sajada blue mosque 1

 

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), Turki

Masjid Sultan Ahmed (Sultan Ahmed Camii) atau Masjid Biru (Blue Mosque) adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Istanbul, Turki. Sebuah situs wisata populer di Turki yang dibangun antara tahun 1609 dan 1616 selama pemerintahan Ahmed I. 

 

sajada blue mosque 11

Gerbang utama Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque)

 

sajada blue mosque 2

Keindahannya membuat Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque) menjadi tempat tujuan wisata

 

Masjid Biru ini memiliki beberapa bagian area. Sebagaimana pada umumnya masjid, terdapat area untuk menjalankan Ibadah Sholat, terdapat pula Külliye, yaitu area pemakaman berisi makam Ahmed dan keluarga raja lainnya, Madrasah dan Rumah Sakit.

 

sajada blue mosque 9

Memasuki daerah masjid disambut taman-taman yang memanjakan mata.

 

sajada blue mosque 15

Di salah satu sisi masjid terdapat danau.

 

sajada blue mosque 10

Memiliki corak arsitektur khas Eropa yang bercampur dengan Timur Tengah.

 

sajada blue mosque 12

Pilar-pilar khas bangunan Eropa.

 

sajada blue mosque 13

Detail menara bergaya Romawi.

 

Walaupun menjadi tempat wisata populer di Turki, khusus area Ibadah Sholat di Masjid Biru, tempat ini tertutup bagi pengunjung non muslim pada waktu masing-masing pelaksanaan sholat 5 waktu, kurang-lebih selama setengah jam, dimaksudkan untuk menjaga ketenangan dan kekhusu'an umat muslim yang sedang melaksanakan sholat berjamaah.

 

sajada blue mosque 5

Suasana interior dalam Masjid Biru

 

sajada blue mosque 6

Sederetan lampu menggantung mempercantik dan menerangi interior masjid.

 

Masjid Sultan Ahmed dikenal sebagai Masjid Biru karena terdapat karya indah seni susunan keramik (tile) buatan tangan pada bagian interior kubah yang terdapat banyak unsur warna biru dan pada malam hari Masjid Biru ini pun bermandikan cahaya biru dari lampu yang membingkai lima kubah utama masjid , enam menara dan delapan kubah sekundernya.

 

sajada blue mosque 7

Susunan keramik buatan tangan (tile) yang kebiruan.

 

sajada blue mosque 3

Lampu kebiruan membuatnya dikenal juga sebagai Blue Mosque.

 

sajada blue mosque 4

 

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif


 

BERITA

Berbagai Kampus Tawarkan Kemudahan Untuk Penghafal Al Qur'an

 

Bagi remaja muslim penghafal Al Qur'an, yang punya keinginan melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi tapi tidak memiliki biaya, informasi ini bisa menjadi kabar baik.

Mengenal Bank Syariah dan Perkembangannya

 

Keberadaan Bank Syariah masih melahirkan perbedaan pendapat para ulama. Hanya saja jika dibandingkan dengan Bank konvensional tentunya pilihan menggunakan Bank Syariah menjadi pilihan yang lebih tepat. 

Takutnya Musuh Islam Dengan Terjalinnya Ukhuwah Islamiyah

 

Saat ini terlalu banyak kita menyaksikan hal-hal ironis dimana kita sangat mesra dengan mereka yang memusuhi Islam tetapi sangat keras terhadap sesama ahlussunnah waljamaah.

Awas Iklan & Web Bertopeng Islam Mencatut Nama Nabi Isa - Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus

 

Saat berkunjung ke media online islami, pengunjung sering menemukan iklan yang memunculkan wajah Yesus atau Isa Almasih, yang tentunya wajah khayalan versi umat Kristen. Yang menarik didalam iklan tersebut, iklan tersebut, terdapat tulisan-tulisan yaitu penggalan terjemahan dari Alquran surat Alfatihah ayat 6, yaitu : "Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus", "Nama Isa Almasih" hingga "Akulah Jalan Yang Lurus".

 

Jika Dakwah Adalah Kegiatan Marketing

 

Seringkali kita merasa sedang mengajak (berdakwah) padahal kita malah semakin menjauhkan target audiens tersebut kepada Islam. Logika sederhananya adalah, apakah kita akan membeli produk yang dijual oleh sales yang membenci kita? 

TAUSIAH

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

 

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin

Ya Allah Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh.

Diskusi Kedai Kopi 3a (Islam?)

 

"Bukan aku yang harus mendifinisikannya, tapi biarlah Dia yang mengenalkan diri-Nya kepada mu melalui perkataan-Nya dalam kitab suci Al Qur'an yang dititipkan melalui Nabi Muhammad SAW dalam surat Al Ikhlas : 1-4"

 

Matematika Pahala

 

Pengusaha : “Hei panjang kali do'a kau, Ma'in, he he Kalau mau sukses seperti aku, sedekah lah! Gitu kudengar dari ustad", Ujar sang pengusaha sambil terkeh-kekeh yang membuat para bawahannya cuma bisa mesem-mesem saja. 

Jangan Membenci Saat "Yang Berbeda" Bertanya

 

Seseorang bertanya, : "Kenapa Allah menurunkan Agama Yahudi dan Nasrani melalui nabi-nabinya? Jika Islam turun melalui Nabi Muhammad SAW, Bagaimana nasib Nabi-Nabi yang tidak beragama Islam sebelum jaman Rasulullah SAW?"

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Muhammad Zulkifli Ali, LC

 

Jadwal Majelis Taklim Ustadz, Ceramah, Tausiyah  Muhammad Zulkifli Ali, LC 6 - 21 Mei 2017 

BELAJAR ISLAM

Berbagai Metode Menghafal Al Qur'an (Tahfiz)

 

Dengan menghafal, bukankah artinya kita terus mengulang-ulang bacaan sehingga kita banyak mendapat pahala beserta manfaat-manfaat lainnya yang didapat untuk orang yang membaca Al Qur'an. 

Nabi Ayyub AS

 

Iblis mengira ketaatan Nabi Ayub AS adalah hanyalah ketaatan untuk mengamankan kondisi ideal sang nabi agar terus dapat hidup dengan segala kenyamanan tersebut.

Keistimewaan Penghafal Al-Qur’an

 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Subhaanahu wata’ala mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al-Qur’an ini dan merendahkann yang lain dengannya pula.” (H.R. Muslim) 

Cara, Urutan, Bacaan Dan Gerakan Sholat

 

Berikut Urutan, Bacaan dan Gerakan Sholat dengan panduan urutan Berdasarkan urutan 13 Rukun Sholat dan Hal-Hal Sunah yang menyertainya 

Pembagian Hukum Fiqih

Fikih (Fiqh) adalah salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Allah.