sajada beasiswa tahfiz

Berbagai Kampus Tawarkan Beasiswa Untuk Penghafal Al Qur'an

 

Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya Allah mengangkat sebagian kaum berkat kitab ini (al-Quran), dan Allah menghinakan kaum yang lain, juga karena al-Quran.”

(HR. Ahmad 237 & Muslim 1934).

 

Bagi remaja muslim penghafal Al Qur'an, yang punya keinginan melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi tapi tidak memiliki biaya, informasi ini bisa menjadi kabar baik, rupanya di Indonesia telah banyak Perguruan Tinggi negeri maupun swasta yang menawarkan beasiswa, berikut kampus-kampus yang bisa anda tuju.

 

1. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret atau yang lebih dikenal dengan UNS Solo membuka penerimaan beasiswa melalui banyak jalur. Salah satu jalur tersebut adalah Ketentuan Khusus UNS (Ketentuan Khusus UNS Jalur SNMPTN). Syarat jalur ini di antaranya Hafidzul Qur’an (Penghafal Al Qur’an, minimal 15 juz) yang dinyatakan dengan ”sertifikat tahfidz” dari lembaga berkompeten yang memiliki kredibilitas tinggi (pada 2 tahun terakhir).

UNS memberikan kredit atau nilai tambahan untuk pelamar yang memiliki kemampuan menghafal Al Quran (hafidz). Hafal 30 juz disetarakan dengan juara olimpiade internasional. Khususnya bagi yang melamar fakultas kedokteran akan dapat poin tambahan. Saat ini ada sekitar lima orang hafidz 30 juz yang 
berstatus mahasiswa FK UNS. Kemampuan menghafal Alquran membutuhkan IQ di atas rata-rata. Saat ini ada sekitar 50 orang komunitas hafidz di UNS yang 
masuk ke sejumlah fakultas di UNS.

 

2. Universitas Negeri Malang (UNM)

Universitas Negeri Malang (UM) membuka jalur khusus bagi calon mahasiswa yang hafal Alquran. Selain jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, UM juga 
menerima calon mahasiswa baru melalui jalur prestasi. Sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan adalah prestasi bidang akademik, prestasi non akademik, 
seni, ketrampilan, dan keagamaan.

UM menerima siswa dengan kompetensi istimewa yaitu juara MTQ, seni grafis, atau hafal minimal 20 juz Alquran. Mereka dapat masuk UM tanpa tes dan bebas 
memilih program studi yang ada di kampus ini. Saat ini, UM memiliki 68 program studi yang meliputi prodi kependidikan dan non-kependidikan.

Universitas Negeri Malang (UM) membuka jalur khusus bagi calon mahasiswa yang hafal Alquran. Selain jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, UM juga 
menerima calon mahasiswa baru melalui jalur prestasi.

Penerimaan calon mahasiswa baru jalur prestasi diatur oleh Keputusan Rektor Nomor 1.2.47/UN32/KM/2016. Sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan adalah 
prestasi bidang akademik, prestasi non akademik, seni, ketrampilan, dan keagamaan.

UM menerima siswa dengan kompetensi istimewa yaitu juara MTQ, seni grafis, atau hafal minimal 20 juz Alquran. Mereka dapat masuk UM tanpa tes dan bebas 
memilih program studi yang ada di kampus ini. Saat ini, UM memiliki 68 program studi yang meliputi prodi kependidikan dan non-kependidikan.

Proporsi kuota mahasiswa baru 40 persen dari jalur SNMPTN, 30 persen jalur SBMPTN, dan 30 persen jalur mandiri. Adapun jalur mandiri terbagi atas jalur tertulis dan prestasi. UM, lanjut Rofi’uddin, tidak memberikan batasan tertentu dalam menerima hafiz dan hafizah yang masuk melalui jalur prestasi.

 

3. Universitas Jambi (UNJA)

Universitas Jambi (Unja) menggelar "karpet merah" bagi siswa lulusan SMA/SMK/MA penghapal Alquran (hafiz) 30 juz untuk masuk perguruan tinggi negeri itu tanpa melalui tahapan seleksi.

