Al Qur'an Adalah Petunjuk

 

"Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya."
(HR. Al-Bukhari).

Al Qur'an merupakan bukti paling nyata keberadaan Allah Subhanahu Wa ta'ala.

Bayangkan, kita diberikan kesempatan membaca satu-satunya buku (kitab) yang selalu dijaga keasliannya yang berisikan ucapan atau kata-kata (Firman) Tuhan (Allah Subhanahu Wa ta'ala).

Mungkin karena kedangkalan ilmu kita, kita belum bisa merasakan kedahsyatan Al Qur'an, apalagi meyakini bahwa bahwa ayat-ayat tersebut berasal dari Tuhan.

Tetapi para ilmuwan non muslim di bidang kedokteran, biologi, geografi, antariksa, sejarah, sosial, ahli sastra dan sebagainya bahkan para orientalis seringkali takjub disaat menemukan ayat-ayat yang sejalan bahkan melampaui penemuan mereka, sehingga mereka berkata, "kitab ini bukan berasal dari manusia."

Tentunya bagi kita, umat muslim, Al Qur'an bukan hanya kitab tentang science, terlalu kecil jika kita hanya mengambil manfaatnya pada hal tersebut.

Al Qur'an merupakan petunjuk dan pedoman kita dalam menjalani hidup di dunia dan mencapai Akhirat.

Membacanya (berinteraksi dengan Al Qur'an) dapat meraih pahala, ketentraman dan menurunkan Rahmat Allah kepada kita.

 

Dalam berinteraksi dengan Al Qur'an, kita dapat menempuh tiga tahapan, yaitu :


1. Qira'ah | Membaca Al Qur'an tanpa memahami arti.

Bahkan dalam berinterikasi dengan Al Qur'an tanpa memahami artinya saja, kita mendapat pahala yang besar, satu huruf sebanding dengan melakukan sepuluh kebaikan.

 

“Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan dilipat gandakan sepuluh kali lipat semisalnya. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf. Tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.”

(HR At Tirmidzi 2910)

 

 

2. Tilawah | Membaca Al Qur'an dengan memahami maknanya.

 

Jika membacanya tanpa memahami arti saja demikian besar manfaatnya, apalagi jika kita juga memahami maknanya.

Kita dijanjikan akan mendapat sakinah (ketenangan). Bukankah kita sering mendengar bahwa mereka yang saat ini mungkin berkuasa, populer dan bergelimang kekayaan tetapi sulit mendapat ketenangan?

Kemudian Allah pun menaungi "Rahmat", saat rahmat menaungi kita, bukankah hajat dan kesulitan kita akan diatasi oleh Sang Pemberi Rahmat?

Dan Allah pun membanggakan (menyebut-nyebut) diri kita dihadapan para makhluk mulia malaikat.


Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca (bertilawah) Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.

(HR Muslim 2010)

 


3. Tahfiz | Membaca Alqur'an yang telah dihafalkan serta mengamalkannya.

 

Menghafal Alqur'an merupakan tingkat interaksi tertinggi kita dengan Al Qur'an.

Dalam proses menghafal saja, kita pasti terus mengulang-ulang sehingga mendapat pahala seperti tingkat interaksi membaca tanpa memahami arti, satu huruf setara dengan melakukan sepuluh kebaikan.

Kemudian banyak pula yang melakukan metode menghafal sekaligus memahami arti agar lebih mudah dihafal. Jika ini dilakukan manfaat membaca Al Qur'an sekaligus memahami arti, juga akan kita dapat.

Setelah hafal, Bayangkan, Al Qur'an telah ada didalam diri kita. Jika kertas (mushaf) yang bertulis ayat Al Qur'an saja dimuliakan, apalagi jika kita menulis Al Qur'an pada diri kita?

Dengan menghafal, Kita dapat berinteraksi dengan Al Qur'an dimana saja dan kapan saja (kecuali ditempat yang dilarang).

Betapa banyak manfaat bagi para penghafal Al Qur'an yang kami tulis dalam artikel khusus mengenai ini.

(baca juga : Keistimewaan Penghafal Al-Qur’an)

 

Dan Allah pun menjanjikan bahwa Al Qur'an itu telah dimudahkan untuk dihafalkan dan bertanya pula kepada kita, adakah yang mau menghafalkannya?

Fakta menunjukkan, Al Qur'an adalah satu-satunya kitab paling tebal yang bisa dihafalkan bahkan oleh banyak orang dari bermacam-macam bangsa dan usia, bahkan oleh anak-anak.

