sajada tahfiz

 

Yang Muda Yang Cinta Al Qur'an

Alqur'an merupakan mukjizat terbesar warisan Rasulullah SAW
yang menjadi pedoman (manual book) untuk menjalani hidup.
Betapa sering kita lupa, sehebat apa pun buku atau tulisan
yang kita sering baca atau kagumi, semuanya hanyalah buah
pikiran dari manusia biasa yang merupakan mahluk ciptaan
Allah SWT.

Sementara Alqur'an merupakan Kalam Allah yang diturunkan
melalui malaikat Jibril kepada manusia terbaik, Nabi Muhammad
SAW untuk seluruh umat manusia.

Tak heran sering kita mendengar, kisah-kisah menakjubkan
betapa ilmuan-ilmuan yang bahkan muslim terperangah saat
menemukan kenyataan bahwa apa yang mereka baru pahami saat
ini ternyata telah lama termuat dalam Alqur'an, baik dibidang
ilmu biologi, Geografi, Antariksa, Sejarah dan sebagainya.

Sejarah membuktikan, kemajuan umat Islam dalam hal penemuan
seperti matematika, kedokteran, alam, sosial dan sebagainya
oleh para ulama di masannya seperti Alfarabi, AL Batani, Ibnu
Sina dan lain-lain dicapai saat umat Islam sangat dekat
dengan AlQur'an, sementara kemajuan umat non muslim dalam hal
penemuan justru disaat mereka meninggalkan keyakinannya.

Saat ini terjadi fenomena yang mudah-mudahan menjadi momentum
mencapai kembalinya kejayaan Islam, dimana banyak para
generator pembangkit Islam yang mencoba mengembalikan rasa
cinta dengan AlQur'an melalui gerakan-gerakan menggalakkan
membaca dan menghafal AlQur'an sehingga banyak anak muda yang
tumbuh bersama AlQur'an.

Inilah beberapa diantara banyak anak-anak muda yang semoga
dapat menginspirasi lebih banyak anak-anak muda untuk
mencintai AlQur'an :


 

sajada tahfiz Musa

1. Musa La Ode Hanafi

Penghafal Alqur'an cilik ini telah membanggakan Indonesia dengan menjadi Penghafal AlQur'an 30 juzz termuda dalam Musabaqoh Hifzil Quran Internasional di Mesir bahkan menjadi juara ke-3 dalam event tersebut.

Sebelumnya Musa bahkan telah menghafal 29 juzz pada saat usia lima Tahun.


 

sajada tahfiz Wirda

2. Wirda Mansur

Putri pendakwah populer Yusuf Mansur ini juga mulai menjadi pendakwah muda populer yang banyak menginspirasi anak-anak muda dan banyak memberi tips untuk mengafalkan AlQur'an serta memotivasi untuk meraih kesuksesan melalui AlQur'an.

Sejak usia belia, Wirda sudah terbang ke luar negeri memenuhi undangan untuk mengajar para remaja. Beberapa negara sudah ia sambangi, mulai dari Hongkong, Korea, Singapura, Bahrain, Qatar, hingga Amerika Serikat.


 

sajada tahfiz Muzammil

3. Muzammil Hasballah

Kuliah di perguruan tinggi favorit seperti ITB, merupakan impian para anak muda tetapi menjadi mahasiswa ITB yang kerap menjadi imam di masjid-masjid karena memiliki hafalan Alqur'an ditambah suara yang merdu seperti suara imam besar Syeikh Mishary Rashid Al-Afasy merupakan impian yang harus dimiliki oleh para remaja muslim Indonesia.

Hal ini pula yang membuat Muzammil Hasballah menjadi populer di media sosial hingga dipertemukan langsung ke Imam Besar tersebut oleh Ustadz Yusuf Mansur.


 

sajada tahfiz ayu

4. Ayu Fajar Lestari

Ayu Fajar Lestari bukanlah anak muda biasa, semangat dan ketekunannya tidak dimiliki oleh kebanyakan dari kita. Keterbatasannya dalam melihat bukanlah kendala dalam menjadikannya penghafal Alqur'an.

Bukan hanya hafal biasa, Ayu juga memiliki kemampuan mengingat urutan nama, nomor surat dan ayatnya. Seperti kemampuan google, saat kita sebut surat dan ayat tertentu, Ayu dapat membacakan ayat yang diminta.

Berdasarkan kisah sang ibu, sejak usia dua tahun Ayu sudah minta diajari mengaji, namun saat itu sang ibu kuatir kalau Ayu akan dijahili sehingga Ayu langsung belajar dari sang Nenek yang tidak bisa membaca tulisan Arab, jadi Ayu diajarkan dengan menggunakan Alquran latin.

