sajada tahfiz

 

Yang Muda Yang Cinta Al Qur'an

Alqur'an merupakan mukjizat terbesar warisan Rasulullah SAW
yang menjadi pedoman (manual book) untuk menjalani hidup.
Betapa sering kita lupa, sehebat apa pun buku atau tulisan
yang kita sering baca atau kagumi, semuanya hanyalah buah
pikiran dari manusia biasa yang merupakan mahluk ciptaan
Allah SWT.

Sementara Alqur'an merupakan Kalam Allah yang diturunkan
melalui malaikat Jibril kepada manusia terbaik, Nabi Muhammad
SAW untuk seluruh umat manusia.

Tak heran sering kita mendengar, kisah-kisah menakjubkan
betapa ilmuan-ilmuan yang bahkan muslim terperangah saat
menemukan kenyataan bahwa apa yang mereka baru pahami saat
ini ternyata telah lama termuat dalam Alqur'an, baik dibidang
ilmu biologi, Geografi, Antariksa, Sejarah dan sebagainya.

Sejarah membuktikan, kemajuan umat Islam dalam hal penemuan
seperti matematika, kedokteran, alam, sosial dan sebagainya
oleh para ulama di masannya seperti Alfarabi, AL Batani, Ibnu
Sina dan lain-lain dicapai saat umat Islam sangat dekat
dengan AlQur'an, sementara kemajuan umat non muslim dalam hal
penemuan justru disaat mereka meninggalkan keyakinannya.

Saat ini terjadi fenomena yang mudah-mudahan menjadi momentum
mencapai kembalinya kejayaan Islam, dimana banyak para
generator pembangkit Islam yang mencoba mengembalikan rasa
cinta dengan AlQur'an melalui gerakan-gerakan menggalakkan
membaca dan menghafal AlQur'an sehingga banyak anak muda yang
tumbuh bersama AlQur'an.

Inilah beberapa diantara banyak anak-anak muda yang semoga
dapat menginspirasi lebih banyak anak-anak muda untuk
mencintai AlQur'an :


 

sajada tahfiz Musa

1. Musa La Ode Hanafi

Penghafal Alqur'an cilik ini telah membanggakan Indonesia dengan menjadi Penghafal AlQur'an 30 juzz termuda dalam Musabaqoh Hifzil Quran Internasional di Mesir bahkan menjadi juara ke-3 dalam event tersebut.

Sebelumnya Musa bahkan telah menghafal 29 juzz pada saat usia lima Tahun.


 

sajada tahfiz Wirda

2. Wirda Mansur

Putri pendakwah populer Yusuf Mansur ini juga mulai menjadi pendakwah muda populer yang banyak menginspirasi anak-anak muda dan banyak memberi tips untuk mengafalkan AlQur'an serta memotivasi untuk meraih kesuksesan melalui AlQur'an.

Sejak usia belia, Wirda sudah terbang ke luar negeri memenuhi undangan untuk mengajar para remaja. Beberapa negara sudah ia sambangi, mulai dari Hongkong, Korea, Singapura, Bahrain, Qatar, hingga Amerika Serikat.


 

sajada tahfiz Muzammil

3. Muzammil Hasballah

Kuliah di perguruan tinggi favorit seperti ITB, merupakan impian para anak muda tetapi menjadi mahasiswa ITB yang kerap menjadi imam di masjid-masjid karena memiliki hafalan Alqur'an ditambah suara yang merdu seperti suara imam besar Syeikh Mishary Rashid Al-Afasy merupakan impian yang harus dimiliki oleh para remaja muslim Indonesia.

Hal ini pula yang membuat Muzammil Hasballah menjadi populer di media sosial hingga dipertemukan langsung ke Imam Besar tersebut oleh Ustadz Yusuf Mansur.


 

sajada tahfiz ayu

4. Ayu Fajar Lestari

Ayu Fajar Lestari bukanlah anak muda biasa, semangat dan ketekunannya tidak dimiliki oleh kebanyakan dari kita. Keterbatasannya dalam melihat bukanlah kendala dalam menjadikannya penghafal Alqur'an.

Bukan hanya hafal biasa, Ayu juga memiliki kemampuan mengingat urutan nama, nomor surat dan ayatnya. Seperti kemampuan google, saat kita sebut surat dan ayat tertentu, Ayu dapat membacakan ayat yang diminta.

