sajada aliran2

 

Kenali Kelompok & Aliran Dalam Islam di Indonesia 

 

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah BERSAUDARA, maka damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat”

(QS. Al-Hujuraat: 10)

 

فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

Kemudian jika kalian berselisih pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul-Nya (As-Sunnah), jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagi kalian) dan lebih baik akibatnya”

(Qs. An-Nisaa’: 59)

 

Alkisah ada seseorang yang sedang bersemangat ingin mengenal Islam. Dia pun mendatangi berbagai majelis taklim, menonton berbagai ceramah di dunia maya dan mengamati berbagai komentar di sosial media yang ada kaitan dengan agama dan sebagainya.

Akhirnya (sebut saja) Fulan menemukan suatu ceramah yang dimana dia merasa cocok dengan dengan penjabaran sang penceramah tersebut. Fulan pun rajin menyimak kajian-kajian dari (sebut saja) Ustadz A tersebut.

Kemudian untuk memperlebar wawasannya tentang Islam, Fulan pun mencari penceramah lainnya. Ternyata dalam ceramah (sebut saja) Ustadz B, apa yang selama ini Fulan pelajari dari Ustadz A adalah salah menurut Ustadz B.

Untungnya Fulan tidak berputus asa atas kebingungannya, dia terus mencari berbagai sumber lainnya. Semakin dia memperlebar wawasannya ternyata semakin banyak lagi perbedaan yang dia dapati. Bahkan perbedaan-perbedaan itu kadang diwarnai oleh hujatan.

Ini adalah sekelumit kisah yang mungkin banyak dihadapi oleh Fulan-Fulan lainnya dalam mengenal Agama.

Pertarungan pemikiran sudah dimulai sejak eksistensi Tuhan. Setelah meyakini eksistensi Tuhan, Fulan harus mencari agama yang benar. Setelah menemukan Islam sebagai agama yang benar, Fulan pun ternyata masih harus berhadapan dengan mana aliran Islam yang benar?

 


Benarkah Islam terbagi atas kelompok-kelompok atau aliran-aliran?

 

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ بَنِيْ إِسْرَائِيْلَ اِفْتَرَقَتْ عَلَى إِحْدَى وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً وَإِنَّ أُمَّتِيْ سَتَفْتَرِقُ عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً كُلُّهَا فِي النَّارِ إِلاَّ وَاحِدَةً؛ وَهِيَ الْجَمَاعَةُ

Dari Anas bin Malik, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya Bani Israil terpecah menjadi 71 (tujuh puluh satu) golongan, dan sesungguhnya ummatku akan terpecah menjadi 72 (tujuh puluh dua) golongan, yang semuanya berada di Neraka, kecuali satu golongan, yakni “al-Jama’ah.”

(HR Ibnu Majah no. 3993)


Menurut hadist tersebut, Al Jama'ah (Ahlusssunnah Wal Jama'ah) adalah satu-satunya golongan yang selamat. Lalu yang mana yang termasuk Ahlusssunnah Wal Jama'ah?

Bukan pada tempatnya, jika kami yang menjawab, kami hanya berikhtiar untuk menghadirkan guidance (tuntunan) dari para ulama dalam mencari kebenaran dan tentunya hanya kepada Allah lah kita berharap agar kita berada didalam kebenaran.

Para ulama bersepakat, apapun nama kelompoknya, baik berbentuk organisasi atau bukan organisasi, selama mereka bersandar pada Al Qur'an dan Hadist maka mereka adalah Ahlusssunnah Wal Jama'ah.

Sementara, jika mengaku sebagai kelompok islam tetapi menyimpang dari Al Qur'an dan Hadist maka itu adalah kelompok sesat.


فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

“Jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.”

(QS. An Nisa: 59).