Beruntung, ada seorang pengasuh Pondok Pesantren Al-Baqoroh Lirboyo, Kediri, bernama Nur Hanah yang dengan telaten membenarkan bacaan-bacaan Ayu dan menjelaskan beberapa hukum tajwid hingga Ayu akhirnya dinyatakan lulus dan sanad.

 

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif 

NEWS

Aksi Simpatik 55, Jalan Kaki Dari Istiqlal Ke Mahkamah Agung

 

GNPF MUI akan kembali menggelar aksi damai sebagai kelanjutan Aksi Bela Islam 212. Aksi dengan tema "Aksi Simpatik 55" akan di selenggarakan pada tanggal 5 Mei 2017 dimulai dengan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan berjalan kaki ke Mahkamah Agung (MA).

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), Turki

 

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), TurkiMasjid Sultan Ahmed (Sultan Ahmed Camii) atau Masjid Biru (Blue Mosque) adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Istanbul, Turki. Sebuah situs wisata populer di Turki. 

Akhir Dakwah Petinju Legendaris, Muhammad Ali

 

Usai bersyahadat, Petinju legendaris yang dijuluki The Greatest (terbesar), Muhammad Ali berkata, ”Aku meyakini bahwa aku sedang berada di depan sebuah kebenaran yang tak mungkin berasal dari manusia.”

Sejumlah Ulama Mengutuk Aksi Teror Bom

 

Kejadian teror bom di Surabaya dan tempat-tempat lainnya yang baru-bara saja terjadi cukup kembali membuat semua pihak geram. Berbagai ulama di Indonesia pun menyampaikan bahwa tindakan tersebut tidak dibenarkan dalam agama dan mengutuk siapa pun pelakunya. 

Ustadz Haikal Hassan Bersama Ulama Mendeklarasikan Dukungan Untuk Anies Baswedan Untuk Pilpres 2019

 

Ustadz Haikal Hassan beserta sejumlah ulama melalui 'Gerakan Indonesia untuk Indonesia' hari jumat ini mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di pilpres 2019. 

EKONOMI SYARIAH

Dompet Dhuafa Kirim Dai Ambassador ke Berbagai Negara

 

Dompet Dhuafa akan mengirimkan 25 Dai Ambassador ke berbagai negara selama bulan suci Ramadhan. Tahun ini merupakan kali keenam Dompet Dhuafa melalui Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) mengirimkan dai ke luar negeri secara berturut-turut sejak 2013 

Akhirnya Paytren Fintech Berbasis Syariah Mendapat Izin OJK

 

Ustadz Yusuf Mansur melalui Paytren merupakan salah satu figur contoh tokoh islam, yang selama ini telah berjuang untuk menunjukkan bahwa Umat Islam Indonesia sebagai golongan mayoritas harus menjadi pemain pasar utama di negaranya sendiri. Jangan cuma menjadi penonton atau cuma sebagai target pasar dari para pebisnis non muslim, apalagi pihak negara asing. 

Ethis Crowd Mengenalkan Fintech Crowd Founding Berbasis Syariah Pertama di Dunia

 

Di tengah bangkitnya pilar-pilar ekonomi berbasis syariah, Ethis Crowd mengenalkan fintech crowd founding properti berbasis syariah pertama di dunia.

Aplikasi Muslim Ummah Merupakan Aplikasi Lifestyle Tentang Islam

 

Aplikasi Muslim Ummah merupakan aplikasi lifestyle tentang Islam dan juga pengingat jadwal sholat serta Al Qur’an yang disertai audio untuk pembelajaran Al Quran per ayat. Saat ini Aplikasi Muslim Ummah sudah mencapai ratusan ribu download dengan lebih dari puluhan ribu pengguna aktif setiap hari. 

WIEF Mendorong UKM Berbasis Islam Menjadi Bisnis Masa Depan

 

Forum WIEF berhasil menciptakan komitmen investasi di sektor UMKM senilai US$ 900 juta atau sekitar Rp 11,88 triliun. 

BELAJAR

Sholat Fardhu 5 Waktu

 

Sholat Fardhu (Sholat 5 Waktu) adalah kewajiban medirikan sholat sebanyak lima kali dalam satu hari diwaktu yang telah ditentukan bagi setiap muslim, baik laki laki maupun perempuan. Sholat Fardhu (Sholat 5 Waktu) merupakan rukun kedua dari 'Rukun Islam'. 

