sajada subuh alazhar

Suasana Sholat Subuh Berjamaah Masjid Al Azhar, Jakarta

 

Kesadaran Bahwa Muslim itu Bersaudara.

 

Semenjak bergulirnya masalah "Penistaan Al qur'an", terlepas dari masalah itu sendiri, rupanya membawa dampak positif, yaitu merekatnya kembali ukhuwah Islamiyah. Kita, sesama muslim, yang biasanya terjebak dalam penggalian jurang perbedaan atas hal-hal khilafiah, sibuk membandingkan diantara kita, siapa yang paling "ahlussunah waljama'ah" dan sebagainya, kini atas izin Allah, kita sudah mulai bisa menempatkan prioritas yang lebih urgent, yaitu menghadapi mereka yang memang menjadikan Islam sebagai musuhnya. 

 

Awalnya banyak perpekstif yang tidak sama dalam menyikapi "Ucapan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaya Purnama mengenai surat Almaidah ayat 51" tersebut. Karena kita memang melihatnya dari sudut pandang yang berbeda-beda, sehingga reaksi kita pun juga tak sama. Kemudian setelah terjadi keajaiban peristiwa Sholat Jumat Terbesar di Dunia atau peristiwa yang populer dengan Aksi 212, banyak dari kita yang tadinya cuma melihat masalah ini hanyalah masalah persaingan politik merebut "Jakarta 1" akhirnya mulai mencari tahu, "Kenapa Allah menurunkan energi spiritual sedahsyat ini?" Ternyata memang ada sesuatu, sehinga mereka yang tadinya bereaksi berbeda, seperti acuh, apatis hingga sinis, kini bagai guliran bola salju yang semakin besar, banyak mulai mengkoreksi sudut pandangnya dan memberikan dukungan hingga doa. 

 

Sudut pandang kita memang sangat dipengaruhi media mainstream raksasa yang memang tidak dimiliki oleh umat islam. Sehingga kita hanya diizinkan untuk mengakses informasi-informasi yang hanya sepemikiran dengan kepentingan para orang-orang dibelakang media tersebut. Mereka juga membuat kita hanya melek pada hal-hal kecil, tetapi buta terhadap masalah global. Seolah-olah kita dibuat sibuk meributkan masalah genteng rumah yang bocor sementara diluar sana gelombang tsunami akan menghajar rumah kita. 

 

Kondisi ini diperparah dengan hadirnya media-media muslim yang juga lebih fokus terhadap masalah "memusuhi sesama saudaranya" tadi, sementara musuh sebenarnya sedang asik menonton sambil menyemangati perkelahian kita.

 

Rupanya kesadaran bahwa sesama muslim itu bersaudara mulai memenuhi dada para muslimin di Indonesia. Tak heran, banyak pemandangan yang tidak biasa kita lihat sebelumnya, seperti duduk bersamanya ulama yang biasa disebut dengan golongan A di majelis B, begitu pula sebaliknya. Karena ada kesadaran bahwa baik A maupun B adalah sesama "Ahlussunnah Waljama'ah". Mereka mengikrarkan Syahadat yang sama, Meyakini Rukun Iman yang sama, Menjalankan Rukun Islam yang sama, Meyakini Al Qur'an yang sama,  Sama-sama Mengikuti Rasulullah SAW dan menghormati semua sahabat Rasulullah SAW.

 

 

 

Tabligh Akbar Politik Islam - Subuh Berjama'ah di Masjid Al Azhar  

 

Tabligh Akbar Politik Islam (Berbeda Dalam Mahzab, Bersatu Dalam Politik) ini diselenggarakan oleh PPI dan GNPF-MUI dengan tajuk "Memilih Pemimpin Muslim"

Acara ini tergolong sukses dengan melihat kehadiran jamaah subuh yang jumlahnya seperti layaknya jamaah sholat ied. Bahkan karena saking penuhnya jamaah yang datang dan pelataran luar masjid sudah tidak bisa lagi menampung, para jemaah yang tidak mendapat tempat dialihkan ke aula sekolah yang berada di samping Masjid.

Tentunya jamaah yang membludak ini sebagiannya adalah alumnus aksi 212 yang terus istiqomah mengikuti rangkaian kelanjutan kegiatan tersebut.