(Baca juga : Yang Muda Yang Cinta Al Qur'an)

(Baca juga : Musa, Penghafal AlQur'an Termuda Musabaqoh Hifzil Quran Internasional)

 

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِ

Dan sesungguhnya, telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk pelajaran (dihafalkan), maka adakah orang yang mengambil pelajaran (menghafalkannya).

(QS Al Qomar : 17, 22, 32, 40)

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif 


 

BERITA

Sejumlah Ulama Mengutuk Aksi Teror Bom

 

Kejadian teror bom di Surabaya dan tempat-tempat lainnya yang baru-bara saja terjadi cukup kembali membuat semua pihak geram. Berbagai ulama di Indonesia pun menyampaikan bahwa tindakan tersebut tidak dibenarkan dalam agama dan mengutuk siapa pun pelakunya. 

Saat Majelis Ilmu Dibubarkan, Siapa Yang Diuntungkan?

 

Jika sahabat Rasulullah SAW yang bertemu dan mendapat gemblengan langsung dari Rasulullah SAW saja bisa berbeda pendapat, apalagi umat Islam saat ini yang jenjang waktunya sangat jauh dari masa Rasulullah SAW.

Merangkul Generasi Online Mengenal Agamanya

 

Jika pada saat era televisi saja, serbuan pengaruh pemikiran yang jauh dari agama sudah sedemikian menjauhkan umat dari agamanya, apalagi generasi muda era media online yang lebih sulit lagi mengkontrolnya.

Aplikasi Muslim Ummah Merupakan Aplikasi Lifestyle Tentang Islam

 

Aplikasi Muslim Ummah merupakan aplikasi lifestyle tentang Islam dan juga pengingat jadwal sholat serta Al Qur’an yang disertai audio untuk pembelajaran Al Quran per ayat. Saat ini Aplikasi Muslim Ummah sudah mencapai ratusan ribu download dengan lebih dari puluhan ribu pengguna aktif setiap hari. 

Dompet Dhuafa Kirim Dai Ambassador ke Berbagai Negara

 

Dompet Dhuafa akan mengirimkan 25 Dai Ambassador ke berbagai negara selama bulan suci Ramadhan. Tahun ini merupakan kali keenam Dompet Dhuafa melalui Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) mengirimkan dai ke luar negeri secara berturut-turut sejak 2013 

TAUSIAH

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Yusuf Mansur 2017

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Yusuf Mansur 2017 

Abdul Somad, Lc. MA

 

Ustadz Abdul Somad, Lc. MA banyak dikenal di kalangan netizen. Ulasan yang cerdas dan lugas, ditambah lagi dengan keahlian dalam merangkai kata membuat ceramah Ustadz Abdul Somad begitu mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat. 

Bachtiar Nasir

 

Ustadz Bachtiar Nasir, Lc. MM, adalah seorang Da’i dan Ulama’ yang sangat sering mengkaji dan mendalami Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Ia juga tercatat pernah menjadi Pengurus Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Doa Saat Menghadapi Masalah

 

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits 

Inspirasi Rezeki dari Saudi Arabia

 

Yang saya heran didalam kemalasan mereka tapi saat Dhuha dan adzan sholat berkumandang, mereka bergegas untuk pergi ke Masjid, tidak ada kompromi. Di balik santai nya mereka, yang kita sebut malas, ternyata mereka adalah orang2 bertaqwa.

BELAJAR ISLAM

Cara, Urutan, Bacaan Dan Gerakan Sholat

 

Berikut Urutan, Bacaan dan Gerakan Sholat dengan panduan urutan Berdasarkan urutan 13 Rukun Sholat dan Hal-Hal Sunah yang menyertainya 

Kisah Nabi Musa & Wanita Penzina

 

Malaikat Jibril lalu bertanya, “Mengapa engkau menolak seorang wanita yang hendak bertaubat dari dosanya? Tidakkah engkau tahu dosa yang lebih besar daripadanya?

Rukun Islam

Rukun adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi, jadi Rukun Islam adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang muslim atau muslimat.

Silsilah Garis Keturunan 25 Nabi dan Rasul

 

Menurut pendapat para ulama, jumlah Nabi dan Rasul sangatlah banyak, dikatakan bahwa jumlah nabi mencapai hingga 124.000 orang. 

Imam Bukhari

 

Imam Bukhari adalah ahli hadits yang termasyhur diantara para ahli haditsUntuk mengumpulkan dan menyeleksi hadits shahih, Bukhari menghabiskan waktu selama 16 tahun untuk mengunjungi berbagai kota guna menemui para perawi hadits.