Bab: Tentang Perkara-perkara Iman

KITAB: IMAN

Bab: Tentang Perkara-perkara Iman

 

Bab: Seorang muslim adalah orang yang Kaum Muslimin selamat dari lisan dan tangannya

KITAB: IMAN

Bab: Seorang muslim adalah orang yang Kaum Muslimin selamat dari lisan dan tangannya

 

Bab: Keutamaan orang yang memelihara agamanya

KITAB: IMAN

Bab: Keutamaan orang yang memelihara agamanya

 

Bab: Malu bagian dari iman

KITAB: IMAN

Bab: Malu bagian dari iman

 

TAUSIYAH

Jangan Membenci Saat "Yang Berbeda" Bertanya

 

Seseorang bertanya, : "Kenapa Allah menurunkan Agama Yahudi dan Nasrani melalui nabi-nabinya? Jika Islam turun melalui Nabi Muhammad SAW, Bagaimana nasib Nabi-Nabi yang tidak beragama Islam sebelum jaman Rasulullah SAW?"

 

Mintalah Pertolongan Allah

 

Pernahkah kita merasa berada di titik nadir, dimana kesulitan yang kita miliki seolah-olah sudah tidak ada lagi jalan keluarnya?

Bersabar Saat Dalam Kesempitan Rezeki

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Demi Allah, bukanlah kefakiran yang aku takutkan akan menimpamu, namun yang aku takuti ketika dunia dihamparkan kepadamu.”

(HR. Bukhari Muslim)

Balasan Surat Cinta Karena Allah (Berbeda Tetapi Tetap Sayang)

 

Sungguh Allah telah memuliakan kita dengan Islam dan Iman sebagaimana pernyataan sahabat mulia Umar bin Khottob Radiallahu Anhu

Bersabar Saat Dalam Kelapangan Rezeki

 

"Tidaklah mungkin terjadi seorang fakir menderita kelaparan dan kekurangan pakaian, kecuali oleh sebab kebakhilan kaum berpunya. Ingatlah, Allah SWT akan melakukan perhitungan yang teliti dan meminta pertanggungjawaban mereka dan selanjutnya akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih" (HR Ash-Shabuni).

SEJARAH

Nabi Ayyub AS

 

Iblis mengira ketaatan Nabi Ayub AS adalah hanyalah ketaatan untuk mengamankan kondisi ideal sang nabi agar terus dapat hidup dengan segala kenyamanan tersebut.

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

KH. Ahmad Dahlan

 

Pada usia 15 tahun, beliau berhaji sekaligus menuntut ilmu ke Mekah. Selama 5 tahun berguru kepada banyak tokoh besar Islam dunia, beliau juga mulai bersentuhan dengan berbagai pemikiran Islam pembaharu. 

KH. Hasyim Asy'ari

 

Hasyim Asy'arie kemudian memutuskan untuk kembali ke Mekkah dan menetap di sana selama kurang lebih tujuh tahun. Di Mekkah beliau banyak berguru ke ulama-ulama besar baik dari Mekkah sendiri maupun ulama Indonesia. 

REFERENSI

Muhammad Arifin Ilham

 

Muhammad Arifin Ilham lahir di Banjarmasin, 8 Juni 1969; umur 46 tahun) adalah seorang pendakwah atau da’i. Ia mendirikan majelis taklim bernama “Adz-Dzikra” pada tahun 2000. 

Pesantren Daarut Tauhiid – Bandung

 

Inti aktivitas di Daarut Tauhiid adalah di bidang pendidikan, dakwah dan sosial. Namun sebagai sebuah pesantren, maka pesantren Daarut Tauhiid terdapat beberapa keunikan atau kekhasan dibandingkan pesantren lain pada umumnya. 

Khalid Basalamah

 

Ustadz Khalid Basalamah menjalani pendidikan sarjananya di Universitas Islam Madinah lalu melanjutkan S2 di Universitas Mulim Indonesia dan melanjutkan lagi pendidikan S3 di Universitas Tun Abdul Razzak Malaysia.

Turnamen Nasional Panahan Tradisional Horsebow Daarul Qur'an 4 Juni 2017

 

Turnamen Nasional Panahan Tradisional Horsebow Daarul Qur'an 4 Juni 2017 

Muhammad Idrus Ramli

 

Muhammad Idrus Ramli, Pada masa kecilnya belajar al-Qur’an, tajwid, dasar-dasar agama dan gramatika Arab kepada Kiai Nasyith di Pondok Pesantren Nashirul Ulum.  

DOA

Doa Sebelum dan Sesudah Bepegian

 

BISMILLAHI TAWAKALTU 'ALALLAHI LAA HAULA WA LAA QUWATA ILLA BILLAH

Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan

 

Allahuma Baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar.


Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa muslimin.

Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

 

Bismika Allahuma Ahya Wa Amuut.

Alhamdulillahi ladzi Ahyana Ba'da Maa Amaa Tanaa Wa ilaihin Nusyuur.

Doa Sebelum (Niat) dan Sesudah Wudhu

 

Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaaffi ta’aalaa

Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah semata

Doa Sebelum dan Sesudah Masuk Kamar Mandi (WC)

 

ALLAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan