangga dg prestasi Musa La Ode Abu Hanafi, hafidz 7 tahun di Musabaqah Hifzil Quran Internasional di Mesir".

Musa bahkan sudah membuat publik tercengang disaat usia lima tahun. Pada acara Hafiz Indonesia, Musa telah mengatakan hafal 29 juz yang membuat penonton tertawa, ternyata begitu dilakukan test, Musa dapat membuktikannya sehingga membuat penonton terkesima.

Keberhasilan Musa ini tak lepas dari rahmat Allah atas ikhtiar orang tua Musa, La Ode Abu Hanafi. Beliau memberikan beberapa tips untuk para orang tua yang anaknya ingin mengikuti keberhasilan Musa, yaitu :

1. Kunci paling penting adalah Murajaahnya alias mengulang-ulang hafalan.

2. Menjaga atau membatasi segala pengaruh buruk dari luar, seperti pergaulan yang salah dan siaran televisi yang tidak membawa manfaat.

3. Memberikan nutrisi yang baik sehingga memperkuat kecerdasan dalam menghafal, seperti kurma dan madu.

4. Menjadwalkan rutinitas islami yang mendukung proses menghafal serta disiplin (istiqomah), seperti :

  • Bangun setengah jam sebelum waktu Subuh
  • Jam 10 pagi hingga waktu Dhuhur, saatnya tidur siang
  • Waktu Dhuhur hingga waktu Ashar, menambah hafalan baru, - Setelah Ashar, menghafal Bulughul Maram (Kumpulan hadist pilihan yang terkait dengan hukum Islam, rujukan utama fikih dari Mazhab Syafi'i)
  • Jam 5 sore hingga waktu Maghrib, waktu bermain
  • Waktu Maghrib hingga waktu Isya, mengikuti majelis taqlim bersama Ayahnya sambil memberikan kesempatan bagi jamaah untuk mengetes hafalan Musa.

5. Musa tidak masuk sekolah umum karena langsung dipegang oleh ayahnya (Home Schooling)

Begitulah cara orang tua Musa, La Ode Abu Hanafi mencetak penghafal AlQur'an muda yang telah menginspirasi kita, para orang tua untuk memiliki anak yang dapat menghafal Al Qur'an.

Ternyata peran langsung orang tua dalam membimbing anak merupakan kunci sukses, semoga kita semua, para orang tua dapat menuntun anak-anak kita dalam sukses dunia dan akhirat.

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif 


 

BERITA

Jangan Menunggu Ekonomi Syariah Dikuasai Non Muslim

 

Tak cuma negara-negara berpenduduk muslim, perkembangan ekonomi syariah, rupanya juga menjamur di negara-negara Eropa. Ini terjadi saat krisis global. Tidak ada satu pun sektor yang bisa menghindari krisis global, akan tetapi keuangan syariah menunjukan ketahanan yang sangat luar biasa. Hal ini pun memicu ketertarikan negara Barat lainnya terhadap konsep ekonomi Islam, seperti Perancis, Jerman, dan Italia yang pada akhirnya juga mengadopsi sistem ini.

Muslim Go Aplikasi Islami Pertama Dengan Sertifikasi Kemenag RI

 

Muslim Go adalah aplikasi mobile menyediakan berbagai macam layanan yang dibutuhkan oleh kalangan Muslim di Indonesia. Muslim Go hadir dengan fitur untuk penunjuk dan pengingat waktu shalat, Al-Qur’an digital, kalender islam, arah kiblat, mencari masjid terdekat serta restoran halal dan sebagainya. 

Peduli Masyarakat Sekitar, AXA Mandiri dan BAZNAS Salurkan Paket Ramadhan Bahagia

 

Pada tahun 2015 AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah. 

Ustadz Haikal Hassan Bersama Ulama Mendeklarasikan Dukungan Untuk Anies Baswedan Untuk Pilpres 2019

 

Ustadz Haikal Hassan beserta sejumlah ulama melalui 'Gerakan Indonesia untuk Indonesia' hari jumat ini mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di pilpres 2019. 

WIEF Mendorong UKM Berbasis Islam Menjadi Bisnis Masa Depan

 

Forum WIEF berhasil menciptakan komitmen investasi di sektor UMKM senilai US$ 900 juta atau sekitar Rp 11,88 triliun. 

TAUSIAH

Adi Hidayat

 

Ustadz Adi Hidayat menyelesaikan pendidikan pasca sarjana nya  di Islamic Call College Tripoli, Libya dan pendidikan magister nya di Agama Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sunan Gunung Djati Bandung. 

Adab di Hari Raya

 

Hari raya bagi seorang muslim bukan sekedar berbahagia dan bersenang-senang tetapi justru merupakan momen untuk semakin menguatkan hubungan dengan Allah Subhana WaTa’ala

Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

 

Bismika Allahuma Ahya Wa Amuut.

Alhamdulillahi ladzi Ahyana Ba'da Maa Amaa Tanaa Wa ilaihin Nusyuur.

Pondok Modern Gontor

 

Pondok Modern Gontor adalah pelopor pesantren modern yang membekali santrinya dengan pendidikan agama Islam ditambah ilmu-ilmu umum yang menunjang kompetensi santrinya seperti menjadikan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa sehari-hari. 

Mereka Yang Didoakan Oleh Para Malaikat

 

Malaikat pun senantiasa mendoakan manusia, sehingga atas kedudukannya yang mulia, tentunya kita pun berharap menjadi termasuk manusia yang didoakan oleh para malaikat.

BELAJAR ISLAM

Rukun Sholat

 

Rukun Shalat adalah setiap perkataan atau perbuatan yang akan membentuk hakikat shalat. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka shalat pun tidak sah. 

Sumber Ilmu Fiqih

Sumber fiqih adalah dalil-dalil yang dijadikan oleh syariat sebagai hujjah dalam pengambilan hukum. Dalil-dalil ini sebagian disepakati oleh ulama sebagai sumber hukum, seperti Al Qur’an, Sunnah dan Ijma’. Sebagian besar ulama juga menetapkan Qiyas sebagai sumber hukum ke empat setelah tiga sumber di atas

KH. Hasyim Asy'ari

 

Hasyim Asy'arie kemudian memutuskan untuk kembali ke Mekkah dan menetap di sana selama kurang lebih tujuh tahun. Di Mekkah beliau banyak berguru ke ulama-ulama besar baik dari Mekkah sendiri maupun ulama Indonesia. 

Pembagian Hukum Fiqih Ibadah

Ibadat dalam ilmu fiqih terbagi atas 5 bab, yaitu Thaharah, sholat, puasa, zakat dan haji

Syarat Awal Memeluk Agama Islam

Dengan menyatakan Dua Kalimat Syahadat, insya Allah orang tersebut sudah termasuk sebagai seorang muslim (untuk laki-laki) atau muslimah (untuk wanita). Kesaksian ini sebaiknya disaksikan dan dibimbing oleh beberapa orang muslim yang memiliki pengetahuan agama islam yang baik agar orang tersebut mendapat tuntunan.