sajada aliran

 

Sejumlah Ulama Mengutuk Aksi Teror Bom

 

Kejadian teror bom di Surabaya dan tempat-tempat lainnya yang baru-bara saja terjadi cukup kembali membuat semua pihak geram. Berbagai ulama di Indonesia pun menyampaikan bahwa tindakan tersebut tidak dibenarkan dalam agama dan mengutuk siapa pun pelakunya.

Sungguh disayangkan, disaat ghirah persatuan dan ukhuwah Islamiah sedang semakin merapat, saat masjid sudah mulai semakin ramai, saat masjid mulai menjadi aktivitas berbagai kegiatan termasuk politik sebagaimana zaman Rasulullah sallallahu alaihi wasallam. Saat umat islam indonesia yang padahal mayoritas tapi baru belakangan ini mulai tertarik belajar lebih dalam akan agamanya sendiri. Saat ulama-ulama sudah semakin didengarkan umatnya, tiba-tiba terjadilah kejadian teror bom, kejadian yang pada akhirnya akan membuat musuh-musuh islam mendapat "alasan bagus" untuk memadamkan cahaya yang barus saja mulai bersinar.

Untuk kejadian teror bom, pastinya kita semua sepakat untuk mengutuknya. Hanya saja sudah seharusnya sasaran kutukan itu harus menuju kepada pelaku utama atau pemesan tragedi tersebut. Pemesan tragedi tersebut lah yang benar-benar sangat sadis, mereka memanfaatkan "orang-orang yang salah pemahamannya" untuk membunuh "orang-orang tak bersalah" untuk "kepentingan mereka".

Kejadian teror bom ini, walau di alamatkan kepada gereja dan institusi kepolisian tetapi juga sangat merugikan umat muslim yang sedang mulai bersinar tadi.

Tafsir terbalik tentang kata, toleransi, kebhinekaan serta larangan politik di masjid yang selama ini digadang-gadangkan tetapi hanya terjual dipasar golongannya sendiri, akan bisa diangkat sekaligus mengkambing hitamkan cahaya Islam yang mulai bersinar tadi. 

Semoga Allah menghukum pemesan tragedi teror bom ini.

 

Berikut potongan kata (yang telah diringkaskan) dari para alim ulama tentang kejadian tragedi bom tersebut

 

Ustadz Bachtiar Nasir

Innalillahiwainnailaihirojiun
Siapapun pelaku pemboman dibalik ini semua, yang terjadi di gereja Surabaya, anda tidak akan pernah bisa sembunyi, anda tidak akan pernah bisa lari, Allah SWT melihat anda lebih terang dari matahari, dan anda tidak akan pernah bisa mencoreng-moreng wajah islam kami yang damai, yang menginginkan kedamaian, persaudaraan, dan persatuan.

Dan kepada saudara-saudaraku muslimin dan muslimat, hati-hati dengan akun-akun yang menyodorkan kepada anda teori-teori yang sebetulnya asumsi, yang juga anda tidak mengerti,akhirnya membenarkan kejahatan ini, yang akhirnya menimbulkan ujaran kebencian diantara kita. Hati-hati.

Dan kepada saudaraku yang non muslim, terutama yang tertimpa musibah, kita bersaudara,kita selamanya akan terus bersaudara, kita akan terus menjaga perdamaian dan persatuan untuk Indonesia kita ini.

Percayalah Indonesia akan maju kedepan selama kita terus menjaga persaudaraan kita.

 

Ustadz Zulkifli Ali

Hari ini kami mendengar berita yang sangat membuat hancur isi hati kami, yaitu terjadinya peledekakkan terhadap beberapa gereja di Surabaya barusan.

Maka perlu saya ingatkan kepada semua umat islam di seluruh Indonesia dan juga saya beritahukan kepada sahabat-sahabat, saudara-saudara dan teman-teman kami dari agama kristen dan sebagainya.

Bahwa didalam Islam membunuh satu nyawa yang tidak dibenarkan menurut Allah, rasulnya dan ajaran agama ini, maka sama dengan membunuh selruh manusia dimuka bumi ini dosanya.

Para panglima-panglima perang dikirim oleh Rasulullah SAW, dikirim oleh para khulafah Rasyidin, pesan yang terbesar adalah jangan sampai ada gereja yang dihancurkan, jangan ada pohon-pohon yang dirusak dan dibinasakan, jangan ada pendeta-pendeta yang ditumpahkan darahnya, bahkan wajib dilindungi. Anak-anak, wanita-wanita, orang-orang lemah dan sebagainya....

Maka peledakan yang terjadi dipastikan bukan dari umat Islam, kalau ada dari umat Islam, maka Islam berlepas diri daripadanya. Maka kami menyatakan mengutuk dengan keras apapun tindak kekerasan yang menyebabkan hancurnya rumah-rumah ibadah, tumpahnya darah dari umat manusia.

Kepada para pelaku, semoga Allah menghancurkan hidupmu seperti engkau menghancurkan rumah-rumah ibadah dan menumpahkan darah, semoga Allah menumpahkan masa depanmu ke dalam neraka jahanam.

Dan kepada umat kristen, sesuangguhnya kami dan seluruh umat islam, ikut berduka dan merasa luka terhadap apa yang terjadi dan Islam tidak mengajarkan yang demikian, Islam mengharamkan terorisme dalam bentuk apapun.


Ustadz Arifin Ilham

kami sangat prihatin, sangat sedih terjadi lagi teror di negeri yang sangat kita cintai.

Ketahuilah, kaum muslim adalah kaum yang damai dan mendamaikan. Syriat Jihad itu ada dua. Jihad Perang di wilayah perang, Jihad Dakwah di wilayah damai.
Indonesia adalah wilayah damai bukan wilayah perang, tunjukan kemulian akhlak dengan dakwah, jangan mengundang fitnah, kita bukan teroris, selamatkan siapa pun yang ada di negeri ini, tunjukkan kita menghormati perbedayaan keyakinan.

Rasulullah SAW mengingatkan, jangan berkhianat, jangan berlaku kasar kepada saudara mukmin, jangan sadis kepada musuh, jangan membunuh anak-anak, wanita dan orang-orang tua.

Agama ini agama yang mulia, tunjukkan kemuliaan akhlak. Semoga semua korban Allah ampuni

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif

 

Baca Juga :

Doa-Doa Para Nabi & Rasul


BERITA

Saat Majelis Ilmu Dibubarkan, Siapa Yang Diuntungkan?

Jika sahabat Rasulullah SAW yang bertemu dan mendapat gemblengan langsung dari Rasulullah SAW saja bisa berbeda pendapat, apalagi umat Islam saat ini yang jenjang waktunya sangat jauh dari masa Rasulullah SAW.

Menyelami Berisiknya "Aksi 212"

Apakah benar ketenangan dan kedamaian kita dalam berbangsa sedang diganggu oleh sekelompok orang yang "berisik" yang sedang memaksakan keinginan politiknya?

Upaya Memisahkan Islam Dengan Politik

Snouck Hurgronje menegaskan bahwa yang berada di belakang perang dahsyat Aceh dengan Belanda adalah para Ulama, Islam harus dianggap sebagai faktor negatif.

Ustadz Haikal Hassan Bersama Ulama Mendeklarasikan Dukungan Untuk Anies Baswedan Untuk Pilpres 2019

 

Ustadz Haikal Hassan beserta sejumlah ulama melalui 'Gerakan Indonesia untuk Indonesia' hari jumat ini mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di pilpres 2019. 

Aplikasi Muslim Ummah Merupakan Aplikasi Lifestyle Tentang Islam

 

Aplikasi Muslim Ummah merupakan aplikasi lifestyle tentang Islam dan juga pengingat jadwal sholat serta Al Qur’an yang disertai audio untuk pembelajaran Al Quran per ayat. Saat ini Aplikasi Muslim Ummah sudah mencapai ratusan ribu download dengan lebih dari puluhan ribu pengguna aktif setiap hari. 

TAUSIAH

Adab di Hari Raya

Hari raya bagi seorang muslim bukan sekedar berbahagia dan bersenang-senang tetapi justru merupakan momen untuk semakin menguatkan hubungan dengan Allah Subhana WaTa’ala

Jangan Membenci Saat "Yang Berbeda" Bertanya

Seseorang bertanya, : "Kenapa Allah menurunkan Agama Yahudi dan Nasrani melalui nabi-nabinya? Jika Islam turun melalui Nabi Muhammad SAW, Bagaimana nasib Nabi-Nabi yang tidak beragama Islam sebelum jaman Rasulullah SAW?"

Islamic Book Fair 2017 3-7 Mei 2017

Islamic Book Fair (IBF) ke-16 tahun 2017 merupakan Pameran buku Islam terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara itu digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, 3-7 Mei 2017.

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Buya Yahya 27 Mei - 14 Juni 2017

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Buya Yahya 27 Mei - 14 Juni 2017

Muhammad Idrus Ramli

Muhammad Idrus Ramli, Pada masa kecilnya belajar al-Qur’an, tajwid, dasar-dasar agama dan gramatika Arab kepada Kiai Nasyith di Pondok Pesantren Nashirul Ulum. 

BELAJAR ISLAM

Pembagian Hukum Fiqih

Fikih (Fiqh) adalah salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Allah.

Mahzab Ulama Fiqih

Mazhab menurut ulama fiqih, adalah sebuah metodologi fiqih khusus yang dijalani oleh seorang ahli fiqih mujtahid, yang berbeda dengan ahli fiqih lain, yang menghantarkannya memilih sejumlah hukum dalam kawasan ilmu furu'. Ini adalah pengertian mazhab secara umum.

Silsilah Garis Keturunan 25 Nabi dan Rasul

Menurut pendapat para ulama, jumlah Nabi dan Rasul sangatlah banyak, dikatakan bahwa jumlah nabi mencapai hingga 124.000 orang. 

Rukun Sholat

Rukun Shalat adalah setiap perkataan atau perbuatan yang akan membentuk hakikat shalat. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka shalat pun tidak sah.

Keistimewaan Penghafal Al-Qur’an

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Subhaanahu wata’ala mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al-Qur’an ini dan merendahkann yang lain dengannya pula.” (H.R. Muslim)