sajada aliran

 

Sejumlah Ulama Mengutuk Aksi Teror Bom

 

Kejadian teror bom di Surabaya dan tempat-tempat lainnya yang baru-bara saja terjadi cukup kembali membuat semua pihak geram. Berbagai ulama di Indonesia pun menyampaikan bahwa tindakan tersebut tidak dibenarkan dalam agama dan mengutuk siapa pun pelakunya.

Sungguh disayangkan, disaat ghirah persatuan dan ukhuwah Islamiah sedang semakin merapat, saat masjid sudah mulai semakin ramai, saat masjid mulai menjadi aktivitas berbagai kegiatan termasuk politik sebagaimana zaman Rasulullah sallallahu alaihi wasallam. Saat umat islam indonesia yang padahal mayoritas tapi baru belakangan ini mulai tertarik belajar lebih dalam akan agamanya sendiri. Saat ulama-ulama sudah semakin didengarkan umatnya, tiba-tiba terjadilah kejadian teror bom, kejadian yang pada akhirnya akan membuat musuh-musuh islam mendapat "alasan bagus" untuk memadamkan cahaya yang barus saja mulai bersinar.

Untuk kejadian teror bom, pastinya kita semua sepakat untuk mengutuknya. Hanya saja sudah seharusnya sasaran kutukan itu harus menuju kepada pelaku utama atau pemesan tragedi tersebut. Pemesan tragedi tersebut lah yang benar-benar sangat sadis, mereka memanfaatkan "orang-orang yang salah pemahamannya" untuk membunuh "orang-orang tak bersalah" untuk "kepentingan mereka".

Kejadian teror bom ini, walau di alamatkan kepada gereja dan institusi kepolisian tetapi juga sangat merugikan umat muslim yang sedang mulai bersinar tadi.

Tafsir terbalik tentang kata, toleransi, kebhinekaan serta larangan politik di masjid yang selama ini digadang-gadangkan tetapi hanya terjual dipasar golongannya sendiri, akan bisa diangkat sekaligus mengkambing hitamkan cahaya Islam yang mulai bersinar tadi. 

Semoga Allah menghukum pemesan tragedi teror bom ini.

 

Berikut potongan kata (yang telah diringkaskan) dari para alim ulama tentang kejadian tragedi bom tersebut

 

Ustadz Bachtiar Nasir

Innalillahiwainnailaihirojiun
Siapapun pelaku pemboman dibalik ini semua, yang terjadi di gereja Surabaya, anda tidak akan pernah bisa sembunyi, anda tidak akan pernah bisa lari, Allah SWT melihat anda lebih terang dari matahari, dan anda tidak akan pernah bisa mencoreng-moreng wajah islam kami yang damai, yang menginginkan kedamaian, persaudaraan, dan persatuan.

Dan kepada saudara-saudaraku muslimin dan muslimat, hati-hati dengan akun-akun yang menyodorkan kepada anda teori-teori yang sebetulnya asumsi, yang juga anda tidak mengerti,akhirnya membenarkan kejahatan ini, yang akhirnya menimbulkan ujaran kebencian diantara kita. Hati-hati.

Dan kepada saudaraku yang non muslim, terutama yang tertimpa musibah, kita bersaudara,kita selamanya akan terus bersaudara, kita akan terus menjaga perdamaian dan persatuan untuk Indonesia kita ini.

Percayalah Indonesia akan maju kedepan selama kita terus menjaga persaudaraan kita.

 

Ustadz Zulkifli Ali

Hari ini kami mendengar berita yang sangat membuat hancur isi hati kami, yaitu terjadinya peledekakkan terhadap beberapa gereja di Surabaya barusan.

Maka perlu saya ingatkan kepada semua umat islam di seluruh Indonesia dan juga saya beritahukan kepada sahabat-sahabat, saudara-saudara dan teman-teman kami dari agama kristen dan sebagainya.

Bahwa didalam Islam membunuh satu nyawa yang tidak dibenarkan menurut Allah, rasulnya dan ajaran agama ini, maka sama dengan membunuh selruh manusia dimuka bumi ini dosanya.

Para panglima-panglima perang dikirim oleh Rasulullah SAW, dikirim oleh para khulafah Rasyidin, pesan yang terbesar adalah jangan sampai ada gereja yang dihancurkan, jangan ada pohon-pohon yang dirusak dan dibinasakan, jangan ada pendeta-pendeta yang ditumpahkan darahnya, bahkan wajib dilindungi. Anak-anak, wanita-wanita, orang-orang lemah dan sebagainya....

Maka peledakan yang terjadi dipastikan bukan dari umat Islam, kalau ada dari umat Islam, maka Islam berlepas diri daripadanya. Maka kami menyatakan mengutuk dengan keras apapun tindak kekerasan yang menyebabkan hancurnya rumah-rumah ibadah, tumpahnya darah dari umat manusia.

Kepada para pelaku, semoga Allah menghancurkan hidupmu seperti engkau menghancurkan rumah-rumah ibadah dan menumpahkan darah, semoga Allah menumpahkan masa depanmu ke dalam neraka jahanam.

