sajada musa laode

 

Musa, Penghafal AlQur'an Termuda Musabaqoh Hifzil Quran Internasional

Memiliki anak yang soleh merupakan dambaan dan kebanggaan setiap orang tua muslim. Musa La Ode Hanafi, tidak hanya membuat orang tuanya bangga, tetapi juga membuat warga muslim Indonesia sangat bangga.

Musa merupakan peserta termuda, yaitu berusia tujuh tahun dimana peserta lainnya berusia diatas sepuluh tahun dalam Musabaqoh Hifzil Quran Internasional kategori 30 juz untuk anak-anak di Sharm El-Sheikh, yang deselenggarakan oleh Departemen Endowment Mesir, April 2016 di Mesir.

Tidak hanya sebagai penghafal Al Qur'an termuda, Musa pun menjadi juara ke-3, setelah menjawab dengan sempurna pertanyaan-pertanyaan juri, sheikh Helmy Gamal, Wakil Ketua Mesir Quraa Union.

Bahkan walaupun menduduki rangking ke-3 tetapi Musa memenangkan simpati para juri dan penonton. Bagaimana tidak, Seorang Mentri dari Mesir, Prof. Dr. Mohammed Mochtar Gomma menyatakan keheranannya terhadap bocah tujuh tahun yang bukan berasal dari negara yang berbahasa Arab tetapi bisa menghafalkan Al Qur'an dan beliau pun menyampaikan pujian Presiden Mesir, Abdel Fattah Al Sisi kepada Musa.

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan Musa melalui akun sosial media facebook dan twitter pribadinya. "Kita bangga dg prestasi Musa La Ode Abu Hanafi, hafidz 7 tahun di Musabaqah Hifzil Quran Internasional di Mesir".

Musa bahkan sudah membuat publik tercengang disaat usia lima tahun. Pada acara Hafiz Indonesia, Musa telah mengatakan hafal 29 juz yang membuat penonton tertawa, ternyata begitu dilakukan test, Musa dapat membuktikannya sehingga membuat penonton terkesima.

Keberhasilan Musa ini tak lepas dari rahmat Allah atas ikhtiar orang tua Musa, La Ode Abu Hanafi. Beliau memberikan beberapa tips untuk para orang tua yang anaknya ingin mengikuti keberhasilan Musa, yaitu :

1. Kunci paling penting adalah Murajaahnya alias mengulang-ulang hafalan.

2. Menjaga atau membatasi segala pengaruh buruk dari luar, seperti pergaulan yang salah dan siaran televisi yang tidak membawa manfaat.

3. Memberikan nutrisi yang baik sehingga memperkuat kecerdasan dalam menghafal, seperti kurma dan madu.

4. Menjadwalkan rutinitas islami yang mendukung proses menghafal serta disiplin (istiqomah), seperti :

  • Bangun setengah jam sebelum waktu Subuh
  • Jam 10 pagi hingga waktu Dhuhur, saatnya tidur siang
  • Waktu Dhuhur hingga waktu Ashar, menambah hafalan baru, - Setelah Ashar, menghafal Bulughul Maram (Kumpulan hadist pilihan yang terkait dengan hukum Islam, rujukan utama fikih dari Mazhab Syafi'i)
  • Jam 5 sore hingga waktu Maghrib, waktu bermain
  • Waktu Maghrib hingga waktu Isya, mengikuti majelis taqlim bersama Ayahnya sambil memberikan kesempatan bagi jamaah untuk mengetes hafalan Musa.

5. Musa tidak masuk sekolah umum karena langsung dipegang oleh ayahnya (Home Schooling)

Begitulah cara orang tua Musa, La Ode Abu Hanafi mencetak penghafal AlQur'an muda yang telah menginspirasi kita, para orang tua untuk memiliki anak yang dapat menghafal Al Qur'an.

Ternyata peran langsung orang tua dalam membimbing anak merupakan kunci sukses, semoga kita semua, para orang tua dapat menuntun anak-anak kita dalam sukses dunia dan akhirat.