Setelah sholat subuh berjamaah, jamaah diperkenalkan dengan PPI (Pengajian Politik Islam), dimana Prof. Hamdan Zoelfa (Mantan Ketua MK) diangkat menjadi ketua Pengurus dalam kegiatan tersebut. Dalam sesi tersebut disampaikan pentingnya Masjid sebagai tempat untuk melakukan kegiatan politik sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Ustadz Bachtiar Nasir, Ketua GNPF-MUI seperti biasanya, terus menyalakan semangat dan mengugah keistiqomahan jamaah untuk terus mengawal gerakan izzah (kebangkitan) Islam ini.

Pada sesi mimbar calon gubernur khusus muslim, sayangnya hanya Anies Baswedan, yang mengunakan kesempatan ini, padahal umat islam tentunya ingin mengetahui sejauh mana kontribusi para calon gubernur terhadap Islam. Anis Baswedan dihadapan para ulama dan jamaah menyatakan komitmennya untuk mendukung berbagai aktivitas yang sudah lazim diadakan oleh umat muslim serta menolak Reklamasi Teluk Jakarta. 

Berikutnya Ustadz Tengku Zulkarnain, Wasekjen MUI, sempat menceritakan kisah penghadangan bersenjata tajam terhadap dirinya di Bandara, dimana banyak kejanggalan, bila aksi tersebut dikatakan merupakan aksi spontanitas. Bahkan sebenarnya beliau memaksa untuk turun untuk mendengar langsung apa yang diinginkan penghadangnya, tetapi karena tidak diizinkan akhirnya beliau menurut walaupun beberapa saat kemudian beliau kembali lagi ke tempat tersebut.

Prof Amien Rais, pada sesi selanjutnya sempat mengingatkan tentang kewaspadaan jamaah terhada perang proxy yang dilancarkan oleh negara-negara yang menginginkan wilayah Indonesia dan agar jamaah pun melek terhadap kondisi global.

 

 

Ramaikan Sholat Subuh  

 

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.”

(HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651) 

 


sajada subuh alazhar 2Beberapa tahun yang lalu kondisi masjid, terutama pada saat sholat subuh, mungkin hanya terdiri dari satu shaf dan itu pun para lansia.

Tetapi pada saat ini banyak bermunculan mulai dari anak-anak muda hingga bapak-bapak, bahkan ibu-ibu para "Pejuang Sholat Berjamah di Masjid dan "Pejuang Subuh Berjamaah" , baik di lingkungan kantor, kampus, sekolah, perumahan dan sebagainya.

 

Sehingga lahirlah Jargon layaknya iklan yang sering kita temui, seperti :

"Laki, Sholat di Masjid!"  

"Bonus 27 kali lipat, MAU??!"

 

Beberapa tahun yang lalu, jangankan saling mengajak sholat, mau sholat saja kita merasa sungkan terhadap yang tidak sholat, padahal sesama muslim.

Beberapa tahun kemudian, walaupun belum saling mengajak, tetapi di beberapa meja kerja sering kita jumpai ada sejadah, tampak karyawan yang sholat di samping meja kerja.

Kini, semakin banyak dari kita, saat mendekati waktu azan, sudah saling mengajak untuk berangkat ke Masjid.

Sebentar lagi, Insya Allah Jemaah Sholat Subuh di masjid ramainya akan seperti Jemaah sholat Jumat, jika semakin banyak dari kita yang menjadi"Pejuang Sholat Berjamah di Masjid dan "Pejuang Subuh Berjamaah".

 

Lalu diantara sholat fardhu kenapa sholat subuh berjamaah yang menjadi perhatian?

Karena di waktu subuh lah kita dapat melihat kekuatan umat Islam yang sesungguhnya. 

 

 

 

 

 sajada subuh alazhar 3 

 Suasana Sholat Subuh Berjamaah Masjid Al Azhar, Jakarta 

 

sajada subuh alazhar 4 

 Suasana Sholat Subuh Berjamaah Masjid Al Azhar, Jakarta

 

sajada subuh alazhar 5

 Suasana Sholat Subuh Berjamaah Masjid Al Azhar, Jakarta

 

Video Suasana Subuh Berjamaah Masjid Al Azhar

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif 


Novel Religi - Al Kahfi Land - Mencarimu Menyebrang Waktu

NEWS

Masjid Indonesia Pertama di London-UK

 

Kisah perjuangan pembangunan Masjid Indonesia pertama di London menemui babak baru. Upaya yang telah dirintis sejak 20 tahun tersebut, kini terancam gagal.

Jika Dakwah Adalah Kegiatan Marketing

 

Seringkali kita merasa sedang mengajak (berdakwah) padahal kita malah semakin menjauhkan target audiens tersebut kepada Islam. Logika sederhananya adalah, apakah kita akan membeli produk yang dijual oleh sales yang membenci kita? 

Sejumlah Ulama Mengutuk Aksi Teror Bom

 

Kejadian teror bom di Surabaya dan tempat-tempat lainnya yang baru-bara saja terjadi cukup kembali membuat semua pihak geram. Berbagai ulama di Indonesia pun menyampaikan bahwa tindakan tersebut tidak dibenarkan dalam agama dan mengutuk siapa pun pelakunya. 

Aksi Simpatik 55, Jalan Kaki Dari Istiqlal Ke Mahkamah Agung

 

GNPF MUI akan kembali menggelar aksi damai sebagai kelanjutan Aksi Bela Islam 212. Aksi dengan tema "Aksi Simpatik 55" akan di selenggarakan pada tanggal 5 Mei 2017 dimulai dengan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan berjalan kaki ke Mahkamah Agung (MA).

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), Turki

 

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), TurkiMasjid Sultan Ahmed (Sultan Ahmed Camii) atau Masjid Biru (Blue Mosque) adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Istanbul, Turki. Sebuah situs wisata populer di Turki. 

EKONOMI SYARIAH

Dompet Dhuafa Kirim Dai Ambassador ke Berbagai Negara

 

Dompet Dhuafa akan mengirimkan 25 Dai Ambassador ke berbagai negara selama bulan suci Ramadhan. Tahun ini merupakan kali keenam Dompet Dhuafa melalui Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) mengirimkan dai ke luar negeri secara berturut-turut sejak 2013 

Kongres Ekonomi Umat 2017

 

Kongres Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) diselenggarakan pada 22-24 April 2017 di Hotel Sahid, Jakarta. 

Peduli Masyarakat Sekitar, AXA Mandiri dan BAZNAS Salurkan Paket Ramadhan Bahagia

 

Pada tahun 2015 AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah. 

Wujudkan Indonesia Sebagai Kiblat fashion Muslim Dunia

 

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Potensi ini harus menjadi sebuah modal awal untuk melangkah sebagai pemain terdepan. 

Ethis Crowd Mengenalkan Fintech Crowd Founding Berbasis Syariah Pertama di Dunia

 

Di tengah bangkitnya pilar-pilar ekonomi berbasis syariah, Ethis Crowd mengenalkan fintech crowd founding properti berbasis syariah pertama di dunia.

BELAJAR

Bab: Sifat wudlu dan kesempurnaannya

3 KITAB: THAHARAH

Bab: Sifat wudlu dan kesempurnaannya

 

Sholat Fardhu 5 Waktu

 

Sholat Fardhu (Sholat 5 Waktu) adalah kewajiban medirikan sholat sebanyak lima kali dalam satu hari diwaktu yang telah ditentukan bagi setiap muslim, baik laki laki maupun perempuan. Sholat Fardhu (Sholat 5 Waktu) merupakan rukun kedua dari 'Rukun Islam'. 

Bab: Sunahnya mengangkat kedua tangan sebatas kedua pundak saat takbiratul ikram

5 KITAB: KITAB

Bab: Sunahnya mengangkat kedua tangan sebatas kedua pundak saat takbiratul ikram

 

Bab: Siapa yang dikehendaki baik oleh Allah, maka Allah pahamkan dia tentang agama

KITAB: ILMU

Bab: Siapa yang dikehendaki baik oleh Allah, maka Allah pahamkan dia tentang agama

 

Rukun Iman

Rukun Iman adalah hal-hal yang disyaratkan atau harus dipenuhi untuk menjadi seorang dapat dikatakan beriman. Iman sering diartikan dengan percaya atau secara bahasa berarti tashdiq (membenarkan).

