sajada biasa sholat

 

Melatih Kebiasaan Sholat

Zaqi, seorang karyawan yang dianggap ustadz di suatu perusahaan, diboyong ke ujung pantri kantor oleh Dudung, teman office boy untuk diajak berdiskusi.

Dudung :"Mas Zaqi, saya itu kepengen bisa kaya Mas Zaqi, sholatnya enggak pernah tinggal, gimana ya caranya?"

Zaqi :"Aamiiiin, Insya Allah, mudah-mudahan saya memang seperti itu dan pertanyaannya mudah-mudahan juga bisa saya jawab dengan petunjuk Allah."

"Sebelumnya saya mau tanya, Mas Dudung kan jagoan futsal nih di kantor kita, enggak cuma jago, bahkan fisik Mas Dudung juga luar biasa, bisa main dua bahkan mungkin empat jam non stop, padahal siangnya udah capek kerja, apa sudah dari lahir sudah begitu?"

Dudung :Ha ha ada-ada aja, emangnya saya lahir dilapangan futsal? ya enggak lah."

Zaqi :"Terus gimana caranya?"

Dudung :"Pertama memang saya suka main bola, kedua karena saya juga rutin main bola dari dulu."

Zaqi :"kalau seandainya enggak ada waktu untuk main bola seminggu aja, kira-kira gimana rasanya?"

Dudung :"Waduh badan kayaknya jadi lemes terus hidup kayaknya jadi enggak semangat, kayak ada yang kurang deh."


Zaqi :"He he, ternyata pertanyaannya sudah bisa dijawab oleh Mas Dudung Sendiri."

Dudung :"Maksudnya gimana, Mas?"

Zaqi :"Insya Allah, kira-kira jawaban pertanyaan tadi mungkin sama dengan jawaban Mas Dudung."

"Pertama-tama kita harus tanamkan rasa suka, kedua lakukan secara rutin, Nah, sekarang saya mau tanya, untuk yang belum suka main futsal, bagaimana caranya agar bisa suka?"

Dudung :"Wah pertama-tama emang harus ada niat dulu dari yang bersangkutan, seenggak-enggaknya mau datang dulu ke lapangan futsal."

Zaqi :"Harus ke lapangan ya? Enggak coba latihan main sendiri dulu dirumah?"

Dudung :"Wah beda Mas, Kalo di lapangan kan banyak teman yang ngomporin, atmosfirnya di lapangan juga bikin kita semangat, terus di lapangan kan gak cuma main futsal, biasanya kan kita pas sedang menunggu juga suka ngobrol-ngobrol masalah bola jadi suasananya bola banget deh."

Zaqi :"Nah gitu juga dengan sholat, jawaban Mas Dudung sejalan dengan hadist 

 

"innamal a’maalu binniyaat"

Sesungguhnya amal perbuatan tergantung kepada niatnya.

 

"Sama seperti main futsal tadi, harus ada niat yang kuat dan supaya suasananya sholat banget, lakukan di masjid, disana kita ketemu sama orang-orang yang juga semangat menjalakan sholat yang terkadang secara langsung atau tidak akan saling ngomporin untuk istiqomah sholat lima waktu dan tepat waktu, atmosfirnya juga bikin lebih khusyu, lalu saat sedang ada tausiyah atau ada ulama yang duduk didekat kita, kita bisa dengar atau tanya-tanya masalah agama."

"Pertanyaan saya Mas Dudung, kira-kira hanya sekali ke lapangan futsal, apakah kita bisa langsung suka?"

Dudung :"Kan tadi saya bilang harus niat, berarti sebisa mungkin maksain diri untuk bisa rutin."
"Awalnya maksain, setelah sering akan jadi kebiasaan, lama-lama akan jadi kebutuhan."
"Lagian kan olah-raga kan penting mas biar badan sehat."

Zaqi :"Persis, sholat lima waktu juga awalnya harus kita paksakan hingga akhirnya akan jadi kebiasaan, lalu akan jadi kebutuhan. Nah sama juga dengan olah raga, sholat juga penting biar badan dan jiwa sehat."

"Biar lebih jelas, maaf nih, Mas Dudung kan belakangan lagi sering bolak-balik ketemu boss HRD, kalo boleh tahu nih lagi ada urusan apa ya?"

Dudung :"He he, gitu deh mas, saya kan kerja sudah lima tahun lebih, status masih karyawan kontrak, gaji gak naik-naik, makanya saya ngadu ke boss HRD aja."

Zaqi :"Maksud saya bertanya ada kaitannya dengan sholat mas, kira-kira yang ngatur semua urusan dunia seperti rezeki, pangkat, derajat, kesehatan, jodoh dan lain-lain hingga urusan keselamatan akhirat siapa ya Mas?"

Dudung :"Allah."

Zaqi :"Nah, masalah hidup kita kan kompleks banget, gak cuma urusan gaji, terkadang mungkin orang tua kita sedang sakit tidak sembuh-sembuh, anak-anak kita salah pergaulan, rekan kerja yang dengki, atasan yang sewenang-wenang dan segudang masalah-masalah lainnya."

"Saat kita merasa sudah tidak mampu mengatasinya, kan kita butuh kekuasaan yang lebih besar untuk menolong kita persis seperti Mas Dudung bolak-balik ke Boss HRD."

"Saat kita sholat, kita sedang meletakkan kepala kita sejajar dengan kaki untuk menyerahkan diri secara penuh kepada Yang Maha Kuasa, dimana didalamnya berisi segala permohonan, pujian dan rasa sykur kepada Nya, betapa sombongnya kita yang berani menyerahkan urusan hidup sendirian dengan meningggalkan sholat."

Dudung :"Jleb banget Mas, tapi apa kalo habis sholat terus langsung naik gaji?"

Zaqi :"Mas Dudung pertama kali keluar pintu boss HRD langsung naik gaji?"

Dudung "Enggak sih, bahkan sudah berkali-kali keluar masuk belum juga dikabulin Mas."

Zaqi :"Kira-kira kenapa?"

Dudung :"Enggak tahu, mungkin kondisi keuangan perusahaan, bisa juga Boss HRD enggak tahu kinerja saya atau enggak kenal, "

Zaqi :"He he bisa jadi, tapi kira-kira, seandainya Mas Dudung itu adalah karyawan kesayangan owner perusahaan ini, kira-kira gimana reaksi Boss HRD saat Mas Dudung minta naik gaji?"

Dudung :"Ha ha ha, wah langsung tanda-tangan naik gajilah."

Zaqi :"Ha ha ha, Cepet banget ambil kesimpulan, banyak kemungkinanlah."

"Kan bisa jadi, juga enggak naik gaji lho."

Dudung :"lho kan ceritanya tadi karyawan kesayangan owner?"

Zaqi :"Betul gaji tetap segitu cuma semua kebutuhan pakaian, makanan sampai sekolah semua anak-anak Mas Dudung ditanggung sang owner sampai ke perguruan tinggi."

"Banyak kemungkinanlah, bisa juga seperti yang Mas Dudung tadi mau, yaitu naik gaji atau bisa juga malah dijadiin boss HRD, terserah owner lah, iya kan?"

"Yang jelas, apa pun keputusannya, biasanya kalau memang karyawan kesayangan owner, pasti keputusannya akan diusuahakan menguntungkan Mas Dudung "

"Gitu juga dengan sholat, sholat kan salah satu ibadah yang mendekatkan diri kita dengan Allah, kalau kita bisa menjadi hambaNya yang disayangi, Allah akan mengabulkan permintaan kita dengan cara-cara yang Dia kehendaki. Cuma memang kadangkala kitanya yang enggak ngerti sehingga merasa permohonan kita tidak dikabulkan, itu Allah sendiri yang bilang dalam dalil-Nya

 

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

“Berdoalah (mintalah) kepadaku, niscaya aku kabulkan untukmu”
(QS al-Mu’min: 60)

 

"Mudah-mudahan penjelasan saya yang sederhana tadi telah mendapat tuntunan Allah dan bisa bermanfaat."

 

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif

 

 


NEWS

Ustadz Haikal Hassan Bersama Ulama Mendeklarasikan Dukungan Untuk Anies Baswedan Untuk Pilpres 2019

 

Ustadz Haikal Hassan beserta sejumlah ulama melalui 'Gerakan Indonesia untuk Indonesia' hari jumat ini mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di pilpres 2019. 

Aksi Simpatik 55, Jalan Kaki Dari Istiqlal Ke Mahkamah Agung

 

GNPF MUI akan kembali menggelar aksi damai sebagai kelanjutan Aksi Bela Islam 212. Aksi dengan tema "Aksi Simpatik 55" akan di selenggarakan pada tanggal 5 Mei 2017 dimulai dengan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan berjalan kaki ke Mahkamah Agung (MA).

Masjid Indonesia Pertama di London-UK

 

Kisah perjuangan pembangunan Masjid Indonesia pertama di London menemui babak baru. Upaya yang telah dirintis sejak 20 tahun tersebut, kini terancam gagal.

Akhir Dakwah Petinju Legendaris, Muhammad Ali

 

Usai bersyahadat, Petinju legendaris yang dijuluki The Greatest (terbesar), Muhammad Ali berkata, ”Aku meyakini bahwa aku sedang berada di depan sebuah kebenaran yang tak mungkin berasal dari manusia.”

RA. Kartini, Tafsir Al Qur'an dan KH. Saleh Darat

 

Mengenai agamaku, Islam, aku harus menceritakan apa? Bagaimana aku dapat mencintai agamaku, jika aku tidak mengerti dan tidak boleh memahaminya?"

EKONOMI SYARIAH

Muslim Go Aplikasi Islami Pertama Dengan Sertifikasi Kemenag RI

 

Muslim Go adalah aplikasi mobile menyediakan berbagai macam layanan yang dibutuhkan oleh kalangan Muslim di Indonesia. Muslim Go hadir dengan fitur untuk penunjuk dan pengingat waktu shalat, Al-Qur’an digital, kalender islam, arah kiblat, mencari masjid terdekat serta restoran halal dan sebagainya. 

Kongres Ekonomi Umat 2017

 

Kongres Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) diselenggarakan pada 22-24 April 2017 di Hotel Sahid, Jakarta. 

Akhirnya Paytren Fintech Berbasis Syariah Mendapat Izin OJK

 

Ustadz Yusuf Mansur melalui Paytren merupakan salah satu figur contoh tokoh islam, yang selama ini telah berjuang untuk menunjukkan bahwa Umat Islam Indonesia sebagai golongan mayoritas harus menjadi pemain pasar utama di negaranya sendiri. Jangan cuma menjadi penonton atau cuma sebagai target pasar dari para pebisnis non muslim, apalagi pihak negara asing. 

Peduli Masyarakat Sekitar, AXA Mandiri dan BAZNAS Salurkan Paket Ramadhan Bahagia

 

Pada tahun 2015 AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah. 

Dompet Dhuafa Kirim Dai Ambassador ke Berbagai Negara

 

Dompet Dhuafa akan mengirimkan 25 Dai Ambassador ke berbagai negara selama bulan suci Ramadhan. Tahun ini merupakan kali keenam Dompet Dhuafa melalui Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) mengirimkan dai ke luar negeri secara berturut-turut sejak 2013 

BELAJAR

Rukun Islam

Rukun adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi, jadi Rukun Islam adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang muslim atau muslimat.

Bab: Bila dua kelompoik orang beriman berperang maka damaikanlah

KITAB: IMAN

Bab: Bila dua kelompoik orang beriman berperang maka damaikanlah

 

Bab: Cara dicabutnya ilmu

KITAB: ILMU

Bab: Cara dicabutnya ilmu

 

Mengenal Sifat Allah

Sifat Allah itu tidak terhitung atau tidak mungkin terdefinisi oleh ilmu manusia yang terbatas.

Hanya saja para ulama terdahulu mencoba membuat metode membatasi sifat Allah yang kita kenal dengan "20 sifat wajib" agar kita dapat lebih mudah mengenal Allah melalui sifat-Nya.

Bab: Sifat-sifat Islam

1 KITAB: MUKADIMAH

Bab: Sifat-sifat Islam

 

TAUSIYAH

Sarung

 

Catatan kali ini bercerita tentang sebuah benda yang sangat terkenal. Biasa dipakai oleh kaum laki-laki dewasa untuk menghalau angin malam saat ronda, sebagai pelindung dari gigitan nyamuk saat tidur.

Mintalah Pertolongan Allah

 

Pernahkah kita merasa berada di titik nadir, dimana kesulitan yang kita miliki seolah-olah sudah tidak ada lagi jalan keluarnya?

Jangan Membenci Saat "Yang Berbeda" Bertanya

 

Seseorang bertanya, : "Kenapa Allah menurunkan Agama Yahudi dan Nasrani melalui nabi-nabinya? Jika Islam turun melalui Nabi Muhammad SAW, Bagaimana nasib Nabi-Nabi yang tidak beragama Islam sebelum jaman Rasulullah SAW?"

 

Balasan Surat Cinta Karena Allah (Berbeda Tetapi Tetap Sayang)

 

Sungguh Allah telah memuliakan kita dengan Islam dan Iman sebagaimana pernyataan sahabat mulia Umar bin Khottob Radiallahu Anhu

Usia 40 Tahun, Belum Ada Minat Terhadap Agama, Pertanda Buruk Sisa Umur

 

Kaum salaf, apabila diantara mereka ada yang sudah berumur 40 tahun, ia mulai melipat kasur, yakni tidak akan tidur lagi sepanjang malam, selalu melakukan shalat, bertasbih dan beristighfar. 

SEJARAH

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Nabi Ayyub AS

 

Iblis mengira ketaatan Nabi Ayub AS adalah hanyalah ketaatan untuk mengamankan kondisi ideal sang nabi agar terus dapat hidup dengan segala kenyamanan tersebut.

KH. Hasyim Asy'ari

 

Hasyim Asy'arie kemudian memutuskan untuk kembali ke Mekkah dan menetap di sana selama kurang lebih tujuh tahun. Di Mekkah beliau banyak berguru ke ulama-ulama besar baik dari Mekkah sendiri maupun ulama Indonesia. 

KH. Ahmad Dahlan

 

Pada usia 15 tahun, beliau berhaji sekaligus menuntut ilmu ke Mekah. Selama 5 tahun berguru kepada banyak tokoh besar Islam dunia, beliau juga mulai bersentuhan dengan berbagai pemikiran Islam pembaharu. 

REFERENSI

Pondok Modern Gontor

 

Pondok Modern Gontor adalah pelopor pesantren modern yang membekali santrinya dengan pendidikan agama Islam ditambah ilmu-ilmu umum yang menunjang kompetensi santrinya seperti menjadikan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa sehari-hari. 

Hijab Fashion Parade

 

Hijab Fashion Parade
Kamis, 15 Juni 2017
Hotel Sari Pan Pasific, Istana Ballroom. Jakarta 

Turnamen Nasional Panahan Tradisional Horsebow Daarul Qur'an 4 Juni 2017

 

Turnamen Nasional Panahan Tradisional Horsebow Daarul Qur'an 4 Juni 2017 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Syafiq Riza Basalamah

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz  Syafiq Riza Basalamah

Sabtu 20 Mei 2017

Kajian Dhuha 09.00 | Akankah Lebih Baik?
Masjid Raya Al Musyawarah, Jl Boulevard Kelapa Gading 
Jakarta Utara 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Abdullah Gymnastiar 2017

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Abdullah Gymnastiar 2017 

DOA

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan

 

Allahuma Baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar.


Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa muslimin.

Doa Sebelum (Niat) dan Sesudah Wudhu

 

Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaaffi ta’aalaa

Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah semata

Doa Sebelum dan Sesudah Masuk Kamar Mandi (WC)

 

ALLAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

 

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin

Ya Allah Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh.

Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

 

Bismika Allahuma Ahya Wa Amuut.

Alhamdulillahi ladzi Ahyana Ba'da Maa Amaa Tanaa Wa ilaihin Nusyuur.