sajada blue mosque 1

 

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), Turki

Masjid Sultan Ahmed (Sultan Ahmed Camii) atau Masjid Biru (Blue Mosque) adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Istanbul, Turki. Sebuah situs wisata populer di Turki yang dibangun antara tahun 1609 dan 1616 selama pemerintahan Ahmed I. 

 

sajada blue mosque 11

Gerbang utama Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque)

 

sajada blue mosque 2

Keindahannya membuat Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque) menjadi tempat tujuan wisata

 

Masjid Biru ini memiliki beberapa bagian area. Sebagaimana pada umumnya masjid, terdapat area untuk menjalankan Ibadah Sholat, terdapat pula Külliye, yaitu area pemakaman berisi makam Ahmed dan keluarga raja lainnya, Madrasah dan Rumah Sakit.

 

sajada blue mosque 9

Memasuki daerah masjid disambut taman-taman yang memanjakan mata.

 

sajada blue mosque 15

Di salah satu sisi masjid terdapat danau.

 

sajada blue mosque 10

Memiliki corak arsitektur khas Eropa yang bercampur dengan Timur Tengah.

 

sajada blue mosque 12

Pilar-pilar khas bangunan Eropa.

 

sajada blue mosque 13

Detail menara bergaya Romawi.

 

Walaupun menjadi tempat wisata populer di Turki, khusus area Ibadah Sholat di Masjid Biru, tempat ini tertutup bagi pengunjung non muslim pada waktu masing-masing pelaksanaan sholat 5 waktu, kurang-lebih selama setengah jam, dimaksudkan untuk menjaga ketenangan dan kekhusu'an umat muslim yang sedang melaksanakan sholat berjamaah.

 

sajada blue mosque 5

Suasana interior dalam Masjid Biru

 

sajada blue mosque 6

Sederetan lampu menggantung mempercantik dan menerangi interior masjid.

 

Masjid Sultan Ahmed dikenal sebagai Masjid Biru karena terdapat karya indah seni susunan keramik (tile) buatan tangan pada bagian interior kubah yang terdapat banyak unsur warna biru dan pada malam hari Masjid Biru ini pun bermandikan cahaya biru dari lampu yang membingkai lima kubah utama masjid , enam menara dan delapan kubah sekundernya.

 

sajada blue mosque 7

Susunan keramik buatan tangan (tile) yang kebiruan.

 

sajada blue mosque 3

Lampu kebiruan membuatnya dikenal juga sebagai Blue Mosque.

 

sajada blue mosque 4

 

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif

 

BERITA

Berbagai Sudut Menarik Yang Terlewatkan di Masjidil Haram

 

Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi adalah masjid terbesar di dunia. Saking besarnya, kita mungkin tidak sempat menjelajahi seluruh bagian masjid. 

Mendapatkan Sertifikat Mualaf di Masjid

 

Sertifikat Mualaf ini menjadi penting untuk mereka yang berniat menikah secara resmi melalui KUA (Kantor Urusan Agama), karena KUA memberlakukan persyaratan. 

Muslim Go Aplikasi Islami Pertama Dengan Sertifikasi Kemenag RI

 

Muslim Go adalah aplikasi mobile menyediakan berbagai macam layanan yang dibutuhkan oleh kalangan Muslim di Indonesia. Muslim Go hadir dengan fitur untuk penunjuk dan pengingat waktu shalat, Al-Qur’an digital, kalender islam, arah kiblat, mencari masjid terdekat serta restoran halal dan sebagainya. 

Wujudkan Indonesia Sebagai Kiblat fashion Muslim Dunia

 

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Potensi ini harus menjadi sebuah modal awal untuk melangkah sebagai pemain terdepan. 

Saat Majelis Ilmu Dibubarkan, Siapa Yang Diuntungkan?

 

Jika sahabat Rasulullah SAW yang bertemu dan mendapat gemblengan langsung dari Rasulullah SAW saja bisa berbeda pendapat, apalagi umat Islam saat ini yang jenjang waktunya sangat jauh dari masa Rasulullah SAW.

TAUSIAH

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan

 

Allahuma Baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar.


Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa muslimin.

Jadwal Khatib Sholat Ied Bachtiar Nasir

 

Jadwal Sholat Ied Bachtiar Nasir Minggu 25 Juni 2017 

Doa Saat Menghadapi Masalah

 

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits 

Diskusi Kedai Kopi 1 (Tuhan?)

 

"Kau percaya benda-benda mati itu bisa menciptakan sesuatu tetapi sementara kau menolak setengah mati, bahwa ada “Sesuatu yang Maha Cerdas” yang kebetulan tidak kau kenal karena tak bisa kau lihat, yang telah menciptakan alam semesta dan segala isinya termasuk makhluk hidup hanya karena kita menyebutnya dengan istilah “Tuhan?

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

 

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin

Ya Allah Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh.

BELAJAR ISLAM

Silsilah Garis Keturunan 25 Nabi dan Rasul

 

Menurut pendapat para ulama, jumlah Nabi dan Rasul sangatlah banyak, dikatakan bahwa jumlah nabi mencapai hingga 124.000 orang. 

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Keistimewaan Penghafal Al-Qur’an

 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Subhaanahu wata’ala mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al-Qur’an ini dan merendahkann yang lain dengannya pula.” (H.R. Muslim) 

Berbagai Metode Menghafal Al Qur'an (Tahfiz)

 

Dengan menghafal, bukankah artinya kita terus mengulang-ulang bacaan sehingga kita banyak mendapat pahala beserta manfaat-manfaat lainnya yang didapat untuk orang yang membaca Al Qur'an. 

Syarat Sah Sholat

 

Untuk melaksanakan Sholat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar sholat yang kita lakukan menjadi sah atau  diterima oleh Allah SWT.