"Kebijakan Rektor Universitas Jambi memberikan fasilitas khusus bagi hafiz Alquran 30 juz untuk masuk Unja tanpa seleksi dan tes apapun. Mereka bisa memilih fakultas dan jurusan manapun sesuai dengan program studi di sekolah asal masing-masing," kata Kepala Humas Universitas Jambi Akbar Kurnia Putra di Jambi, dilansir Antara, Rabu, 1 Februari 2017.

Rektor Unja Johni Najwan beberapa waktu lalu juga menegaskan komitmen perguruan tinggi yang dipimpinnya itu untuk memberikan fasilitas khusus bagi hafiz Alquran 30 juz.

Penerimaan mahasiswa tahun 2017 merupakan tahun kedua bagi universitas negeri satu-satunya di Kota Jambi itu menerima hafiz Alquran 30 juz menjadi mahasiswa baru tanpa melalui jalur seleksi.

Pada penerimaan mahasiswa tahun 2016 lalu, Unja menerima sebanyak tujuh hafiz Alquran 30 juz. Mereka tersebar di beberapa fakultas di sini. Tahun 2017 ini diharapkan bisa lebih banyak lagi hafiz Al Quran yang bergabung di Unja.

Sementara itu, Universitas Jambi pada penerimaan mahasiswa baru 2017-2018 akan menerima sebanyak 6.500 mahasiswa baru. Selain melalui jalur jalur khusus hafiz Quran 30 juz, juga melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Masuk Bersama (UMB) Unja.

 

4. Universitas Andalas (UNAND)

Universitas yang terletak di Padang, Sumatera Barat ini menerima mahasiswa baru dari kalangan hafizh atau penghafal Al-Quran. Peluang penerimaan mahasiswa hafizh tersebut berdasarkan permintaan program studi (prodi) dan tidak semua hafizh bisa masuk Unand, ada kategori tertentu untuk bisa masuk.

Persyaratannya adalah harus hafal Alquran minimal 5 Juz, nilai rapor yang bagus, berperilaku baik, lulusan SMA/SMK baru atau fresh graduate.

Proses seleksi tersebut merupakan otoritas kampus termasuk indikator pembanding dalam proses memasukkan, ini tetap mengikuti prosedur dan ketentuan SNMPTN.

 

5. Universitas Airlangga (UNAIR)

Drs. Djoko Adi Prasetyo, M.si, perwakilan dari Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR, juga menyampaikan bahwa tahun depan UNAIR siap membuka 
tes masuk melalui hafalan Al quran bagi calon mahasiswa yang memang hafal lebih dari 20 juz.

 

6. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Menindaklanjuti dari Dinas Pendidikan Jabar, surat bertanggal 27 September 2016 itu menyebutkan sejumlah persyaratan khusus untuk memperoleh beasiswa di Unpad.

Sayaratnya adalah memiliki KTP dan kartu keluarga Jabar, calon penerima beasiswa adalah mahasiswa S1 dengan IPK 3,00, dan mahasiswa S2 dan S3 dengan IPK 3,25.

Persyaratan lainnya: "Prioritas mahasiswa berprestasi di bidang hafal Alquran minimal lima juz, olah raga, seni 
budaya, sains, teknologi dan komunikasi."

 

7. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka)

UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta memberikan kesempatan kepada hafidz Quran untuk menjadi mahasiswa UIN Suka tanpa tes. Calon mahasiswa yang dapat diterima tanpa tes minimal sudah harus hafal Al Quran 26 juz. Selain hafal Quran, kampus ini juga membuka pendaftaran tanpa tes bagi calon mahasiswa yang pernah menjadi juara Qori Nasional atau Olimpiade Sains Nasional (OSN).

 

8. Universitas Abdurrab Pekanbaru (UNIVRAB)

Setiap tahun Yayasan UNIVRAB telah mengalokasikan beasiswa sebesar Rp 450 juta bagi 12 mahasiswa berprestasi selain para hafidz Al Quran, maka 
penerima beasiswa juga berasal dari aktivis. Rencananya tahun 2016 program yang sama juga akan diterapkan.

 

9. Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA)

Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang pada Tahun Akademik 2017/2018 memberikan kesempatan kepada Siswa/Siswi kelas III SMA/SMK/MA yang berprestasi di bidang Akademik, Karya Ilmiah, Seni olah raga dan Hafidz Al Qur’an untuk menjadi mahasiswa UNISSULA melalui program penelusuran siswa berprestasi (PSB) BEBAS TES dan BEBAS BIAYA PENDAFTARAN DI UNISSULA.

 

10. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA)

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya membuka beasiswa penghafal Al-Quran untuk 180 calon mahasiswa untuk gratis berkuliah jenjang S1.

Rektor Uinsa Prof Abd A’la mengatakan, saat ditemui di kampusnya, Kamis(14/7/2016) mengatakan untuk mendapatkan input mahasiswa yang berkualitas dan sebagai kampus yang berbasis agama Islam tahun ini pihaknya membuka program beasiswa penghafal Al-Quran.

"Beasiswa yang diberikan bagi calon mahasiswa hafal Al-Quran berupa bebas uang kuliah tunggal (UKT) selama 8 semester. Syarat beasiswa ini, para hafidz tidak harus hafal Al Quran secara keseluruhan atau 30 juz, namun cukup 5 juz saja tetapi untuk jurusan tafsir minimal 10 juz atau mampu membaca kitab kuning. Selain itu ditambah dengan hafalan 50 hadis dan tes keterampilan tambahan berupa kaligrafi dan qori.

Pilihan jurusan untuk beasiswa hafal Al Quran ini juga cukup banyak, setidaknya ada 12 jurusan yang bisa diambil.

Diantaranya adalah pengembangan masyarakat islam, manajemen dakwa, hukum pidana, perbandingan mazhab hukum, zakat dan wakaf, ilmu falak, filsafat agama, perbandingan agama, ilmu hadis, ilmu aqidah, ilmu Al Quran dan tafsir serta akhlaq dan tasawwuf.

 

11. UNPAS

Dimulai tahun 2016 lalu Unpas memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang tahfidz Quran. Bagi yang hafal seluruh surat (30 juz) Quran, maka mahasiswa yang bersangkutan dibebaskan dari kewajiban membayar biaya kuliah. Hal itu diumumkan Rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp., M.Si., M.Kom. pada saat pelaksanaan kegiatan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017. 

Pengecekan terhadap hafalan Quran—istilahnya murojaah, dilaksanakan sekitar dua jam, di ruang rapat Rektor Unpas Jl. Setiabudhi 193 Bandung. Selain pihak LPPSI, Rektor Unpas dan para Wakil Rektor pun diberi kesempatan untuk menyampaikan tes terhadap mahasiswa yang bersangkutan.

Pengecekan dilakukan melalui tiga cara. Pertama, mengecek hafalan setiap juz pada dua ayat pertama dan dua ayat terakhir. Kedua, pengecekan secara acak untuk surat-surat Quran yang dinilai tingkat kesulitan membacanya tinggi. Ketiga, surat-surat pada juz 29 dan 30 yang biasanya digunakan pada bacaan sholat. Selain itu, ada juga surat yang harus disampaikan keseluruhan, misalnya Yaasiin dan Ar-Rahman.

 

Selain perguruan tinggi tersebut masih banyak perguruan tinggi lain yang bisa ditanyakan langsung kepada pihak kampus yang akan anda tuju.

Mengingat kebijakan dari kampus selalu mengalami dinamika perubahan, diharapkan pembaca untuk melakukan pengecekan ulang saat ingin mendapat beasiswa melalui jalur tahfiz (penghapal Al Qur'an)

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif

Baca Juga :

Keistimewaan Penghafal Al-Qur’an

Yang Muda Yang Cinta Al Qur'an

Musa, Penghafal AlQur'an Termuda Musabaqoh Hifzil Quran Internasional

Berbagai Metode Menghafal Al Qur'an

Berbagai Kampus Tawarkan Beasiswa Untuk Penghafal Al Qur'an

Berinteraksi Dengan Al Qur'an

Alqur'an dan Science

BERITA

Akhirnya Paytren Fintech Berbasis Syariah Mendapat Izin OJK

 

Ustadz Yusuf Mansur melalui Paytren merupakan salah satu figur contoh tokoh islam, yang selama ini telah berjuang untuk menunjukkan bahwa Umat Islam Indonesia sebagai golongan mayoritas harus menjadi pemain pasar utama di negaranya sendiri. Jangan cuma menjadi penonton atau cuma sebagai target pasar dari para pebisnis non muslim, apalagi pihak negara asing. 

Kenali Kelompok & Aliran Dalam Islam di Indonesia

"Sesungguhnya ummatku akan terpecah menjadi 72 (tujuh puluh dua) golongan, yang semuanya berada di Neraka, kecuali satu golongan".

Perang Pemikiran (Ghowzhul Fikri)

 

Islam memimpin dunia saat umatnya berpegang teguh pada ajaran agamanya dan menjadi bulan-bulanan di saat jauh dari ajaran agamanya. Sementara justru bangsa-bangsa Eropa merebut kepimipinan dunia saat mereka menjadi sekuler (Zaman Renaissance) dan hidup dalam kegelapan saat menggunakan ajaran-ajaran agamanya untuk urusan dunia.

Takutnya Musuh Islam Dengan Terjalinnya Ukhuwah Islamiyah

Saat ini terlalu banyak kita menyaksikan hal-hal ironis dimana kita sangat mesra dengan mereka yang memusuhi Islam tetapi sangat keras terhadap sesama ahlussunnah waljamaah.

Mengejar Ilmu Dari Media Sosial, Amankah?

 

Ada hal yang harus kita ingat, di dalam dunia maya, siapa pun bisa menulis apa saja dan bisa membuat video apa saja. Tentunya butuh kehati-hatian dalam menerima informasi. 

TAUSIAH

Jadwal Khatib Sholat Ied Ustadz Subhan Bawazier 25 Juni 2017

Jadwal Khatib Sholat Ied Ustadz Subhan Bawazier 25 Juni 2017

Adab di Hari Raya

Hari raya bagi seorang muslim bukan sekedar berbahagia dan bersenang-senang tetapi justru merupakan momen untuk semakin menguatkan hubungan dengan Allah Subhana WaTa’ala

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Syekh Ali Jaber 11 Juni 2017

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Syekh Ali Jaber 2017

Bachtiar Nasir

Ustadz Bachtiar Nasir, Lc. MM, adalah seorang Da’i dan Ulama’ yang sangat sering mengkaji dan mendalami Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Ia juga tercatat pernah menjadi Pengurus Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan

Allahuma Baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar.


Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa muslimin.

BELAJAR ISLAM

Kisah Nabi Musa & Wanita Penzina

Malaikat Jibril lalu bertanya, “Mengapa engkau menolak seorang wanita yang hendak bertaubat dari dosanya? Tidakkah engkau tahu dosa yang lebih besar daripadanya?

Cara, Urutan, Bacaan Dan Gerakan Sholat

Berikut Urutan, Bacaan dan Gerakan Sholat dengan panduan urutan Berdasarkan urutan 13 Rukun Sholat dan Hal-Hal Sunah yang menyertainya

Pembagian Hukum Fiqih Ibadah

Ibadat dalam ilmu fiqih terbagi atas 5 bab, yaitu Thaharah, sholat, puasa, zakat dan haji

Syarat Awal Memeluk Agama Islam

Dengan menyatakan Dua Kalimat Syahadat, insya Allah orang tersebut sudah termasuk sebagai seorang muslim (untuk laki-laki) atau muslimah (untuk wanita). Kesaksian ini sebaiknya disaksikan dan dibimbing oleh beberapa orang muslim yang memiliki pengetahuan agama islam yang baik agar orang tersebut mendapat tuntunan.

Mengenal Jenis dan Sejarah Hadist

 

Pada masa awal Rasulullah melarang penulisan hadits agar tidak tercampur dengan periwayatan Al Qur'an. Setelah beberapa waktu, Rasulullah memperbolehkan penulisan hadits dari beberapa orang sahabat.