TAUSIYAH

Jangan Membenci Saat "Yang Berbeda" Bertanya

 

Seseorang bertanya, : "Kenapa Allah menurunkan Agama Yahudi dan Nasrani melalui nabi-nabinya? Jika Islam turun melalui Nabi Muhammad SAW, Bagaimana nasib Nabi-Nabi yang tidak beragama Islam sebelum jaman Rasulullah SAW?"

 

Usia 40 Tahun, Belum Ada Minat Terhadap Agama, Pertanda Buruk Sisa Umur

 

Kaum salaf, apabila diantara mereka ada yang sudah berumur 40 tahun, ia mulai melipat kasur, yakni tidak akan tidur lagi sepanjang malam, selalu melakukan shalat, bertasbih dan beristighfar. 

Bersabar Saat Dalam Kesempitan Rezeki

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Demi Allah, bukanlah kefakiran yang aku takutkan akan menimpamu, namun yang aku takuti ketika dunia dihamparkan kepadamu.”

(HR. Bukhari Muslim)

Balasan Surat Cinta Karena Allah (Berbeda Tetapi Tetap Sayang)

 

Sungguh Allah telah memuliakan kita dengan Islam dan Iman sebagaimana pernyataan sahabat mulia Umar bin Khottob Radiallahu Anhu

Mintalah Pertolongan Allah

 

Pernahkah kita merasa berada di titik nadir, dimana kesulitan yang kita miliki seolah-olah sudah tidak ada lagi jalan keluarnya?

SEJARAH

Nabi Ayyub AS

 

Iblis mengira ketaatan Nabi Ayub AS adalah hanyalah ketaatan untuk mengamankan kondisi ideal sang nabi agar terus dapat hidup dengan segala kenyamanan tersebut.

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

KH. Ahmad Dahlan

 

Pada usia 15 tahun, beliau berhaji sekaligus menuntut ilmu ke Mekah. Selama 5 tahun berguru kepada banyak tokoh besar Islam dunia, beliau juga mulai bersentuhan dengan berbagai pemikiran Islam pembaharu. 

KH. Hasyim Asy'ari

 

Hasyim Asy'arie kemudian memutuskan untuk kembali ke Mekkah dan menetap di sana selama kurang lebih tujuh tahun. Di Mekkah beliau banyak berguru ke ulama-ulama besar baik dari Mekkah sendiri maupun ulama Indonesia. 

REFERENSI

Roadshow Seminar Asuransi Syariah 2017 - Batch III

 

Masyarakat Ekonomi Syariah Menyelenggarakan Seminar Asuransi Syariah 

PPPA Daarul Qur'an - Tangerang

 

PPPA Daarul Qur'an, Mencetak generasi Qur ani yang smart, cerdas, peka, visioner dan berwawasan luas serta menjadikan DAQU METHOD sebagai pakaian sehari-hari. Mencetak pemimpin negeri (dalam segala bidang) yang hafal Qur an dan berkarakter Qur ani. 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Syekh Ali Jaber 11 Juni 2017

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Syekh Ali Jaber 2017 

Muhammad Idrus Ramli

 

Muhammad Idrus Ramli, Pada masa kecilnya belajar al-Qur’an, tajwid, dasar-dasar agama dan gramatika Arab kepada Kiai Nasyith di Pondok Pesantren Nashirul Ulum.  

Jadwal Khatib Sholat Ied Bachtiar Nasir

 

Jadwal Sholat Ied Bachtiar Nasir Minggu 25 Juni 2017 

DOA

Doa Sebelum (Niat) dan Sesudah Wudhu

 

Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaaffi ta’aalaa

Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah semata

Doa Sebelum dan Sesudah Masuk Kamar Mandi (WC)

 

ALLAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan

 

Allahuma Baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar.


Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa muslimin.

Doa-Doa Para Nabi & Rasul

 

Doa Nabi Adam 

“Robbana zholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin“  

Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

 

Bismika Allahuma Ahya Wa Amuut.

Alhamdulillahi ladzi Ahyana Ba'da Maa Amaa Tanaa Wa ilaihin Nusyuur.