عليكم بسنتي وسُنَّةِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ المَهْدِييْنَ مِنْ بَعْدِي ، تَمَسَّكُوا بها، وعَضُّوا عليها بالنَّوَاجِذِ ،وإيَّاكُم ومُحْدَثَاتِ الأمورِ؛ فإِنَّ كلَّ بدعةٍ ضلالةٌ

“Wajib bagi kalian untuk berpegang pada sunnahku dan sunnah khulafa ar rasyidin sepeninggalku. Peganglah ia erat-erat, gigitlah dengan gigi geraham kalian. Jauhilah dengan perkara (agama) yang diada-adakan karena setiap bid’ah adalah kesesatan”
(HR. At Tirmidzi no. 2676)


Berikut kriteria aliran sesat yang dikemukakan MUI tahun 2007

  1. Mengingkari salah satu dari rukun iman yang 6.
  2. Meyakini dan atau mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan Al-Quran dan sunnah.
  3. Meyakini turunnya wahyu setelah Al-Quran.
  4. Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Al-Quran.
  5. Melakukan penafsiran Al-Quran yang tidak berdasarkan kaidah-kaidah tafsir.
  6. Mengingkari kedudukan hadis nabi sebagai sumber ajaran Islam.
  7. Menghina, melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul.
  8. Mengingkari Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir.
  9. Mengubah, menambah dan atau mengurangi pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan oleh syariah, seperti haji tidak ke baitullah, shalat wajib tidak 5 waktu.
  10. Mengkafirkan sesama muslim tanpa dalil syar'i seperti mengkafirkan muslim hanya karena bukan kelompoknya.


Saat ini di Indonesia, kita mengenal berbagai kelompok, baik yang berbentuk organisasi maupun yang bukan organisasi, yang dianggap ahlussunnah Waljama'ah, yaitu :

1. Nahdatul Ulama

  • Bentuk : Organisasi Resmi
  • Pemimpin : K. H. Hasyim Asy'ariy (1947)
  • Aktif sejak : 31 Januari 1926

Pendapat :

  • Mempertahankan dan mengembangkan paham Ahlus Sunnah di Indonesia
  • Menegakkan syariat Islam menurut haluan Ahlus Sunnah wal Jama'ah, dalam hal ini 4 Madzhab terbesar : Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hanbali
  • Dalam tasawuf mengikuti paham Abul Qasim Junaidi Al-Bagdadiy

2. Muhammadiyah

  • Bentuk : Organisasi Resmi
  • Pemimpin : K.H. Achmad Dahlan (nama asli:Muhammad Darwis,1868-1923)
  • Aktif mulai : 1912

Pendapat :

  • Mengembalikan umat Islam pada agama Islam yang sebenarnya yaitu kembali pada Al-Quran dan Hadits
  • Mengikis habis bid'ah, kufarat, takhayul, dan klenik
  • Membuka pintu ijtihad dan membunuh taqlid yang membabi buta


3. Hizbut Tahrir

  • Bentuk : Organisasi Resmi di Indonesia bernama HTI
  • Pendiri : Syekh Taqiyuddin An-Nabhahani
  • Berdiri : 1953 di Al-Quds, Jerussalem sebagai partai politik Islam
  • Pemimpin pertama : Abdurahman Albagdadi
  • Aktif sejak : 1982-1983

Pendapat :

  • Menggagas terbentuknya negara Islam sedunia alias khilafah islamiyah
  • Demokrasi itu tidak Islami karena demokrasi adalah kedaulatan itu di tangan rakyat. Implikasinya hak membuat hukum ada di tangan rakyat, bukan di tangan Allah. Jika demikian. Maka demokrasi itu bertentangan dengan Islam yang mengakui hak membuat hukum itu hanya milik Allah.


4. Front Pembela Islam (FPI)

  • Bentuk : Organisasi Resmi
  • Pemimpin pertama : KH Cecep Bustomi
  • Pemimpin sekarang : Habib Rizieq Syihab
  • Aktif sejak : 17 Agustus 1998

Pendapat :

  • Mempertahankan dan mengembangkan paham Ahlus Sunnah di Indonesia.
  • Menegakkan Amar Ma'ruf dan Nahi Munkar

 

5. Jemaah Tabligh

  • Bentuk : Non Organisasi
  • Jama'ah Tabligh Di Indosesia berkembang sejak l952,
  • dibawa oleh rombongan dari India yang dipimpin oleh Miaji Isa. Tapi gerakan ini mulai marak pada awal 1970- an.
  • Mereka menjadikan masjid sebagai pusat aktivitasnya. Berdakwah dari pintu ke pintu.

 

6. Wahabi

  • Bentuk : Non Organisasi
  • Agak berbeda, penyebutan nama Wahabi justru bukan dari kelompok mereka sendiri, bahkan mereka tidak merasa membentuk kelompok. Ada juga yang menyebut mereka dengan nama salafi.
  • Pendiri : Muhammad bin Abdul Wahab (1702-1787) di Saudi Arabia.
  • Dalam Munjid disebutkan bahwa tariqat mereka dinamai Al-Muhammadiyyah dan fiqih mereka berpegang pada madzhab Hanbali diseuaikan dengan tafsir Ibnu Taimaiyyah.

Pendapat :

  • Berpegang teguh pada kemurnian Alqur'an dan hadist.

 


7. Dan sebagainya.

 

Semua kelompok-kelompok ini, walaupun terdapat perbedaan pendapat tetapi dianggap tidak menyimpang dari inti dari keyakinan (aqidah), sehingga dianggap oleh para ulama di Indonesia, kelompok-kelompok ini berada di jalur ahlussunnah Waljama'ah yang berpegang pada Al Qur'an dan hadist (Wallahu a’lam bish-shawab).

 

Adapula kelompok yang keberadaannya menimbulkan kontroversi, yaitu :

1. Syi'ah

Mayoritas ulama di Indonesia menentang karena banyak pendapat dari syi'ah yang bertentangan dengan aqidah ahlussunnah Waljama'ah.

Tetapi ada pula segelintir ulama yang membelanya, karena menganggap syi'ah sendiri memiliki cabang-cabang, dimana ada cabang yang masih sejalan dengan aqidah Ahlussunnah Waljama'ah. (Lalu bagaimana jika ada aliran-aliran sesat lain yang memiliki cabang yang sejalan, apakah lantas menjadi tidak sesat?) 

Mereka juga beralasan karena masih diizinkannya aliran Syi'ah menunaikan ibadah haji di mekkah. (Padahal mereka diizinkan karena mereka datang dengan passport resmi negara. Mereka tentu tidak mencantumkan identitas agama mereka dengan nama Syiah, melainkan Islam, kehadiran orang Syi'ah di tanah suci Mekkah pun sering kali membuat masalah dengan melakukan ritual-ritual yang tidak umum dan mereka pun lebih meyakini tanah karbala adalah tanah suci mereka)

Menurut para ulama yang menentang Syi'ah, perilaku orang-orang Syi'ah di negara tempat berkembangnya, Iran, sangat berbeda dengan di tempat dimana mereka masih menjadi minoritas. Jika disini mereka terlihat santun, karena mereka memiliki konsep 'Taqiyah'.

Taqiyah adalah merahasiakan keyakinan dari para lawan yang bisa merugikan agama dan jiwanya. Ali Muhammad al-Syalabi menerangkan, dalam Syiah ada empat unsur pokok ajaran taqiyah;

1. Menampilkan hal yang berbeda dari apa yang ada dalam hatinya.

2. Taqiyah digunakan dalam berinteraksi dengan lawan-lawan Syiah.

3. Taqiyah berhubungan dengan perkara agama atau keyakinan yang dianut lawan-lawan.

4. Digunakan di saat berada dalam kondisi mencemaskan.

(Ali Muhammad al-Syalabi, Fikr al-Khawarij wa al-Syiah fi Mizan Ahlissunnah wal Jama’ah, hal. 311).

Para ulama dari ahlussunnah Waljama'ah di Indonesia sebenarnya sudah banyak mengumpulkan bukti-bukti tentang kesesatan Syi'ah dan telah menyerahkannya kepada MUI. Dan tentunya mereka berharap agar MUI segera dapat mempertimbangkan status Syiah.

Pendapat Syi'ah yang umum:

  • Mengkafirkan sahabat Nabi yang tidak mendukung Ali (kecuali Syiah Zaidiyah sekarang).
  • Kepemimpinan (Imamah) merupakan satu dari beberapa pokok keimanan.
  • Memandang Imam Itu ma'shum (orang suci)
  • Wajib adanya Imam yang tersembunyi (Al-Imam Al- Mastur)
  • Al-Quran yang sekarang mengalami perubahan dan pengurangan, sedangkan yang asli berada di tangan Al-Imam Al-Mastur (Syi'ah Imamiyah)
  • Tidak mengamalkan hadits kecuali dari jalur keluarga Nabi Muhammad (Ahli Bait), (kecuali madzhab Zaidiyyah)
  • Memperbolehkan taqiyah
  • Tidak menerima ijma dan qiyas (kecuali madzhab Zaidiyyah-pen)
  • Wajib sujud di atas tanah atau batu karbala (Syi'ah Imamiyah)
  • Memperbolehkan nikah mut'ah (Syi'ah Imamiyah)
  • Tidak melakukan shalat Jumat karena Imam yang asli tidak ada (Syi'ah Imamiyah).


Aliran yang sesat di Indonesia berdasarkan fatwa MUI :

1. Lembaga Dakwah Islamiyyah Indonesia (LDII) /Islam Jamaah

  • Pendiri : Madigol Nurhasan Ubaidah Lubis bin Abdul bin Thahir bin Irsyad (1915-1982).
  • Aktif sejak : 1970, Jawa Timur.
  • Larangan Jaksa Agung RI: 1971
  • Fatwa MUI : 2005

Pendapat :

  • Al-Qur’an dan As-Sunnah baru sah diamalkan kalau manqul (keluar dari mulut imam atau amirnya)
  • Orang yang tidak masuk golongan mereka dianggap kafir dan najis.
  • Pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan, boleh ditebus dengan uang oleh anggota ini.
  • Infak mutlak wajib 10% dari penghasilan apapun
  • wajibnya/dilembagakan taqiyah
  • Nurhasan Ubaidah Lubis Amir (Madigol) itu lebih tinggi derajatnya dan lebih berat bobotnya dari pada manusia sedunia, maka wajiblah para jama’ah bersyukur kepada sang amir, sebab dengan adanya sang amir maka jama’ah pasti masuk surga.

 

2. Negara Islam Indonesia (NII) KW-9 / Az-Zaitun

  • Pendiri NII : Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo,
  • Aktif sejak : 7 Agustus 1949 , di Tasikmalaya Jawa Barat
  • Fatwa sesat MUI: 2003

Pendapat :

  • Harta orang selain NII boleh dirampas dan dianggap halal sebgai harta fa'i dan ghanimah
  • Dengan pemahaman teori kondisi perang, maka shalat bisa dirapel, artinya dari mulai shalat zuhur sampai dengan shalat subuh dilakukan dalam satu waktu, masing-masing hanya satu rakaat.
  • Dalam puasa sesudah terbit matahari pun masih boleh sahur, sedang jam 5 sore sudah boleh berbuka.
  • Wajib bagi setiap jamaah mencari satu orang tiap harinya untuk dibawa tilawah. Lalu diarahkan agar hijrah dan berbaiat sebagai anggota NII. Karena dengan baiat maka seseorang terhapus dari dosa masa lalu, tersucikan diri, dan menjadi ahli surga. Untuk itu peserta ini harus mengeluarkan shadaqah hijrah yang besarnya tergantung dosa yangdilakukan.
  • Menghalalkan segala cara untuk bisa berinfak ke organisasi.
  • Mengancam anggota yang mundur.

 

3. Salamullah

  • Pendirinya Lia Aminuddin,
  • Aktif sejak : 1995, di Jakarta.
  • Fatwa sesat MUI : 1997

Pendapat :

  • Lia mengaku bertemu Jibril, kemudian sebagai Bunda Maria, dan akhirnya sebagai Jibril
  • Anaknya Ahmad Mukti sebagai jelmaan roh Nabi Isa as.
  • Imam besar Salamullah Abdul Rahman, sebagai jelmaan Nabi Muhammad saw.
  • Mempunyai kitab sendiri yang berjudul Ruhul Kudus.

 

4. Al-Qiyadah Al-Islamiyah

  • Pendiri : Ahmad Mushaddeq
  • Aktif sejak : 2001
  • Fatwa sesat MUI : 2007

Pendapat :

  • Mushaddeq adalah Rasul menggantikan Nabi Muhammad SAW bergelar Al-Masih Al-Mau'ud.
  • Menganggap musyrik orang diluar Al-Qiyadah
  • Tidak menjalankan rukun Islam kecuali shalat sekali dalam satu malam

 

5. Jemaah Ngaji Lelaku

  • Pendiri : Yusman Roy
  • Aktif sejak : 2005, di Lawang, Jawa Timur
  • Fatwa sesat MUI : 2005

Pendapatnya :

  • Shalat dengan menggunakan dua bahasa

 

6. Al-Qur'an Suci

  • Fatwa sesat MUI: belum ada

Pendapat :

  • Tidak mengakui hadits.
  • Tidak melakukan kewajiban dalam rukun Islam.
  • Memisahkan jamaah dari keluarganya.
  • Menghalalkan bersetubuh dengan keluarga dekat meski tanpa ikatan pernikahan
  • Imam tertinggi dalam kelompok tersebut sebagai rasul
  • Tidak wajib wudhu sebelum shalat

 

7. Ingkar Sunnah


Ada tiga jenis kelompok Inkar Sunnah.
a. Kelompok yang menolak hadits-hadits Rasulullah SAW secara keseluruhan
b. Kelompok yang menolak hadits-hadits yang tak disebutkan dalam al-Qur’an secara tersurat ataupun tersirat.
c. Kelompok yang hanya menerima hadits-hadits mutawatir (diriwayatkan oleh banyak orang setiap jenjang atau periodenya, tak mungkin mereka berdusta dan menolak hadits-hadits ahad (tidak mencapai derajat mutawatir) walaupun shahih.

  • Pemimpinnya di Indonenesia : Irham Sutarto.
  • Inkar Sunnah di Indonesia muncul tahun 1980-an
  • Fatwa sesat MUI : 1983 .

Pendapat :

  • Tidak mempercayai hadits Nabi saw sebagai landasan Islam

 

8. Isa Bugis

  • Pemimpin : Isa Bugis (1926)di Aceh Pidie tahun 1926
  • Aktif : sejak 1980 di Rawamangun, Jakarta
  • Fatwa Sesat : Departeman Agama RI 1972

Pendapat :

  • Mengartikan Al-Qur’an semaunya, tidak sesuai dengan petunjuk Rasulullah saw, misalnya, Al-Fiil
  • yang artinya gajah menjadi meriam atau tank baja.
  • Tidak percaya mukjizat, dan menganggap mukjizat tak ubahnya seperti dongeng
  • Nabi Ibrahim menyembelih Ismail itu dianggapnya dongeng belaka.
  • Tafsir Al-Qur’an yang ada sekarang harus dimuseumkan, karena salah semua.
  • Al-Qur’an bukan Bahasa Arab, maka untuk memahami Al-Qur’an tak perlu belajar Bahasa Arab.
  • Lembaga Pembaharu Isa Bugis adalah Nur, sedang yang lain adalah zhulumat, maka sesat dan kafir.
  • Air zam-zam adalah air bekas bangkai,
  • Ka`bah adalah berhala
  • Nabi Muhammad SAW adalah pembangkit imperialisme Arab.
  • Ilmu-ilmu tauhid, fiqih dan sejenisnya menurutnya adalah syirik
  • Agama itu akal
  • Juru dakwah dari negeri arab yang menyebarkan agama Islam ke berbagai negeri disebutnya sebagai orang-orang yang mabuk yang haus darah dan harta.

 

9. Ahmadiyah

  • Pemimpin: Mirza Ghulam Ahmad (1835-1906)
  • Aktif: Sejak 1889 di Pakistan, masuk Indonesia 1924
  • Fatwa sesat MUI: 1980 dan 2005

Pendapat :

  • Menganggap Mirza Ghulam Ahmad  adalah nabi sebagai Isa al Masih dan Imam Mahdi.

 

10. Jaringan Islam Liberal

  • Pemimpin : Ulil Abshar Abdalla
  • Aktif : sejak 2001
  • Fatwa sesat MUI : 2007

Pendapat :

  • Menyamakan semua agama, semuanya menuju jalan kebenaran
  • Menganggap hukum islam itu zalim sehingga bila diterapkan syari'at Islam yang pertama jadi korban adalah kaum wanita
  • Mereka menggugat kebenaran Islam karena kata mereka kebenaran agama itu relatif, dan mengajak melihat kebenaran pada agama lain.
  • Vodka (sejenis minuman keras) bisa dihalalkan di Rusia karena daerahnya sangat dingin
  • Menganggap Al-Quran sebagai produk budaya dan mengajak mengadakan studi kritik akan keaslian Al-Quran

 

11. Al-Quran Suci

  • Fatwa sesat MUI: 2007

Pendapat :

  • Tidak mengakui hadits.
  • Tidak melakukan kewajiban dalam rukun Islam.
  • Memisahkan jamaah dari keluarganya.
  • Memperbolehkan berzina dengan iparnya

 

12. Mahesa Kurung

  • Pemimpin : As-Sayyid al-Habib Faridhal Attros al- Kindhy
  • Aktif sejak : 1984
  • Fatwa sesat MUI: 2006
  • Alasan : Menyebarkan kemusyrikan

 

13. Wahidiyyah

  • Pemimpin : Abas
  • Fatwa Sesat MUI Tasikmalaya

Pendapat  :

  • Ghauts Hadza Zaman punya kewenangan menanamkan dan mencabut iman seseorang.
  • Sosok Mbah Abdul Majid dianggap sebagai juru selamat bagi umat di zaman sekarang

 

14. Islam sejati

  • Pemimpin : Heri dan Akhyari
  • Fatwa Sesat MUI Banten : 2007

Pendapat :

  • Menyembah Tuhan dengan bersujud menghadap ke empat arah penjuru angin

 

15. Ahmad Sayuti (Nabi Palsu)

  • Pemimpin : Ahmad Sayuti
  • Fatwa Sesat MUI : 2007

Pendapat :

  • menganggap dirinya sebagai nabi yang diutus Allah dan Nabi Muhammad bukan nabi terakhir
  • Al-Quran adalah kitab hukum bahasa Arab peninggalan Nabi Muhammad putra Abdullah yang ditulis oleh para sahabatnya atas perintah Muhammad.
  • Mengaku kalau Al-Quran turun pada tahun 1993 saat dirinya mendapatkan wahyu
  • Menganggap tafsir Al-Quran selama ini hanya kebohongan belaka
  • Kitab hadis Bukhori hanya kitab bohong yang isinya bukan perkataan Nabi Muhammad

 

16. Darul Arqam

  • Pemimpin : Syeikh Suhemi
  • Fatwa sesat MUI: 1994

Pendapat :

  • Aurad Muhammadiyah Darul Arqam diterima secara langsung oleh Syekh Suhaemi, tokoh Darul Arqam,
  • dari Rasulullah SAW di Ka'bah dalam keadaan terjaga.

 

17. Dan sebagainya.


Bagaimana menyikapi perbedaan didalam Islam.

KH Ma'ruf Amin (Rais 'Aam PBNU) saat berceramah pada peresmian Masjid Roudhotul Muchlisin di Jember, Jawa Timur, menyampaikan bahwa "Perbedaan adalah sebuah keniscayaan, sebab, manusia memang diciptakan berbeda, karena itu, Islam sangat menghargai adanya perbedaan asalkan perbedaan itu tidak menyangkut aqidah."

Beliau menegaskan bahwa "Perbedaan ditoleransi, penyimpangan diamputasi."

Statemen ini sangat penting untuk direnungi.

Hal-hal yang diluar penyimpangan atau perbedaan diluar aqidah sebaiknya disampaikan dengan cara yang lebih halus dan bijaksana.

Karena selain bisa dimanfaatkan musuh-musuh Islam untuk mengadu domba antara kita, juga bisa menimbulkan kebingungan dari seseorang yang baru saja ingin mengenal Islam sebagaimana permasalah si Fulan yang kisahnya kami sampaikan pada awal artikel.

Ustad Syafi'i Antonio menyampaikan dalam acara pembentukkan koperasi syariah 212 "Kita Bekerjasama dalam apa yang kita sepakat dan kita berlapang dada dalam apa yang kita beda, NU dan Muhammadiyah tidak akan sepakat dalam hal qunut dan tahlil, tetapi kita akan sepakat dalam masalah pemberantasan kemiskinan, narkoba dan kemandirian ekonomi umat."

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif

 


 

BERITA

Bijaksana Dalam Share Di Media Sosial

 

Jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

Fakta Pertumbuhan Muslim di Eropa & Amerika serikat

 

Merupakan sebuah fakta yang menakjubkan, disaat Islam seringkali diberikan label negatif oleh propaganda media-media barat, diwaktu yang sama pula, Islam malah tumbuh dengan secara signifikan diberbagai Negara-Negara maju di Eropa dan Ameria Serikat. 

Kenali Kelompok & Aliran Dalam Islam di Indonesia

 

"Sesungguhnya ummatku akan terpecah menjadi 72 (tujuh puluh dua) golongan, yang semuanya berada di Neraka, kecuali satu golongan".

Merayu Ulama & Membuka Deislamisasi Sejarah

 

Sejak jaman Indonesia baru merdeka hingga sekarang, Ulama dicari disaat butuh, kemudian dipinggirkan bahkan dimusuhi saat hajat politik telah terpenuhi.

Kali ini kita berharap ulama hanya membantu pihak yang benar-benar akan memperjuangkan Islam, bukan melalui 'Janji Politik' tetapi melalui 'Kontrak Politik' yang jelas dan tegas mengenai apa saja yang akan diperjuangkan beserta konsukuensi jika tidak dilakukan.

Media Berita Yang Tunduk Pada Kemauan Pemodal

 

Jika disaat umat muslim yang sedang menjalankan keyakinannya umatnya sendiri disebut intoleran dan anti kebhinekaan, sementara oknum dari umat beragama lain yang mencampuri urusan umat muslim malah dianggap toleran dan pro kebhinekaan, maka pembelokkan opini sedang terjadi.

TAUSIAH

Bersabar Saat Dalam Kelapangan Rezeki

 

"Tidaklah mungkin terjadi seorang fakir menderita kelaparan dan kekurangan pakaian, kecuali oleh sebab kebakhilan kaum berpunya. Ingatlah, Allah SWT akan melakukan perhitungan yang teliti dan meminta pertanggungjawaban mereka dan selanjutnya akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih" (HR Ash-Shabuni).

Turnamen Nasional Panahan Tradisional Horsebow Daarul Qur'an 4 Juni 2017

 

Turnamen Nasional Panahan Tradisional Horsebow Daarul Qur'an 4 Juni 2017 

Apa Yang Akan Kau Makan Nak, Jika Aku Wafat?

 

Bukankah untuk anak apapun akan kita lakukan? Akan sangat menyedihkan jika bukan ucapan terimakasih dan pelukan sayang yang kita terima saat berada di negeri akhirat, tetapi pemandangan buruk dari siksaan yang mereka terima dan tuntutan keadilan.

Berbeda Tetapi Tetap Sayang

 

Sungguh walau kami berdua berbeda faham, tetapi beliau mau hadir untuk memberi tausiyah walau tidak ikut zikir bersama. Beliau tidak berqunut, tetapi saat sholat subuh di mesjid Az Zikra disamping abang, beliau ikut berqunut.

Jangan Membenci Saat "Yang Berbeda" Bertanya

 

Seseorang bertanya, : "Kenapa Allah menurunkan Agama Yahudi dan Nasrani melalui nabi-nabinya? Jika Islam turun melalui Nabi Muhammad SAW, Bagaimana nasib Nabi-Nabi yang tidak beragama Islam sebelum jaman Rasulullah SAW?"

 

BELAJAR ISLAM

Huruf Hijaiyah

 

Agar bisa membaca Al-Qur’an, kita perlu mengenali huruf-huruf hijaiyah, yang juga merupakan huruf dalam bahasa Arab. 

Silsilah Garis Keturunan 25 Nabi dan Rasul

 

Menurut pendapat para ulama, jumlah Nabi dan Rasul sangatlah banyak, dikatakan bahwa jumlah nabi mencapai hingga 124.000 orang. 

Rukun Sholat

 

Rukun Shalat adalah setiap perkataan atau perbuatan yang akan membentuk hakikat shalat. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka shalat pun tidak sah. 

Tanda Baca (Harakat)

 

Harakat (Arab: حركات, dibaca harakaat) digunakan untuk mempermudah cara melapazkan huruf dalam tiap ayat Al Quran.  

Pembagian Hukum Fiqih Ibadah

Ibadat dalam ilmu fiqih terbagi atas 5 bab, yaitu Thaharah, sholat, puasa, zakat dan haji