sajada blue mosque 1

 

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), Turki

Masjid Sultan Ahmed (Sultan Ahmed Camii) atau Masjid Biru (Blue Mosque) adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Istanbul, Turki. Sebuah situs wisata populer di Turki yang dibangun antara tahun 1609 dan 1616 selama pemerintahan Ahmed I. 

 

sajada blue mosque 11

Gerbang utama Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque)

 

sajada blue mosque 2

Keindahannya membuat Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque) menjadi tempat tujuan wisata

 

Masjid Biru ini memiliki beberapa bagian area. Sebagaimana pada umumnya masjid, terdapat area untuk menjalankan Ibadah Sholat, terdapat pula Külliye, yaitu area pemakaman berisi makam Ahmed dan keluarga raja lainnya, Madrasah dan Rumah Sakit.

 

sajada blue mosque 9

Memasuki daerah masjid disambut taman-taman yang memanjakan mata.

 

sajada blue mosque 15

Di salah satu sisi masjid terdapat danau.

 

sajada blue mosque 10

Memiliki corak arsitektur khas Eropa yang bercampur dengan Timur Tengah.

 

sajada blue mosque 12

Pilar-pilar khas bangunan Eropa.

 

sajada blue mosque 13

Detail menara bergaya Romawi.

 

Walaupun menjadi tempat wisata populer di Turki, khusus area Ibadah Sholat di Masjid Biru, tempat ini tertutup bagi pengunjung non muslim pada waktu masing-masing pelaksanaan sholat 5 waktu, kurang-lebih selama setengah jam, dimaksudkan untuk menjaga ketenangan dan kekhusu'an umat muslim yang sedang melaksanakan sholat berjamaah.

 

sajada blue mosque 5

Suasana interior dalam Masjid Biru

 

sajada blue mosque 6

Sederetan lampu menggantung mempercantik dan menerangi interior masjid.

 

Masjid Sultan Ahmed dikenal sebagai Masjid Biru karena terdapat karya indah seni susunan keramik (tile) buatan tangan pada bagian interior kubah yang terdapat banyak unsur warna biru dan pada malam hari Masjid Biru ini pun bermandikan cahaya biru dari lampu yang membingkai lima kubah utama masjid , enam menara dan delapan kubah sekundernya.

 

sajada blue mosque 7

Susunan keramik buatan tangan (tile) yang kebiruan.

 

sajada blue mosque 3

Lampu kebiruan membuatnya dikenal juga sebagai Blue Mosque.

 

sajada blue mosque 4

 

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif


BERITA

WIEF Mendorong UKM Berbasis Islam Menjadi Bisnis Masa Depan

Forum WIEF berhasil menciptakan komitmen investasi di sektor UMKM senilai US$ 900 juta atau sekitar Rp 11,88 triliun.

Peduli Masyarakat Sekitar, AXA Mandiri dan BAZNAS Salurkan Paket Ramadhan Bahagia

 

Pada tahun 2015 AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah. 

Muslim Go Aplikasi Islami Pertama Dengan Sertifikasi Kemenag RI

 

Muslim Go adalah aplikasi mobile menyediakan berbagai macam layanan yang dibutuhkan oleh kalangan Muslim di Indonesia. Muslim Go hadir dengan fitur untuk penunjuk dan pengingat waktu shalat, Al-Qur’an digital, kalender islam, arah kiblat, mencari masjid terdekat serta restoran halal dan sebagainya. 

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), Turki

Masjid Sultan Ahmed (Sultan Ahmed Camii) atau Masjid Biru (Blue Mosque) adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Istanbul, Turki. Sebuah situs wisata populer di Turki.

Fatwa MUI Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial

 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa hukum dan pedoman bermuamalah melalui media sosial. Fatwa ini mengatur banyak hal, mulai dari cara membuat postingan media sosial cara memverifikasi hingga buzzer.

TAUSIAH

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Adi Hidayat

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Adi Hidayat Mei 2017

Inspirasi Rezeki dari Saudi Arabia

Yang saya heran didalam kemalasan mereka tapi saat Dhuha dan adzan sholat berkumandang, mereka bergegas untuk pergi ke Masjid, tidak ada kompromi. Di balik santai nya mereka, yang kita sebut malas, ternyata mereka adalah orang2 bertaqwa.

Berinteraksi Dengan Al Qur'an

 

Al Qur'an merupakan bukti paling nyata keberadaan Allah Subhanahu Wa ta'ala. Bayangkan, kita diberikan kesempatan membaca satu-satunya buku (kitab) yang selalu dijaga keasliannya yang berisikan ucapan atau kata-kata (Firman) Tuhan (Allah Subhanahu Wa ta'ala).

Ucapan Selamat Saat Idul Fitri dan Jawabannya

 

Saat hari raya idul fitri, kita terbiasa saling mengucapkan selama untuk sesama muslim, lalu bagaimana ucapan yang dicontohkan oleh Rasulullah dan diikuti oleh sahabat Nabi? Bagaimana pula jawabannya?

Pesantren Daarut Tauhiid – Bandung

Inti aktivitas di Daarut Tauhiid adalah di bidang pendidikan, dakwah dan sosial. Namun sebagai sebuah pesantren, maka pesantren Daarut Tauhiid terdapat beberapa keunikan atau kekhasan dibandingkan pesantren lain pada umumnya.

BELAJAR ISLAM

KH. Ahmad Dahlan

Pada usia 15 tahun, beliau berhaji sekaligus menuntut ilmu ke Mekah. Selama 5 tahun berguru kepada banyak tokoh besar Islam dunia, beliau juga mulai bersentuhan dengan berbagai pemikiran Islam pembaharu.

Rukun Iman

Rukun Iman adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang dapat dikatakan beriman. Iman sering diartikan dengan percaya atau secara bahasa berarti tashdiq (membenarkan).

Berbagai Metode Menghafal Al Qur'an (Tahfiz)

 

Dengan menghafal, bukankah artinya kita terus mengulang-ulang bacaan sehingga kita banyak mendapat pahala beserta manfaat-manfaat lainnya yang didapat untuk orang yang membaca Al Qur'an.

 

Hukum Dalam Fiqih

Hukum Dalam Fiqih Terbagi Menjadi Lima

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).