sajada marketing

 

Jika Dakwah Adalah Kegiatan Marketing

 

Dakwah adalah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah sesuai dengan garis aqidah, syari'at dan akhlak Islam.

Sebagai kegiatan yang bersifat mengajak, maka Dakwah memiliki kesamaan dengan Kegiatan Marketing, yaitu kegiatan untuk mengajak konsumen untuk mengenal, membeli dan loyal terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Kegiatan Marketing memiliki cakupan sangat luas, mulai dari mengenalkan, membeli hingga loyal, maka didalamnya terdapat bidang-bidang pekerjaan yang membutuhkan keahlian masing-masing, seperti bidang marketing itu sendiri, marketing communication (promotion), public relation, sales hingga costumer services.

Bidang Marketing bertugas untuk mengetahui siapa target pasar yang dibidik, seberapa besar target yang harus dicapai, dengan strategi apa untuk mencapainya, siapa saja pesaingnya, apa kekuatan dan kelemahan, apa diferensiasi kita dibanding pesaing dan sebagainya.

Bidang Marketing Communication (promotion) bertugas untuk menterjemahkan "blueprint" yang telah dicanangkan oleh bagian Marketing kedalam berbagai bentuk "senjata komunikasi" yang akan dipakai.

Sementara bidang sales dan costumer service dapat diibaratkan sebagai tentara infantri yaitu lini terdepan yang berhadapan langsung dengan target pasar yang telah dipilih, menjalankan strategi yang telah ditetapkan dengan memakai senjata yang telah dipersiapkan tadi.

Public relation diibaratkan sebagai diplomat yang menjalankan peran diplomasi dengan konsumen, korporasi internal dan eksternal serta media.

 

Menselaraskan Ilmu Dakwah dengan Ilmu Marketing.

Rasulullah SAW pastinya merupakan sumber referensi ilmu terbaik dalam berdakwah. Lalu apakah kita dibolehkan memperkaya wawasan dengan memakai ilmu-ilmu yang sumbernya berasal dari luar Islam?

Untuk menjawabnya, kita akan sama-sama mempelajarinya dari pendapat para ulama mengenai penjelasan tentang ibadah.

 

Ibadah memiliki 2 kategori yaitu Ibadah Mahdhah dan Ibadah Ghoiru Mahdhah.

Ibadah Mahdhah adalah ibadah khusus yang sudah ditentukan syarat dan rukunnya.
Untuk perkara Ibadah Mahdhah, Hukum asalnya adalah haram kecuali ada nash yang mensyariatkannya (Al aslu fil ibaadaati al khatri illa binassin).

Misalkan, sholat lima waktu, karena adalah perkara ibadah Mahdhah, maka tata cara, tempat, waktu dan qadarnya haruslah yang sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Ibadah Ghoiru Mahdhah adalah kegiatan umum yang diniatkan untuk mencari ridho Allah yang tidak memiliki aturan baku. Untuk perkara Ibadah Ghoiru Mahdhah, Hukum asal dari seuatu adalah boleh kecuali ada dalil yang melarangnya (wal ashlu fi ‘aadaatinal ibaahati hatta yajii u sooriful ibadah).

Misalkan, Membuat pedoman cara cepat belajar tajwid dalam 7 hari, Mengajar membaca Al Qur'an menggunakan animasi melalui internet (Youtube), Membuat aplikasi smartphone pengingat waktu sholat dan sebagainya.

Berdasarkan dari pendapat ulama tersebut maka selama isi kegiatan "menerapkan ilmu marketing dalam berdakwah" tersebut tidak melanggar syariat yang ditetapkan Allah melalui Rasulullah SAW, hukum asalnya adalah boleh.

kita pun sebaiknya tidak terperangkap dengan istilah "Ilmu Barat" karena semua ilmu yang baik itu pasti berasal dari Allah SWT yang karena atas rahmat-Nya memberikan ilmu ke siapa saja yang dikehendaki-Nya, baik muslim maupun non muslim.

kita juga mengingat fakta sejarah bahwa banyak ilmu-ilmu dan penemuan modern barat yang sebenarnya ditemukan oleh ilmuwan-ilmuwan muslim yang terkenal seperti Ibnu Sina, Ibnu Chaldun, Alfarabi dan lain-lain.

