KH Ma'ruf Amin : Perbedaan Ditoleransi, Penyimpangan Diamputasi

sumber PBNU

 

KH Ma'ruf Amin (Rais 'Aam PBNU) saat berceramah pada peresmian Masjid Roudhotul Muchlisin di Jember, Jawa Timur, menyampaikan bahwa "Perbedaan adalah sebuah keniscayaan, sebab, manusia memang diciptakan berbeda, karena itu, Islam sangat menghargai adanya perbedaan asalkan perbedaan itu tidak menyangkut aqidah."


Beliau mengatakan pula bahwa, "Perbedaan memang tidak bisa diingkari, termasuk dalam satu agama, tidak masalah, bahkan itu merupakan rahmat bagi umat Islam."

Beliau menegaskan bahwa "Perbedaan ditoleransi, penyimpangan diamputasi."

"Perbedaan dan penyimpangan adalah dua hal berbeda. Kalau perbedaan, wilayahnya menyangkut hal-hal yang bersifat furu'iyah".

"NU, Muhammadiyah dan MUI bisa bebeda dalam menyikapi suatu persoalan hukum yang terkait dengan masalah non-aqidah, tetapi jika sudah menyangkut masalah aqidah, itu namanya penyimpangan sehingga tidak ada toleransi apa pun."

"Selama ini di Indonesia terjadi banyak penyipangan aqidah dan itu harus menjadi musuh bersama umat Islam."

Beliau memberikan contoh pula bahwa, "Aliran yang dibawa Ahmad Mushaddiq dan Lia Aminuddin, yang mengaku pernah ketemu dan mendapat wahyu dari malaikat Jibril.

KH Ma'ruf Amin ternyata pernah mendatangi Lia Aminuddin dan bertanya bukti soal petemuannya dengan malaikat Jibril.

Lia Aminuddin menjawab sambil menunjukkan tulisan yang berbentuk puisi, "Ini buktinya."

KH Ma'ruf Amin berkata, "Penyimpangan yang lain, misalnya munculnya pemikiran-pemikiran liberal, sekularisme dan tekstualisme, kemudian muncul pemikiran untuk mengamandemen ayat-ayat Al-Qur’an, karena dinilai sudah tidak sesuai dengan zaman."

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif


 

BERITA

Koreksi Terhadap Pandangan Mainstream Tentang Sejarah Islam Di Indonesia

 

Padahal sejak abad ke 6, agama Islam telah berdampingan bersama agama Hindu & agama Budha di Nusantara telah ada kerajaan-kerajaan Islam jauh sebelum kerajaan Majapahit.

Mengejar Ilmu Dari Media Sosial, Amankah?

 

Ada hal yang harus kita ingat, di dalam dunia maya, siapa pun bisa menulis apa saja dan bisa membuat video apa saja. Tentunya butuh kehati-hatian dalam menerima informasi. 

Saatnya Untuk Kemandirian Ekonomi Umat Islam di Indonesia

 

Walaupun Indonesia disebut sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia tetapi justru tak berdaya dan diperdaya untuk mengkonsumsi produk-produk dan jasa yang tidak jelas status kehalalannya. 

Upaya Memisahkan Islam Dengan Politik

 

Snouck Hurgronje menegaskan bahwa yang berada di belakang perang dahsyat Aceh dengan Belanda adalah para Ulama, Islam harus dianggap sebagai faktor negatif.

Awas Iklan & Web Bertopeng Islam Mencatut Nama Nabi Isa - Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus

 

Saat berkunjung ke media online islami, pengunjung sering menemukan iklan yang memunculkan wajah Yesus atau Isa Almasih, yang tentunya wajah khayalan versi umat Kristen. Yang menarik didalam iklan tersebut, iklan tersebut, terdapat tulisan-tulisan yaitu penggalan terjemahan dari Alquran surat Alfatihah ayat 6, yaitu : "Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus", "Nama Isa Almasih" hingga "Akulah Jalan Yang Lurus".

 

TAUSIAH

Jangan Membenci Saat "Yang Berbeda" Bertanya

 

Seseorang bertanya, : "Kenapa Allah menurunkan Agama Yahudi dan Nasrani melalui nabi-nabinya? Jika Islam turun melalui Nabi Muhammad SAW, Bagaimana nasib Nabi-Nabi yang tidak beragama Islam sebelum jaman Rasulullah SAW?"

 

Doa-Doa Para Nabi & Rasul

 

Doa Nabi Adam 

“Robbana zholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin“  

Yusuf Mansyur

 

Yusuf Mansur adalah seorang tokoh pendakwah, penulis buku dan pengusaha dari Betawi, sekaligus pimpinan dari pondok pesantren Daarul Quran Ketapang, Cipondoh, Tangerang dan pengajian Wisata Hati.

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Khalid Basalamah 8 Juni - 11 Juni 2017

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz  Khalid Basalamah 8 Juni - 11 Juni 2017 

Adab di Hari Raya

 

Hari raya bagi seorang muslim bukan sekedar berbahagia dan bersenang-senang tetapi justru merupakan momen untuk semakin menguatkan hubungan dengan Allah Subhana WaTa’ala

BELAJAR ISLAM

Sholat Fardhu 5 Waktu

 

Sholat Fardhu (Sholat 5 Waktu) adalah kewajiban medirikan sholat sebanyak lima kali dalam satu hari diwaktu yang telah ditentukan bagi setiap muslim, baik laki laki maupun perempuan. Sholat Fardhu (Sholat 5 Waktu) merupakan rukun kedua dari 'Rukun Islam'. 

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Nabi Ayyub AS

 

Iblis mengira ketaatan Nabi Ayub AS adalah hanyalah ketaatan untuk mengamankan kondisi ideal sang nabi agar terus dapat hidup dengan segala kenyamanan tersebut.

Syarat Sah Sholat

 

Untuk melaksanakan Sholat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar sholat yang kita lakukan menjadi sah atau  diterima oleh Allah SWT. 

Rukun Islam

Rukun adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi, jadi Rukun Islam adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang muslim atau muslimat.