Dan kepada umat kristen, sesuangguhnya kami dan seluruh umat islam, ikut berduka dan merasa luka terhadap apa yang terjadi dan Islam tidak mengajarkan yang demikian, Islam mengharamkan terorisme dalam bentuk apapun.


Ustadz Arifin Ilham

kami sangat prihatin, sangat sedih terjadi lagi teror di negeri yang sangat kita cintai.

Ketahuilah, kaum muslim adalah kaum yang damai dan mendamaikan. Syriat Jihad itu ada dua. Jihad Perang di wilayah perang, Jihad Dakwah di wilayah damai.
Indonesia adalah wilayah damai bukan wilayah perang, tunjukan kemulian akhlak dengan dakwah, jangan mengundang fitnah, kita bukan teroris, selamatkan siapa pun yang ada di negeri ini, tunjukkan kita menghormati perbedayaan keyakinan.

Rasulullah SAW mengingatkan, jangan berkhianat, jangan berlaku kasar kepada saudara mukmin, jangan sadis kepada musuh, jangan membunuh anak-anak, wanita dan orang-orang tua.

Agama ini agama yang mulia, tunjukkan kemuliaan akhlak. Semoga semua korban Allah ampuni

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif

 

Baca Juga :

Doa-Doa Para Nabi & Rasul


BERITA

Mereka Yang Disematkan Predikat Intoleran dan Anti Kebhinekaan

 

Mereka Yang Disematkan Predikat Intoleran dan Anti Kebhinekaan

Imam Syafi’i : ” Perhatikanlah panah-panah musuh (ditujukan kepada siapa) maka akan menunjukimu siapa pengikut kebenaran”.

Ustadz Haikal Hassan Bersama Ulama Mendeklarasikan Dukungan Untuk Anies Baswedan Untuk Pilpres 2019

 

Ustadz Haikal Hassan Bersama Ulama Mendeklarasikan Dukungan Untuk Anies Baswedan Untuk Pilpres 2019

Ustadz Haikal Hassan beserta sejumlah ulama melalui 'Gerakan Indonesia untuk Indonesia' hari jumat ini mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di pilpres 2019. 

Koreksi Terhadap Pandangan Mainstream Tentang Sejarah Islam Di Indonesia

 

Koreksi Terhadap Pandangan Mainstream Tentang Sejarah Islam Di Indonesia

Padahal sejak abad ke 6, agama Islam telah berdampingan bersama agama Hindu & agama Budha di Nusantara telah ada kerajaan-kerajaan Islam jauh sebelum kerajaan Majapahit.

Wujudkan Indonesia Sebagai Kiblat fashion Muslim Dunia

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Potensi ini harus menjadi sebuah modal awal untuk melangkah sebagai pemain terdepan.

Merangkul Generasi Online Mengenal Agamanya


Jika pada saat era televisi saja, serbuan pengaruh pemikiran yang jauh dari agama sudah sedemikian menjauhkan umat dari agamanya, apalagi generasi muda era media online yang lebih sulit lagi mengkontrolnya.

TAUSIAH

Syafiq Basalamah

Merupakan alumni Pesantren Islam Al Irsyad Bondowoso. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya ke Universitas Islam Madinah, dengan predikat “Summa Cumlaude”.

Yusuf Mansyur

Yusuf Mansur adalah seorang tokoh pendakwah, penulis buku dan pengusaha dari Betawi, sekaligus pimpinan dari pondok pesantren Daarul Quran Ketapang, Cipondoh, Tangerang dan pengajian Wisata Hati.

Jadwal Khatib Sholat Ied Bachtiar Nasir

Jadwal Sholat Ied Bachtiar Nasir Minggu 25 Juni 2017

Muhammad Syafii Antonio

Muhammad Syafii Antonio adalah seorang muslim keturunan Tiong Hoa yang menjadi pakar ekonomi syariah di Indonesia.

Diskusi Kedai Kopi 3a (Islam?)

"Bukan aku yang harus mendifinisikannya, tapi biarlah Dia yang mengenalkan diri-Nya kepada mu melalui perkataan-Nya dalam kitab suci Al Qur'an yang dititipkan melalui Nabi Muhammad SAW dalam surat Al Ikhlas : 1-4"

BELAJAR ISLAM

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Pembagian Hukum Fiqih Ibadah

Ibadat dalam ilmu fiqih terbagi atas 5 bab, yaitu Thaharah, sholat, puasa, zakat dan haji

Rukun Iman

Rukun Iman adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang dapat dikatakan beriman. Iman sering diartikan dengan percaya atau secara bahasa berarti tashdiq (membenarkan).

Keistimewaan Penghafal Al-Qur’an

 

Keistimewaan Penghafal Al-Qur’an

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Subhaanahu wata’ala mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al-Qur’an ini dan merendahkann yang lain dengannya pula.” (H.R. Muslim) 

Berbagai Metode Menghafal Al Qur'an (Tahfiz)

 

Berbagai Metode Menghafal Al Qur'an (Tahfiz)

Dengan menghafal, bukankah artinya kita terus mengulang-ulang bacaan sehingga kita banyak mendapat pahala beserta manfaat-manfaat lainnya yang didapat untuk orang yang membaca Al Qur'an.