 

Mengenal Target Pasar (Target Audiens dakwah) Dan Strategi Mendekatinya.

Dalam ilmu pemasaran, mengenal target pasar sangatlah penting karena tidak semua konsumen bisa didekati dengan cara yang sama.

Kita tidak bisa menjual produk atau jasa ke target pasar A class (kelas pendapatan dan pengeluaran yang besar) dengan cara pendekatan C Class (kelas pendapatan dan pengeluaran yang kecil).

Mendekati target pasar anak muda dengan cara pendekatan target pasar usia 40 tahun keatas.

Mendekati target pasar berpendidikan dengan cara pendekatan target pasar tidak mengenyam pendidikan.

Mendekati target pasar daerah Papua dengan cara pendekatan daerah Aceh yang mempunyai karakter berbeda.

Mendekati pasar yang yang belum mengenal produk anda dengan cara pendekatan pasar sudah banyak memakai produk anda dan sebagainya.

 

Siapa Target Audiens Dakwah Kita dan Sudah Efektifkah Cara Kita Mendekatinya?

Saat kita berhadapan dengan target audiens non muslim, artinya kita berhadapan dengan pasar yang belum mengenal produk kita. Seringkali kita merasa sedang mengajak (berdakwah) padahal kita malah semakin menjauhkan target audiens non muslim tersebut kepada Islam karena beberapa kesalahan, seperti menggunakan
kekerasan, menyebarkan kebencian hingga kesalahan terkecil seperti menggunakan istilah-istilah yang asing ditelinga mereka.

Logika sederhananya adalah, apakah kita akan membeli produk yang dijual oleh sales yang membenci kita?

Golongan orientalis berusaha mengaburkan fakta sejarah dengan membuat opini bahwa Islam tersebar menggunakan "Pedang" dan menutupi fakta bahwa sangat banyak catatan sejarah yang menuliskan tentang keindahan akhlak Rasulullah SAW yang membawa orang-orang pada saat itu memutuskan untuk masuk Islam.

Sebagaimana kisah-kisah masuk Islamnya, orang-orang yang keras terhadap Rasulullah, diantaranya Umar Bin Khattab, Khalid Bin Walid, Abu Sufyan, Penduduk Thaif adalah sikap permusuhan yang dibalas dengan elembutan hati Rasulullah SAW.

Adapun perang-perang yang dilakukan pada saat itu bersifat pertahanan diri, bentuk ketegasan dan sudah mendapatkan izin Allah SWT serta dilakukan dengan cara-cara yang diperkenankan Allah SWT.


Saat kita berhadapan dengan target audiens muslim yang belum memiliki pengetahuan dan ketaatan yang seharusnya mengenai Islam, artinya kita berhadapan dengan pasar yang belum loyal terhadap produk kita. Seringkali kita menggunakan cara-cara yang malah semakin membuat mereka bingung dan merasa berat menjalankan Islam.

Logika sederhananya adalah, apakah kita bisa tertarik menerima tawaran mengikuti kejuaraan olah raga lari kelas dunia, sementara kondisi kita hanya memiliki sedikit pengetahuan tentangnya bahkan sangat jarang pula melakukannya.

Seringkali perbedaan-perbedaan dalam mahzab, khilafiah dan sebagainya digadang- gadangkan oleh para pendakwah itu sendiri kepada target audiens muslim yang belum memiliki pengetahuan dan ketaatan yang seharusnya mengenai Islam, sehingga menimbulkan kebingungan.

Juga seringkali pendakwah kurang sabar terhadap proses sehingga membuat menjalankan Islam terkesan menjadi sangat berat.

 

Wallahu a’lam bish-shawab

SAJADA Media Islam Inspiratif

 


Novel Religi - Al Kahfi Land - Mencarimu Menyebrang Waktu

baca juga trendingrumah.com

Feed not found.