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif 

 

BERITA

Fakta Pertumbuhan Muslim di Eropa & Amerika serikat

 

Merupakan sebuah fakta yang menakjubkan, disaat Islam seringkali diberikan label negatif oleh propaganda media-media barat, diwaktu yang sama pula, Islam malah tumbuh dengan secara signifikan diberbagai Negara-Negara maju di Eropa dan Ameria Serikat. 

Masa Depan Rusia Akan Menjadi Milik Pemeluk Islam

 

Saksikanlah, barisan jutaan umat manusia yang beribadah dengan sangat teratur dan mengikuti shaf mereka masing-masing, dan hal itu tidak perlu diajarkan. Mereka berbaris dengan tertib tanpa harus diperintah.

Akhirnya Paytren Fintech Berbasis Syariah Mendapat Izin OJK

 

Ustadz Yusuf Mansur melalui Paytren merupakan salah satu figur contoh tokoh islam, yang selama ini telah berjuang untuk menunjukkan bahwa Umat Islam Indonesia sebagai golongan mayoritas harus menjadi pemain pasar utama di negaranya sendiri. Jangan cuma menjadi penonton atau cuma sebagai target pasar dari para pebisnis non muslim, apalagi pihak negara asing. 

Peduli Masyarakat Sekitar, AXA Mandiri dan BAZNAS Salurkan Paket Ramadhan Bahagia

 

Pada tahun 2015 AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah. 

RA. Kartini, Tafsir Al Qur'an dan KH. Saleh Darat

 

Mengenai agamaku, Islam, aku harus menceritakan apa? Bagaimana aku dapat mencintai agamaku, jika aku tidak mengerti dan tidak boleh memahaminya?"

TAUSIAH

Islamic Book Fair 2017 3-7 Mei 2017

 

Islamic Book Fair (IBF) ke-16 tahun 2017 merupakan Pameran buku Islam terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara itu digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, 3-7 Mei 2017. 

Hijab Fashion Parade

 

Hijab Fashion Parade
Kamis, 15 Juni 2017
Hotel Sari Pan Pasific, Istana Ballroom. Jakarta 

Ucapan Selamat Saat Idul Fitri dan Jawabannya

 

Saat hari raya idul fitri, kita terbiasa saling mengucapkan selama untuk sesama muslim, lalu bagaimana ucapan yang dicontohkan oleh Rasulullah dan diikuti oleh sahabat Nabi? Bagaimana pula jawabannya?

Yahya Zainul Ma'arif | Buya Yahya

 

Yahya Zainul Ma'arif yang lebih akrab disapa Buya Yahya, ladalah pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Cirebon. 

Ali Jaber

 

Syekh Ali Jaber sudah menghatamkan hafalan Al Quran nya pada usia 10 tahun dan kemudian sudah diamanahkan untuk menjadi imam masjid di Madinah sejak usia 13 tahun. 

BELAJAR ISLAM

Huruf Hijaiyah

 

Agar bisa membaca Al-Qur’an, kita perlu mengenali huruf-huruf hijaiyah, yang juga merupakan huruf dalam bahasa Arab. 

Pembagian Hukum Fiqih Ibadah

Ibadat dalam ilmu fiqih terbagi atas 5 bab, yaitu Thaharah, sholat, puasa, zakat dan haji

Mengenal Jenis dan Sejarah Hadist

 

Pada masa awal Rasulullah melarang penulisan hadits agar tidak tercampur dengan periwayatan Al Qur'an. Setelah beberapa waktu, Rasulullah memperbolehkan penulisan hadits dari beberapa orang sahabat.

Rukun Iman

Rukun Iman adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang dapat dikatakan beriman. Iman sering diartikan dengan percaya atau secara bahasa berarti tashdiq (membenarkan).

Imam Bukhari

 

Imam Bukhari adalah ahli hadits yang termasyhur diantara para ahli haditsUntuk mengumpulkan dan menyeleksi hadits shahih, Bukhari menghabiskan waktu selama 16 tahun untuk mengunjungi berbagai kota guna menemui para perawi hadits.