Berdasarkan kisah sang ibu, sejak usia dua tahun Ayu sudah minta diajari mengaji, namun saat itu sang ibu kuatir kalau Ayu akan dijahili sehingga Ayu langsung belajar dari sang Nenek yang tidak bisa membaca tulisan Arab, jadi Ayu diajarkan dengan menggunakan Alquran latin.

Beruntung, ada seorang pengasuh Pondok Pesantren Al-Baqoroh Lirboyo, Kediri, bernama Nur Hanah yang dengan telaten membenarkan bacaan-bacaan Ayu dan menjelaskan beberapa hukum tajwid hingga Ayu akhirnya dinyatakan lulus dan sanad.

 

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif 

NEWS

Bijaksana Dalam Share Di Media Sosial

 

Jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

Akhir Dakwah Petinju Legendaris, Muhammad Ali

 

Usai bersyahadat, Petinju legendaris yang dijuluki The Greatest (terbesar), Muhammad Ali berkata, ”Aku meyakini bahwa aku sedang berada di depan sebuah kebenaran yang tak mungkin berasal dari manusia.”

Sejumlah Ulama Mengutuk Aksi Teror Bom

 

Kejadian teror bom di Surabaya dan tempat-tempat lainnya yang baru-bara saja terjadi cukup kembali membuat semua pihak geram. Berbagai ulama di Indonesia pun menyampaikan bahwa tindakan tersebut tidak dibenarkan dalam agama dan mengutuk siapa pun pelakunya. 

Masjid Indonesia Pertama di London-UK

 

Kisah perjuangan pembangunan Masjid Indonesia pertama di London menemui babak baru. Upaya yang telah dirintis sejak 20 tahun tersebut, kini terancam gagal.

RA. Kartini, Tafsir Al Qur'an dan KH. Saleh Darat

 

Mengenai agamaku, Islam, aku harus menceritakan apa? Bagaimana aku dapat mencintai agamaku, jika aku tidak mengerti dan tidak boleh memahaminya?"

EKONOMI SYARIAH

Peduli Masyarakat Sekitar, AXA Mandiri dan BAZNAS Salurkan Paket Ramadhan Bahagia

 

Pada tahun 2015 AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah. 

Dompet Dhuafa Kirim Dai Ambassador ke Berbagai Negara

 

Dompet Dhuafa akan mengirimkan 25 Dai Ambassador ke berbagai negara selama bulan suci Ramadhan. Tahun ini merupakan kali keenam Dompet Dhuafa melalui Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) mengirimkan dai ke luar negeri secara berturut-turut sejak 2013 

Aplikasi Muslim Ummah Merupakan Aplikasi Lifestyle Tentang Islam

 

Aplikasi Muslim Ummah merupakan aplikasi lifestyle tentang Islam dan juga pengingat jadwal sholat serta Al Qur’an yang disertai audio untuk pembelajaran Al Quran per ayat. Saat ini Aplikasi Muslim Ummah sudah mencapai ratusan ribu download dengan lebih dari puluhan ribu pengguna aktif setiap hari. 

Ethis Crowd Mengenalkan Fintech Crowd Founding Berbasis Syariah Pertama di Dunia

 

Di tengah bangkitnya pilar-pilar ekonomi berbasis syariah, Ethis Crowd mengenalkan fintech crowd founding properti berbasis syariah pertama di dunia.

Kongres Ekonomi Umat 2017

 

Kongres Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) diselenggarakan pada 22-24 April 2017 di Hotel Sahid, Jakarta. 

BELAJAR

Bab: Larangan menceritakan semua yang didengar

1 KITAB: MUKADIMAH

Bab: Larangan menceritakan semua yang didengar

 

Bab: Bila dua kelompoik orang beriman berperang maka damaikanlah

KITAB: IMAN

Bab: Bila dua kelompoik orang beriman berperang maka damaikanlah

 

Bab: Wajibnya thaharah untuk shalat

3 KITAB: THAHARAH

Bab: Wajibnya thaharah untuk shalat

 

Bab: Bertingkat-tingkatnya ahlul imam dalam amalan

KITAB: IMAN

Bab: Bertingkat-tingkatnya ahlul imam dalam amalan

 

Bab: Mencintai Rasulullah bagian dari iman

KITAB: IMAN

Bab: Mencintai Rasulullah bagian dari iman

 

TAUSIYAH

Berbeda Tetapi Tetap Sayang

 

Sungguh walau kami berdua berbeda faham, tetapi beliau mau hadir untuk memberi tausiyah walau tidak ikut zikir bersama. Beliau tidak berqunut, tetapi saat sholat subuh di mesjid Az Zikra disamping abang, beliau ikut berqunut.