NEWS

Aksi Simpatik 55, Jalan Kaki Dari Istiqlal Ke Mahkamah Agung

 

GNPF MUI akan kembali menggelar aksi damai sebagai kelanjutan Aksi Bela Islam 212. Aksi dengan tema "Aksi Simpatik 55" akan di selenggarakan pada tanggal 5 Mei 2017 dimulai dengan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan dilanjutkan berjalan kaki ke Mahkamah Agung (MA).

Masjid Indonesia Pertama di London-UK

 

Kisah perjuangan pembangunan Masjid Indonesia pertama di London menemui babak baru. Upaya yang telah dirintis sejak 20 tahun tersebut, kini terancam gagal.

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), Turki

 

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), TurkiMasjid Sultan Ahmed (Sultan Ahmed Camii) atau Masjid Biru (Blue Mosque) adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Istanbul, Turki. Sebuah situs wisata populer di Turki. 

Jika Dakwah Adalah Kegiatan Marketing

 

Seringkali kita merasa sedang mengajak (berdakwah) padahal kita malah semakin menjauhkan target audiens tersebut kepada Islam. Logika sederhananya adalah, apakah kita akan membeli produk yang dijual oleh sales yang membenci kita? 

Jika Islam adalah Sebuah Brand

 

Jika Islam adalah sebuah Brand, maka pendakwah adalah pemegang peranan fungsi Marketing dan Public Relation. Bila terjadi pergeseran persepsi, maka saatnya kita koreksi diri dan kembali kepada value dan cara memasarkan (dakwah) seperti yang diajarkan Rasulullah. 

EKONOMI SYARIAH

Aplikasi Muslim Ummah Merupakan Aplikasi Lifestyle Tentang Islam

 

Aplikasi Muslim Ummah merupakan aplikasi lifestyle tentang Islam dan juga pengingat jadwal sholat serta Al Qur’an yang disertai audio untuk pembelajaran Al Quran per ayat. Saat ini Aplikasi Muslim Ummah sudah mencapai ratusan ribu download dengan lebih dari puluhan ribu pengguna aktif setiap hari. 

Wujudkan Indonesia Sebagai Kiblat fashion Muslim Dunia

 

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Potensi ini harus menjadi sebuah modal awal untuk melangkah sebagai pemain terdepan. 

Ethis Crowd Mengenalkan Fintech Crowd Founding Berbasis Syariah Pertama di Dunia

 

Di tengah bangkitnya pilar-pilar ekonomi berbasis syariah, Ethis Crowd mengenalkan fintech crowd founding properti berbasis syariah pertama di dunia.

Peduli Masyarakat Sekitar, AXA Mandiri dan BAZNAS Salurkan Paket Ramadhan Bahagia

 

Pada tahun 2015 AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah. 

Kongres Ekonomi Umat 2017

 

Kongres Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) diselenggarakan pada 22-24 April 2017 di Hotel Sahid, Jakarta. 

BELAJAR

Bab: Tentang Perkara-perkara Iman

KITAB: IMAN

Bab: Tentang Perkara-perkara Iman

 

Syarat Sah Sholat

 

Untuk melaksanakan Sholat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar sholat yang kita lakukan menjadi sah atau  diterima oleh Allah SWT. 

Bab: Tasyahud dalam shalat

5 KITAB: SHOLAT

Bab: Tasyahud dalam shalat

 

Bab: Penjelasan tentang shalat-shalat yang ia merupakan salah satu dari rukun-rukun Islam

2 KITAB: IMAN

Bab: Penjelasan tentang shalat-shalat yang ia merupakan salah satu dari rukun-rukun Islam

 

Bab: Penetapan adanya takbir setiap akan turun dan naik dalam shalat, kecuali

5 KITAB: SHOLAT

Bab: Penetapan adanya takbir setiap akan turun dan naik dalam shalat, kecuali

 

TAUSIYAH

Bersabar Saat Dalam Kelapangan Rezeki

 

"Tidaklah mungkin terjadi seorang fakir menderita kelaparan dan kekurangan pakaian, kecuali oleh sebab kebakhilan kaum berpunya. Ingatlah, Allah SWT akan melakukan perhitungan yang teliti dan meminta pertanggungjawaban mereka dan selanjutnya akan menyiksa mereka dengan siksaan yang pedih" (HR Ash-Shabuni).

Balasan Surat Cinta Karena Allah (Berbeda Tetapi Tetap Sayang)

 

Sungguh Allah telah memuliakan kita dengan Islam dan Iman sebagaimana pernyataan sahabat mulia Umar bin Khottob Radiallahu Anhu

Jangan Membenci Saat "Yang Berbeda" Bertanya

 

Seseorang bertanya, : "Kenapa Allah menurunkan Agama Yahudi dan Nasrani melalui nabi-nabinya? Jika Islam turun melalui Nabi Muhammad SAW, Bagaimana nasib Nabi-Nabi yang tidak beragama Islam sebelum jaman Rasulullah SAW?"

 

Ucapan Selamat Saat Idul Fitri dan Jawabannya

 

Saat hari raya idul fitri, kita terbiasa saling mengucapkan selama untuk sesama muslim, lalu bagaimana ucapan yang dicontohkan oleh Rasulullah dan diikuti oleh sahabat Nabi? Bagaimana pula jawabannya?

Adab di Hari Raya

 

Hari raya bagi seorang muslim bukan sekedar berbahagia dan bersenang-senang tetapi justru merupakan momen untuk semakin menguatkan hubungan dengan Allah Subhana WaTa’ala

SEJARAH

Nabi Ayyub AS

 

Iblis mengira ketaatan Nabi Ayub AS adalah hanyalah ketaatan untuk mengamankan kondisi ideal sang nabi agar terus dapat hidup dengan segala kenyamanan tersebut.

KH. Ahmad Dahlan

 

Pada usia 15 tahun, beliau berhaji sekaligus menuntut ilmu ke Mekah. Selama 5 tahun berguru kepada banyak tokoh besar Islam dunia, beliau juga mulai bersentuhan dengan berbagai pemikiran Islam pembaharu. 

KH. Hasyim Asy'ari

 

Hasyim Asy'arie kemudian memutuskan untuk kembali ke Mekkah dan menetap di sana selama kurang lebih tujuh tahun. Di Mekkah beliau banyak berguru ke ulama-ulama besar baik dari Mekkah sendiri maupun ulama Indonesia. 

Kisah Nabi Sulaiman, Semut & Cacing Buta

 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

REFERENSI

Syafiq Basalamah

 

Merupakan alumni Pesantren Islam Al Irsyad Bondowoso. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya ke Universitas Islam Madinah, dengan predikat “Summa Cumlaude”. 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Muhammad Zulkifli Ali, LC

 

Jadwal Majelis Taklim Ustadz, Ceramah, Tausiyah  Muhammad Zulkifli Ali, LC 6 - 21 Mei 2017 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Haikal Hassan 11 Juni 2017

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Haikal Hassan 11 Juni 2017

Kajian Kajian Ba'da Isya 20.00 | Granada Al Andalus The Surrender 1492 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz Khalid Basalamah 8 Juni - 11 Juni 2017

 

Jadwal Majelis Taklim, Ceramah, Tausiyah Ustadz  Khalid Basalamah 8 Juni - 11 Juni 2017 

Hijab Fashion Parade

 

Hijab Fashion Parade
Kamis, 15 Juni 2017
Hotel Sari Pan Pasific, Istana Ballroom. Jakarta 

DOA

Doa Sebelum Makan & Sesudah Makan

 

Allahuma Baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar.


Alhamdulillahilladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa muslimin.

Doa-Doa Para Nabi & Rasul

 

Doa Nabi Adam 

“Robbana zholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin“  

Doa Sebelum dan Sesudah Masuk Kamar Mandi (WC)

 

ALLAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan

Doa Sebelum dan Sesudah Bepegian

 

BISMILLAHI TAWAKALTU 'ALALLAHI LAA HAULA WA LAA QUWATA ILLA BILLAH

Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah

Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

 

Bismika Allahuma Ahya Wa Amuut.

Alhamdulillahi ladzi Ahyana Ba'da Maa Amaa Tanaa Wa ilaihin Nusyuur.