sajada mualaf

 

Mendapatkan Sertifikat Mualaf di Masjid

 

Persyaratan awal bagi non muslim untuk menjadi pemeluk Agama Islam sangatlah mudah, cukup dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. Kemudian setelah menjadi seorang Muslim, tentunya kita harus menjalankan Rukun Islam dan memasuki Islam secara Kaffah (menyeluruh).

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.

Surat Al-Baqarah :208

 

Tentunya banyak hal yang harus dipelajari, sehingga bagi calon mualaf yang ingin mengucapkan dua kalimat syahadat, sebaiknya dilakukan di Masjid dan disaksikan oleh pihak Masjid yang berkompeten, sehingga mualaf akan mendapatkan bimbingan yang benar.

 

Perlukan Sertifikat Mualaf?

Beberapa Masjid di Indonesia telah mengeluarkan sertifikat resmi sebagai bukti bahwa non-muslim yang bersangkutan telah menjadi pemeluk agama Islam, yaitu Sertifikat Mualaf. 

Sertifikat Mualaf ini menjadi penting terutama untuk mereka yang nantinya berniat menikah secara resmi melalui KUA (Kantor Urusan Agama), karena KUA memberlakukan persyaratan tentang adanya Sertifikat Mualaf ini untuk pasangan bakal menikah yang sebelumnya berbeda agama, agar KUA juga dapat menerbitkan buku nikah.

 

Bimbingan Untuk Mualaf Sangat Penting.

Menjadi Mualaf (masuk Islam) sebaiknya tidak dilandasi oleh sekedar sebuah niat untuk dapat menikahi pria atau wanita muslim . Seharusnya menjadi mualaf adalah dilandasi karena keyakinan.Untuk itu sangat diharapkan pihak pengurus masjid yang didatangi oleh para calon atau mualaf juga dapat memberikan bimbingan untuk meluruskan niat yang bersangkutan, memberikan pengetahuan dasar serta pelatihan ibadah-ibadah wajib. 

Terutama untuk pihak-pihak pengurus masjid di Indonesia yang memperoleh kewenangan untuk menerbitkan sertifikat ini (karena memang tidak semua masjid menerbitkan sertifikat ini), agar sertifikat tersebut tidak seolah-olah menjadi selembar kertas yang cuma melegalkan pernikahan beda agama. 

Dengan adanya bimbingan untuk diharapkan para mualaf bisa mempelajari banyak hal yang nantinya sangat dibutuhkan untuk menjalankan ibadah.

 

Berikut adalah beberapa Masjid yang memberikan Sertifikat Mualaf beserta syarat yang diajukan :


Masjid Istiqlal

  • Sudah khitan.
  • Pasfoto 3×4 (3 lembar).
  • Fotokopi paspor (asli dibawa).
  • Materai 6000 (2 lembar).
  • Surat pengantar dari kedutaan.
  • Membawa dua orang saksi Muslim saat ikrar syahadat (boleh pria atau wanita).
  • Prosesi pengislaman dilakukan hari Senin – Sabtu jam 09.00 – 14.30. Hari Minggu dan tanggal merah libur.
  • Sertifikat dikeluarkan pada hari yang sama saat ikrar syahadat.
  • Informasi lengkap hubungi (021) 3868347.

 

Masjid Sunda Kelapa

  • Mualaf wajib mengikuti kelas pembinaan.
  • Sudah khitan.
  • Mengisi surat pernyataan masuk Islam tanpa paksaan yang bermaterai (Form dari masjid).
  • Fotokopi paspor (asli dibawa).
  • Pasfoto ukuran 3×4 (2 lembar) dan 4×6 (2 lembar). Bagi laki-laki pasfoto harus mengenakan batik, calon mualaf dan saksi-saksi harus berpakaian sopan (menutup aurat).
  • Jika agama sebelumnya Kristen atau Katolik, harus menyerahkan surat baptis asli.
  • Semua persyaratan di atas wajib diserahkan ke masjid paling lambat sehari sebelum prosesi pengislaman.
  • Membawa dua orang saksi Muslim saat ikrar syahadat (salah satu saksi harus laki-laki). 
  • Prosesi pengislaman hanya dilakukan Senin – Jumat pada jam kerja.
  • Di hari lainnya wajib mengikuti kelas pembinaan Mualaf sebanyak 4x pertemuan. Namun boleh mengikuti kelas 1x saja pada hari Sabtu dari jam 9 pagi hingga 5 sore.
  • Informasi lengkap hubungi (021) 31934261, 3101287, atau handphone 081646967653.


Masjid Agung Al-Azhar

  • Calon mertua atau wali harus hadir.
  • Sudah khitan.
  • Membuat surat pernyataan masuk Islam bermaterai.
  • Pasfoto ukuran 3×4 (2 lembar) dan 4×6 (2 lembar).
  • Fotokopi paspor (asli dibawa).
  • Surat keterangan dari kedutaan.
  • Membawa dua orang saksi Muslim saat ikrar syahadat (keduanya laki-laki).
  • Fotokopi KTP saksi-saksi (1 lembar).
  • Prosesi pengislaman dilakukan hari Senin – Sabtu pada jam kerja.
  • Sertifikat dikeluarkan pada hari yang sama saat ikrar syahadat.
  • Informasi lengkap hubungi (021) 72783683.

 

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif


 

BERITA

Koreksi Terhadap Pandangan Mainstream Tentang Sejarah Islam Di Indonesia

 

Padahal sejak abad ke 6, agama Islam telah berdampingan bersama agama Hindu & agama Budha di Nusantara telah ada kerajaan-kerajaan Islam jauh sebelum kerajaan Majapahit.

Ustadz Haikal Hassan Bersama Ulama Mendeklarasikan Dukungan Untuk Anies Baswedan Untuk Pilpres 2019

 

Ustadz Haikal Hassan beserta sejumlah ulama melalui 'Gerakan Indonesia untuk Indonesia' hari jumat ini mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di pilpres 2019. 

Aksi Simpatik 55, Jalan Kaki Dari Istiqlal Ke Mahkamah Agung

 

GNPF MUI akan kembali menggelar aksi damai sebagai kelanjutan Aksi Bela Islam 212. Aksi dengan tema "Aksi Simpatik 55" akan di selenggarakan pada tanggal 5 Mei 2017 dimulai dengan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan berjalan kaki ke Mahkamah Agung (MA).

Akhir Dakwah Petinju Legendaris, Muhammad Ali

 

Usai bersyahadat, Petinju legendaris yang dijuluki The Greatest (terbesar), Muhammad Ali berkata, ”Aku meyakini bahwa aku sedang berada di depan sebuah kebenaran yang tak mungkin berasal dari manusia.”

Tata Cara Pengurusan Sertifikat Halal MUI

 

Sertifikat Halal MUI adalah fatwa tertulis Majelis Ulama Indonesia yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syari’at Islam. Sertifikat Halal MUI ini merupakan syarat untuk mendapatkan ijin pencantuman label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. 

TAUSIAH

Bersabar Saat Dalam Kesempitan Rezeki

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Demi Allah, bukanlah kefakiran yang aku takutkan akan menimpamu, namun yang aku takuti ketika dunia dihamparkan kepadamu.”

(HR. Bukhari Muslim)

Mereka Yang Didoakan Oleh Para Malaikat

 

Malaikat pun senantiasa mendoakan manusia, sehingga atas kedudukannya yang mulia, tentunya kita pun berharap menjadi termasuk manusia yang didoakan oleh para malaikat.

Doa Sebelum (Niat) dan Sesudah Wudhu

 

Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaaffi ta’aalaa

Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah semata

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Buya Yahya 27 Mei - 14 Juni 2017

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Buya Yahya 27 Mei - 14 Juni 2017 

Inspirasi Rezeki dari Saudi Arabia

 

Yang saya heran didalam kemalasan mereka tapi saat Dhuha dan adzan sholat berkumandang, mereka bergegas untuk pergi ke Masjid, tidak ada kompromi. Di balik santai nya mereka, yang kita sebut malas, ternyata mereka adalah orang2 bertaqwa.

BELAJAR ISLAM

Keistimewaan Penghafal Al-Qur’an

 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Subhaanahu wata’ala mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al-Qur’an ini dan merendahkann yang lain dengannya pula.” (H.R. Muslim) 

Berbagai Metode Menghafal Al Qur'an (Tahfiz)

 

Dengan menghafal, bukankah artinya kita terus mengulang-ulang bacaan sehingga kita banyak mendapat pahala beserta manfaat-manfaat lainnya yang didapat untuk orang yang membaca Al Qur'an. 

Sumber Ilmu Fiqih

Sumber fiqih adalah dalil-dalil yang dijadikan oleh syariat sebagai hujjah dalam pengambilan hukum. Dalil-dalil ini sebagian disepakati oleh ulama sebagai sumber hukum, seperti Al Qur’an, Sunnah dan Ijma’. Sebagian besar ulama juga menetapkan Qiyas sebagai sumber hukum ke empat setelah tiga sumber di atas

Huruf Hijaiyah

 

Agar bisa membaca Al-Qur’an, kita perlu mengenali huruf-huruf hijaiyah, yang juga merupakan huruf dalam bahasa Arab. 

Mengenal Jenis dan Sejarah Hadist

 

Pada masa awal Rasulullah melarang penulisan hadits agar tidak tercampur dengan periwayatan Al Qur'an. Setelah beberapa waktu, Rasulullah memperbolehkan penulisan hadits dari beberapa orang sahabat.