sajada ukhuwah

 

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial 

 

Media Sosial merupakan sebuah alat sebagaimana pisau atau alat-alat lainnya. Pisau bisa saja digunakan menjadi alat untuk menodong tetapi bisa juga menjadi alat untuk membantu pekerjaan sehari-hari.

Kehadiran media sosial juga bisa menjadi sesuatu yang cuma membuang waktu, tetapi bisa juga menjadi tempat mencari ilmu.

Walaupun tentunya mencari ilmu dengan menghadiri secara langsung majelis ilmu tentunya lebih baik, tetapi dengan kehadiran media sosial, membuat kita dapat mengisi kekosongan kita akan ilmu saat menjalani rutinitas sehari-hari.

Para pedagang yang menunggu pembeli tidak lagi jenuh, karena bisa memutar video ceramah dan membaca artikel tentang ilmu agama dari link yang sering di sebarkan lewat media sosial.

Para pekerja yang biasanya mendengarkan musik sambil bekerja bisa menggantinya dengan mendengar suara ceramah walau tanpa menonton videonya, agar kita bisa mendapat dua manfaat sekaligus, pekerjaan beres, ilmu juga bertambah.

Begitu juga para ibu rumah tangga, petugas jaga, penumpang kendaraan umum dan sebagainya. Waktu luang yang biasanya terbuang kini dapat terisi oleh ilmu yang bermanfaat.

 

Tidak Semua Informasi Itu Benar Sekaligus Tidak Semua Informasi Itu Salah 

Ada hal yang harus kita ingat, di dalam dunia maya, siapa pun bisa menulis apa saja dan bisa membuat video apa saja. Tentunya butuh kehati-hatian dalam menerima informasi. Filter satu-satunya adalah diri kita sendiri. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah :

Seringkali kita temukan judul artikel atau video ceramah yang kontroversi padahal isinya tidak sesuai judul.

Ada pula yang bertujuan untuk mengadu domba antar pengikut ulama yang berbeda pendapat. Mereka membuat Konten video yang sengaja diambil sepotong-potong, seolah-olah para ulama itu bicara bergantian dalam satu majelis, atau seolah-olah video-video itu saling menyikapi pembicaraan antara satu dengan yang lain.

Ada pula yang bertujuan untuk menjatuhkan nama dan kredibelitas ulama. Mereka mencari-cari ucapan kepeleset untuk dibesar-besarkan atau mengambil potongan singkat yang maknanya akan berbeda saat didengarkan secara utuh.

Ada pula yang bertujuan untuk memanfaatkan ceramah ulama untuk mendukung sudut pandang pembuatnya tetapi juga mengambil potongan singkat yang maknanya akan berbeda saat didengarkan secara utuh.

Maka sebaiknya para ulama atau pendakwah punya media sosial resmi sendiri, agar para pencari ilmu terutama yang masih suka informasi instan tidak tersasar ke jebakan artikel atau video dari "pihak yang tidak senang" akan ghirah (semangat) belajar agama dari masyarakat Indonesia yang sedang tinggi-tingginya.

Sebagai insan yang haus akan ilmu agama, kita pun semestinya tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang seperti itu.

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif

 


 

BERITA

Perang Pemikiran (Ghowzhul Fikri)

 

Islam memimpin dunia saat umatnya berpegang teguh pada ajaran agamanya dan menjadi bulan-bulanan di saat jauh dari ajaran agamanya. Sementara justru bangsa-bangsa Eropa merebut kepimipinan dunia saat mereka menjadi sekuler (Zaman Renaissance) dan hidup dalam kegelapan saat menggunakan ajaran-ajaran agamanya untuk urusan dunia.

Fakta Pertumbuhan Muslim di Eropa & Amerika serikat

 

Merupakan sebuah fakta yang menakjubkan, disaat Islam seringkali diberikan label negatif oleh propaganda media-media barat, diwaktu yang sama pula, Islam malah tumbuh dengan secara signifikan diberbagai Negara-Negara maju di Eropa dan Ameria Serikat. 

Koreksi Terhadap Pandangan Mainstream Tentang Sejarah Islam Di Indonesia

 

Padahal sejak abad ke 6, agama Islam telah berdampingan bersama agama Hindu & agama Budha di Nusantara telah ada kerajaan-kerajaan Islam jauh sebelum kerajaan Majapahit.

Yang Muda Yang Cinta Al Qur'an

 

Saat ini terjadi fenomena yang mudah-mudahan menjadi momentum mencapai kembalinya kejayaan Islam, dimana banyak para generator pembangkit Islam yang mencoba mengembalikan rasa cinta dengan AlQur'an. 

Lembaga Keuangan Syariah

 

Sistem Keuangan syariah adalah suatu sistem keuangan, seperti perbankan, asuransi dan sebagainya yang pelaksanaannya dilakukan berdasarkan hukum Islam (syariah).  

TAUSIAH

Doa-Doa Para Nabi & Rasul

 

Doa Nabi Adam 

“Robbana zholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin“  

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Buya Yahya 27 Mei - 14 Juni 2017

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Buya Yahya 27 Mei - 14 Juni 2017 

Diskusi Kedai Kopi 3a (Islam?)

 

"Bukan aku yang harus mendifinisikannya, tapi biarlah Dia yang mengenalkan diri-Nya kepada mu melalui perkataan-Nya dalam kitab suci Al Qur'an yang dititipkan melalui Nabi Muhammad SAW dalam surat Al Ikhlas : 1-4"

 

Doa Sebelum dan Sesudah Bepegian

 

BISMILLAHI TAWAKALTU 'ALALLAHI LAA HAULA WA LAA QUWATA ILLA BILLAH

Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan

 

Allahuma Baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar.


Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa muslimin.

BELAJAR ISLAM

Berbagai Metode Menghafal Al Qur'an (Tahfiz)

 

Dengan menghafal, bukankah artinya kita terus mengulang-ulang bacaan sehingga kita banyak mendapat pahala beserta manfaat-manfaat lainnya yang didapat untuk orang yang membaca Al Qur'an. 

Imam Bukhari

 

Imam Bukhari adalah ahli hadits yang termasyhur diantara para ahli haditsUntuk mengumpulkan dan menyeleksi hadits shahih, Bukhari menghabiskan waktu selama 16 tahun untuk mengunjungi berbagai kota guna menemui para perawi hadits.

Syarat Sah Sholat

 

Untuk melaksanakan Sholat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar sholat yang kita lakukan menjadi sah atau  diterima oleh Allah SWT. 

Mengenal Sifat Allah

Sifat Allah itu tidak terhitung atau tidak mungkin terdefinisi oleh ilmu manusia yang terbatas.

Hanya saja para ulama terdahulu mencoba membuat metode membatasi sifat Allah yang kita kenal dengan "20 sifat wajib" agar kita dapat lebih mudah mengenal Allah melalui sifat-Nya.

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).