Ucapan Selamat Saat Idul Fitri dan Jawabannya

 

Saat hari raya idul fitri, kita terbiasa saling mengucapkan selama untuk sesama muslim, lalu bagaimana ucapan yang dicontohkan oleh Rasulullah dan diikuti oleh sahabat Nabi? Bagaimana pula jawabannya?

Sarung

 

Catatan kali ini bercerita tentang sebuah benda yang sangat terkenal. Biasa dipakai oleh kaum laki-laki dewasa untuk menghalau angin malam saat ronda, sebagai pelindung dari gigitan nyamuk saat tidur.

Jangan Membenci Saat "Yang Berbeda" Bertanya

 

Seseorang bertanya, : "Kenapa Allah menurunkan Agama Yahudi dan Nasrani melalui nabi-nabinya? Jika Islam turun melalui Nabi Muhammad SAW, Bagaimana nasib Nabi-Nabi yang tidak beragama Islam sebelum jaman Rasulullah SAW?"

 

Bersabar Saat Dalam Kelapangan Rezeki

 

"Tidaklah mungkin terjadi seorang fakir menderita kelaparan dan kekurangan pakaian, kecuali oleh sebab kebakhilan kaum berpunya. Ingatlah, Allah SWT akan melakukan perhitungan yang teliti dan meminta pertanggungjawaban mereka dan selanjutnya akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih" (HR Ash-Shabuni).

SEJARAH

KH. Hasyim Asy'ari

 

Hasyim Asy'arie kemudian memutuskan untuk kembali ke Mekkah dan menetap di sana selama kurang lebih tujuh tahun. Di Mekkah beliau banyak berguru ke ulama-ulama besar baik dari Mekkah sendiri maupun ulama Indonesia. 

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

KH. Ahmad Dahlan

 

Pada usia 15 tahun, beliau berhaji sekaligus menuntut ilmu ke Mekah. Selama 5 tahun berguru kepada banyak tokoh besar Islam dunia, beliau juga mulai bersentuhan dengan berbagai pemikiran Islam pembaharu. 

Nabi Ayyub AS

 

Iblis mengira ketaatan Nabi Ayub AS adalah hanyalah ketaatan untuk mengamankan kondisi ideal sang nabi agar terus dapat hidup dengan segala kenyamanan tersebut.

REFERENSI

Syafiq Basalamah

 

Merupakan alumni Pesantren Islam Al Irsyad Bondowoso. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya ke Universitas Islam Madinah, dengan predikat “Summa Cumlaude”. 

Islamic Book Fair 2017 3-7 Mei 2017

 

Islamic Book Fair (IBF) ke-16 tahun 2017 merupakan Pameran buku Islam terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara itu digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, 3-7 Mei 2017. 

Yahya Zainul Ma'arif | Buya Yahya

 

Yahya Zainul Ma'arif yang lebih akrab disapa Buya Yahya, ladalah pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Cirebon. 

Pondok Modern Gontor

 

Pondok Modern Gontor adalah pelopor pesantren modern yang membekali santrinya dengan pendidikan agama Islam ditambah ilmu-ilmu umum yang menunjang kompetensi santrinya seperti menjadikan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa sehari-hari. 

Muhammad Syafii Antonio

 

Muhammad Syafii Antonio adalah seorang muslim keturunan Tiong Hoa yang menjadi pakar ekonomi syariah di Indonesia. 

DOA

Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

 

Bismika Allahuma Ahya Wa Amuut.

Alhamdulillahi ladzi Ahyana Ba'da Maa Amaa Tanaa Wa ilaihin Nusyuur.

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

 

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin

Ya Allah Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh.

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan

 

Allahuma Baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar.


Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa muslimin.

Doa Sebelum dan Sesudah Masuk Kamar Mandi (WC)

 

ALLAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan

Doa-Doa Para Nabi & Rasul

 

Doa Nabi Adam 

“Robbana zholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin“